Robo Advisor dan Cara Kerjanya untuk Investor Pemula

16 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 16 Jul 2021

Perkembangan teknologi berpengaruh pada kegiatan investasi. Semakin hari, semakin banyak orang yang tertarik mempelajari hal seputar investasi. Investasi adalah suatu cara yang digunakan untuk mengumpulkan dan menanam aset. Bicara tentang investasi, maka erat hubungannya dengan konsultan investasi. Pernahkah Sobat Pintar mendengar istilah ini?

Investasi merupakan hal yang perlu dipelajari dengan baik agar seseorang tidak mengalami kerugian karena salah taktik investasi. Dalam kebutuhan investasi seseorang membutuhkan layanan yang berfungsi sebagai konsultan dalam berinvestasi atau perencanaan keuangan. Berangkat dari masalah tersebut, muncullah Robo Advisor sebagai solusi konsultan investasi yang menerapkan sistem kerja digital. 

Mengenal Robo Advisor dan Cara Kerjanya untuk Investor Pemula

Jika Sobat Pintar seorang investor pemula atau ingin mengetahui lebih dalam tentang apa itu Robo Advisor, Sobat Pintar berada di artikel yang tepat. Simak penjelasannya berikut ini!

  1. Apa Itu Robo Advisor

Investasi salah satu cara untuk membantu Sobat Pintar menghadapi kemungkinan-kemungkinan tak terduga dalam pengelolaan dana dan aset Sobat Pintar. Maka dari itu, diciptakanlah perangkat lunak yang berperan sebagai konsultan digital Sobat Pintar dalam berinvestasi, yaitu Robo Advisor.

Robo advisor adalah salah satu fasilitas investasi yang menyediakan layanan perencanaan investasi dan dapat membantu Sobat Pintar membuat portofolio investasi yang optimal. Dengan fasilitas digital ini, portofolio investasi dapat disusun berdasarkan usia, profil risiko dan tujuan hidup Sobat Pintar secara otomatis. 

Teknologi ini telah banyak digunakan dalam negara-negara berkembang. Kini, para investor Indonesia pun sudah bisa menggunakan layanan finansial otomatis ini. Beberapa perusahaan yang menyediakan fasilitas Robo Advisor di Indonesia antara lain Bareksa, Ajaib, Bibit.id dan HaloFina.

  1. Memahami Cara Kerja Robo Advisor 

Robo Advisor bekerja sebagai fasilitas digital yang memungkinkan Sobat Pintar melakukan perencanaan finansial secara otomatis. Berikut adalah penjelasan mengenai sistem kerjanya.

  1. Mengumpulkan Data Melalui Survey Online

Mekanisme Robo Advisor yaitu mengumpulkan informasi klien tentang situasi finansialnya dan tujuan masa depan klien melalui sebuah survey online. Data-data yang telah terkumpul tersebut dijadikan landasan untuk melakukan tugas sebagai penasihat investasi digital. 

Robo Advisor bergerak dengan algoritma dan tanpa campur tangan manusia. Teknologi ini dapat membuatkan portofolio investasi berdasarkan kebutuhan Sobat Pintar secara digital.

  1. Membuat Rekening

Setelah selesai melakukan survey, Robo Advisor akan menentukan profil risiko Sobat Pintar. Selanjutnya, tugasnya adalah membuat rekening untuk Sobat Pintar pada penyedia layanan yang Sobat Pintar gunakan.  

Tujuan dari rekening ini untuk menyimpan dana dan aset yang Sobat Pintar investasikan. Rekening ini yang nantinya akan diakses otomatis oleh sistem ini sebagai landasan dalam menentukan langkah yang sebaiknya Sobat Pintar ambil dalam investasi.

  1. Pengelolaan Data dan Penyesuaian Portofolio

Profil risiko dan data rekening Sobat Pintar sudah siap, selanjutnya akan diolah berdasarkan algoritma teknologi ini. Kemudian, Sobat Pintar akan diberikan alokasi atau rekomendasi portofolio investasi terbaik. Secara otomatis konsultan investasi digital Sobat Pintar ini akan melakukan penyesuaian portofolio. Hal ini bertujuan agar alokasi tetap optimal dalam perubahan yang mungkin terjadi di pasar.   

  1. Mewakili Jasa Konsultan Keuangan

Perusahaan penyedia fasilitas Robo Advisor bertujuan membantu para investor untuk menentukan tujuan dan melakukan alokasi aset dengan lebih mudah. Seseorang yang belum paham harus mulai dari mana dalam melakukan alokasi aset akan sangat terbantu dengan fasilitas ini. 

Jika Sobat Pintar sudah menggunakan konsultan robot ini sebagai perencana keuangan Sobat Pintar, maka Sobat Pintar tidak lagi membutuhkan jasa konsultan keuangan. Cara kerja Robo Advisor sudah mewakili fungsi dari jasa konsultan keuangan tersebut. 

Meski demikian, tentu ada perbedaan antara perangkat digital dan manusia. Jika dibandingkan dengan kemampuan manusia, perangkat digital tidak memiliki emosi dan pertimbangan-pertimbangan di luar algoritma. Fokus utamanya hanya pada data yang terkumpul atau angka-angka yang Sobat Pintar input. 

  1. Biaya Penggunaan Layanan 

Ada biaya jasa dan biaya administratif yang perlu Sobat Pintar bayarkan jika menggunakan fasilitas ini. Nominal biayanya berbeda-beda, tergantung kepada perusahaan penyedia layanan ini. Biaya administratif juga tergantung dari apa saja produk investasi yang Sobat Pintar beli. 

Perusahaan penyedia layanan sudah menentukan biaya tetap setiap bulan. Sobat Pintar bisa memilih paket-paket yang disediakan perusahaan tersebut sesuai ukuran portofolio investasi. Semakin besar portofolio investasi Sobat Pintar, maka biaya yang Sobat Pintar bayarkan akan semakin besar. 

  1. Manfaat Robo Advisor dalam Investasi

Sobat Pintar telah mengetahui pengertian dan sistem kerja Robo Advisor sebagai konsultan finansial digital. Oleh karena itu, agar lebih memahami seluk beluk layanan digital ini, mari simak apa saja manfaat atau keunggulan teknologi ini.

  1. Pelayanan Lengkap

Menggunakan Robo Advisor sebagai konsultan investasi digital memungkinkan Sobat Pintar mendapatkan pelayanan yang lengkap. Sobat Pintar bisa melakukan perencanaan target dengan lebih efektif. Selain itu, Sobat Pintar bisa mendapatkan manajemen portofolio yang baik, jaminan keamanan, layanan customer service, pembelajaran investasi yang lengkap.

  1. Lebih Hemat Biaya

Fasilitas Robo Advisor lebih hemat biaya jika dibandingkan jasa konsultan atau perencana keuangan profesional. Meskipun demikian, perusahaan penyedia layanan tetap menyediakan jasa konsultasi langsung dengan manusia kalau Sobat Pintar membutuhkannya. 

  1. Hasil Nyata Berdasarkan Data

Robo Advisor dapat melakukan semua tugasnya sebagai konsultan investasi secara otomatis. Dengan sistem yang terstruktur tentu hasilnya lebih nyata berdasarkan data dan algoritma. Sebagai klien, Sobat Pintar akan merasa lebih tenang ketika membuat atau ada perubahan pada portofolio Sobat Pintar.   

  1. Efisiensi Waktu

Robo Advisor yang dijalankan menggunakan sistem perangkat lunak digital memberikan efisiensi waktu bagi Sobat Pintar. Jika dibandingkan menggunakan jasa konsultan dan penasehat keuangan, maka Sobat Pintar perlu menyesuaikan waktu bertemu untuk mengatur portofolio Sobat Pintar. Dengan layanan digital ini Sobat Pintar bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. 

  1. Meringankan Kegiatan Investasi

Teknologi ini menjalankan segala fiturnya secara digital dan online. Sobat Pintar tidak perlu mengawasi perubahan portofolio setiap saat. Tugas tersebut dapat dilakukan oleh konsultan digital Sobat Pintar secara  otomatis. Oleh karena itu, Sobat Pintar lebih mudah untuk mengakses pasar perdagangan dan mengakses portofolio keuangan. 

  1.  Rekomendasi Portofolio Lebih Tepat Sasaran

Akurasi portofolio sampai produk investasi yang direkomendasikan untuk Sobat Pintar sangat tinggi, kemungkinannya hingga 90%, sesuai situasi finansial dan kepribadian Sobat Pintar. Hal ini bisa terjadi karena Robo Advisor merekomendasikan portofolio berdasarkan data dari survey online Sobat Pintar.  

Robo Advisor adalah terobosan digital dalam dunia investasi yang membawa banyak manfaat. Cara kerja Robo Advisor sangat efektif dan efisien terutama bagi investor pemula. Bagi Sobat Pintar yang sedang belajar berinvestasi, layanan konsultan digital ini akan sangat memudahkan Sobat Pintar. Risiko investasi dapat diminimalisir dengan layanan ini sehingga Sobat Pintar tidak perlu repot menghabiskan banyak waktu untuk berinvestasi.Di Amerika dan Singapura, sudah banyak yang memilih teknologi ini sebagai konsultan investasi. Saat ini, di Indonesia pun sudah tersedia platform digital yang menyediakan fasilitas ini untuk Sobat Pintar. Tertarik mencoba? Pilihlah jasa penyedia layanan yang terpercaya dan paling sesuai dengan kebutuhan investasi Sobat Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
16 Jul 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download