Resep Rahasia, Ini Cara Membuat Brownies Lezat!

13 Jul 2021 by Laruan

Ada banyak roti dan kue yang menjadi favorit untuk dimakan bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Daripada membeli di toko roti, tentu akan lebih menarik dan menyenangkan untuk membuat brownies sendiri di rumah karena Sobat Pintar bisa lebih berhemat dan membuat dalam jumlah yang lebih banyak. Simak resep rahasianya di sini, inilah cara membuat brownies terlezat dan lembut yang mudah untuk dilakukan di rumah!

Resep Rahasia, Ini Cara Membuat Brownies Lezat!

Tekstur Unik, Brownies Kukus Wajib dicoba

Selain brownies yang dipanggang di dalam oven, ternyata brownies kukus mulai mencuri perhatian para peminat brownies. Brownies kukus terkenal dengan teksturnya yang unik dan lebih lembut. Selain itu, aroma cokelat dari brownies yang dibuat dengan metode kukus juga akan lebih beraroma dan rasa cokelatnya benar-benar sangat terasa.

Bahan-Bahan yang Perlu disiapkan

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat brownies kukus, Sobat Pintar perlu menyiapkan berbagai bahan yang perlu dipilih dengan kualitas yang baik. Ada pun bahan yang diperlukan adalah tepung terigu serba guna dengan merk yang sesuai dengan selera Sobat Pintar sebanyak kurang lebih 80 gram. Kemudian, siapkan telur ayam sebanyak 4 butir.

Tidak lupa, cokelat merupakan bahan utama yang menjadi kunci dalam membangun cita rasa brownies yang kaya akan cokelat. Siapkan kurang lebih 35 gram bubuk kakao, kemudian cokelat bubuk dark chocolate sebanyak 75 gram, dan tambahkan pula 1 kaleng susu kental manis rasa cokelat untuk memperkaya rasa cokelat pada adonan brownies kukus Sobat Pintar.

Agar aroma wangi brownies semakin keluar, jangan lupa untuk tambahkan ekstrak vanili sebanyak 10 gram, kemudian gula kastor sebanyak 150 gram, mentega atau margarin butter sebanyak 120 gram, baking powder sebanyak 10 gram, ½ sdt garam, 120 milliliter minyak goreng, dan tambahkan pula TBM atau SP sebanyak 20 gram. Siapkan seluruh bahan-bahan terbaik agar kualitas brownies kukus Sobat Pintar makin lezat!

Cara Membuat Brownies Kukus

Setelah Sobat Pintar menyiapkan seluruh bahan-bahan di atas, kemudian saatnya untuk eksekusi segera! Inilah cara membuat brownies dengan langkah yang sangat mudah:

  1. Campur dan kocok telur ayam, SP, dan gula kastor hingga berwarna keputihan dan mengembang.
  2. Campur pada wadah lain seluruh bahan-bahan kering, mulai dari tepung terigu, bubuk kakao, garam, baking powder. Setelah tercampur rata, campurkan dengan adonan telur pada langkah pertama tadi.
  3. Panaskan dark chocolate bersama dengan margarin sambil menyiapkan kukusan agar segera panas.
  4. Siapkan Loyang brownies, olesi permukaannya dengan mentega yang sudah dicairkan, kemudian taburi permukaannya dengan tepung kue.
  5. Setelah Loyang siap, tuangkan setengah dari seluruh adonan brownies dan lakukan pengukusan kurang lebih sepanjang 10 menit.
  6. Selama lapisan pertama sedang dikukus, buatlah lapisan kedua dengan menambahkan susu kental manis rasa cokelat ke dalam sisa adonan kurang lebih sebanyak 4 sendok makan. 
  7. Setelah lapisan pertama dikukus genap 10 menit, lakukan penuangan adonan lapisan yang kedua dan kukus ulang selama 20 menit.
  8. Angkat dan sajikan.

Demikianlah beberapa langkah mudah cara membuat brownies yang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan kapan saja di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah untuk dicari, tentu saja Sobat Pintar tidak akan kesulitan pula dalam berburu bahan baku untuk membuat brownies kukus idaman Sobat Pintar. Dengan langkah pembuatan yang sangat sederhana dan waktu pengukusan yang hanya 30 menit, tentu saja proses pembuatan brownies kukus menjadi lebih mudah!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk