Spesifikasi, Fitur dan Harga Review Realme 5 Pro

07 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 09 Dec 2021

Realme merupakan salah satu produsen smartphone yang memiliki penjualan sangat tinggi di pasar Indonesia. Harganya yang terjangkau namun memiliki fitur dan spesifikasi yang baik membuat produk dari Realme laris manis dibeli oleh masyarakat Indonesia. Salah satu produk smartphone dari Realme yang banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia yaitu Realme 5 Pro. Dan disini kita akan bahas semuanya tentang review Realme 5 Pro

Review Realme 5 Pro

Realme 5 Pro merupakan salah satu produk andalan dari Realme yang sukses memikat hati para pecinta gadget. Bagaimana tidak, ponsel ini menawarkan berbagai spesifikasi tinggi, serta fitur yang lengkap, namun harganya masih sangat terjangkau.

Salah satu spesifikasi dan fitur yang ditawarkan  Realme 5 Pro yaitu empat kamera utama sekaligus, chipset seri 700 dari Qualcomm, dan ditawarkan dengan harga mulai Rp 2 jutaan.

Realme sendiri merupakan perusahaan produsen smartphone yang memiliki basis utama di Shenzhen, Tiongkok. Nama merk Realme mulai diperkenalkan pada 4 Mei 2018 oleh Sky Li. Namun, Realme sendiri pertama kali masih bergabung sebagai Oppo Real.

Jadi, pada mulanya Realme adalah  sub-merek dari OPPO Electronics Corporation yang merupakan anak perusahaan BBK Electronics. Namun pada tahun 2018, Realme keluar dari OPPO dan menjadi perusahaan independen.

Mulai terjun di pasar gadget, Realme terbilang mendulang kesuksesan yang besar. Salah satunya Realme 5 Pro yang banyak dibeli oleh masyarakat. Bahkan, Realme memutuskan untuk menurunkan harga Realme 5 Pro tak lama setelah rilis.

Hal tersebut sebagai bentuk terima kasih dari Realme atas kesuksesan penjualan Realme 5 Pro.

Jadi, jangan ragu untuk membeli Realme 5 Pro. Jika masih ragu, simak daftar spesifikasi, fitur, dan harga dari smartphone Realme 5 Pro berikut.

Review Realme 5 Pro beserta harganya 

Realme 5 Pro menghadirkan berbagai fitur dan spesifikasi yang canggih mulai dari chipset, processor, dan kamera yang baik. Berikut fitur dan spesifikasi lengkap Realme 5 Pro beserta harganya:

NamaRealme 5 Pro
RilisSeptember 2019
Berat184 gram (g)
Materialkaca (depan), plastik (bodi)
Jenis dan Ukuran LayarIPS 6,3 inci
Resolusi LayarFull HD+ 1.080 x 2.340 pixels, rasio 19.5:9
Pelindung LayarGorilla Glass 3+
ChipsetQualcomm Snapdragon 712 (10 nm)
ProsesorOcta-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
RAM4 GB, 6 GB, 8 GB
Memori Internal64 GB, 128 GB
Kamera Belakang48 MP (lensa wide, f/1.8, PDAF) + 8 MP (lensa ultrawide, 13 MP, f/2.2) + 2 MP (lensa makro, 2 MP, f/2.4) + 2 MP (depth sensor)
Kamera Depan16 MP, f/2.0, 1/3.1″, 1.0µm
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USB2.0 Type-C 1.0 (mendukung USB On-The-Go)
SensorFingerprint (belakang), accelerometer, proximity, compass
Baterai4.035 mAH (20W)
HargaMulai Rp 2.009.000,00

Setiap ponsel pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang ada di dalamnya, seperti halnya Realme 5 Pro.

Kelebihan dan Kekurangan smartphone Realme 5 Pro

1. Kelebihan

  • Desain elegan dan kekinian

Produk dari Realme sendiri umumnya memiliki desain yang menarik, kekinian, dan elegan. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pembeli dari kalangan anak muda.

Realme 5 Pro memiliki beberapa varian warna, mulai dari Sparkling Blue dan Crystal Green. Mengambil referensi dari ponsel gaming, Realme 5 Pro memiliki desain multicolor. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan layar yang lebar 6.3-inch yang cukup membuat penggunanya puas bermain game seharian. 

Dengan desain yang elegan dan memanjakan mata, Sobat Pintar tak akan bosan memandang dan menggenggam ponsel Realme 5 Pro.

  • Fitur 4 kamera yang canggih

Realme 5 Pro memiliki empat kamera belakang yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dua kamera diantaranya merupakan kamera dengan lensa makro dan depth sensor yang berguna dalam aktivitas smartphone photography menjadi lebih menarik.

Satu kamera berikutnya merupakan kamera utama dengan sensor 48 MP dengan bukaan f/1.8. Sementara yang terakhir yaitu kamera ultra wide dengan sensor 8 MP.

  • Display yang jernih

Ponsel Realme 5 Pro memiliki layar yang cukup luas yaitu 6,3 inci dan memakai panel IPS LCD. Selain itu, layar ini memiliki notch yang dibuat sedemikian rupa yang mirip tetesan air.

Resolusi yang ditawarkan Realme 5 Pro yaitu 1080 x 2340 pixels yang telah dilindungi dengan Gorilla Glass 3 Plus dari Corning. Selain itu, layar ponsel ini memiliki aspek rasio sebesar 19, dengan 5:9 rasion dari layar ke badan ponsel mencapai 83 persen.

  • Kapasitas baterai yang lebih besar

Realme 5 Pro memiliki kapasitas daya baterai sebesar 4.035 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, Sobat Pintar dapat dengan nyaman menggunakan ponsel ini seharian penuh.

Selain itu, baterai Realme 5 Pro sudah dilengkapi dengan fitur fast charging yang dapat mengisi baterai lebih cepat daripada biasanya. Terhitung pengisian baterai Realme 5 Pro hanya memakan waktu 80 menit saja dari kapasitas kosong sampai 100 persen.

  • Performa cepat dengan Chipset Snapdragon 712 AIE dan RAM 8 GB

Realme 5 Pro telah dibekali dengan chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 712 AIE yang dikenal sebagai salah satu prosesor dengan performa tinggi.

Bagaimana tidak, chipset tersebut dapat meningkatkan performa ponsel menjadi 10 persen lebih baik dan peningkatan bagian grafis mencapai 35 persen jika dibandingkan chipset sebelumnya.

Untuk RAM-nya sendiri, Realme 5 Pro menyediakan dua pilihan, yaitu 4GB dan 8GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang besar dapat mendukung Sobat Pintar untuk dalam multitasking dan bermain game dengan lancar sehari-harinya.

Sobat Pintar bisa menggunakan berbagai aplikasi dalam satu waktu dengan lancar tanpa adanya lag.

Baca Juga: Cara Pasang Tempered Glass Sendiri Anti Gelembung

2. Kekurangan

  • Belum memakai panel AMOLED

Meski ponsel Realme 5 Pro memiliki layar yang lebar yang tajam serta kaya akan warna, namun hal itu tidak didukung dengan kecanggihan layar AMOLED.

Layar AMOLED sendiri dapat membuat tampilan layar ponsel lebih cerah dan lebih tajam lagi daripada ponsel yang memakai teknologi IPS. Oleh sebab itu, review Realme 5 Pro masih belum memasang sensor sidik jari di bawah layarnya. 

Hal itu dikarenakan sensor sidik jari di layar hanya dapat berfungsi di panel AMOLED.

  • Tidak memiliki lensa telephoto

Realme 5 Pro memang menghadirkan empat kamera belakang sekaligus dengan berbagai fungsinya masing-masing. Namun, kamera belakang tersebut belum dibekali dengan lensa telephoto.

Memang lensa telephoto atau zoom cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Biasanya ponsel yang memakai lensa ini merupakan ponsel kelas atas.

Baca Juga: Laptop Gaming Murah di Penghujung Tahun 2021!

Itulah penjelasan mengenai spesifikasi dan harga terbaru Review Realme 5 Pro yang mungkin bisa Sobat Pintar jadikan bahan pertimbangan untuk membeli ponsel ini.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech telah terdaftar dan diawasi OJK yang berguna memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download