Prakerja Gelombang 22: Cara Mendaftar dan Keuntungan

17 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 22 Nov 2021

Melihat antusiasme masyarakat Indonesia mengenai Kartu Prakerja, membuat pemerintah Indonesia terus melanjutkan program ini, bahkan saat ini pendaftaran Prakerja gelombang 22 sudah dibuka.

Program prakerja pertama kali muncul pada 16 April 2020 tahun lalu. Presiden Jokowi pun sangat mendukung program ini untuk membantu meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia.

Sumber: Unsplash / Alt text: Prakerja Gelombang 22

Di tahun pertamanya, Prakerja tersedia untuk 164.000 peserta. Namun ternyata, jumlah tersebut terbilang tidak cukup, melihat antusias masyarakat dan banyaknya pegawai yang terkena dampak pandemi, program prakerja akhirnya menambah slot peserta di gelombang ke dua.

Tercatat, di tahun 2020 sebanyak 43 juta calon peserta Kartu Prakerja dengan penerima sebanyak 5,6 juta. Penerima program prakerja ini terdistribusi secara merata di 514 kabupaten dan kota dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Meskipun berita mengenai antusiasme masyarakat Indonesia dengan program ini sangat besar, nyatanya masih ada beberapa masyarakat yang tidak tahu atau ragu dengan program yang satu ini.

Padahal, Kartu Prakerja menyediakan banyak keuntungan bagi para pesertanya. Berikut keuntungan mengikuti Kartu Prakerja Gelombang 22 yang wajib Sobat Pintar ketahui:

Keuntungan Mengikuti Prakerja Gelombang 22

  1. Mendapat Insentif Bulanan

Jika Sobat Pintar lolos sebagai penerima program Prakerja Gelombang 22, Sobat Pintar akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp.3.550.000. Tapi, sebanyak 1 juta dari dana tersebut tidak dapat diuangkan karena peserta harus menggunakan dana tersebut untuk membeli kelas pelatihan yang sudah disediakan di program Kartu Prakerja.

Sisa dana yang tersisa, yaitu sebesar Rp.2.400.000 bisa Sobat Pintar terima setiap bulannya sebesar Rp.600.000 selama 4 bulan. Jika Sobat Pintar juga mengisi survei 3 kali, Sobat Pintar juga bisa mendapatkan uang tambahan senilai Rp.150.000. Tentunya, uang tersebut akan diberikan ketika Sobat Pintar selesai mengikuti pelatihan.

Dana atau uang saku yang diberikan selama 4 bulan tersebut juga bisa Sobat Pintar gunakan untuk mengikuti program pelatihan yang tersedia, mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan, atau sebagai modal untuk berwirausaha.

Dana pelatihan kamu akan hangus jika Sobat Pintar terdeteksi tidak mengikuti pelatihan sama sekali. Jadi, dana tersebut akan dikembalikan ke kas negara.

  1. Meningkatkan Ilmu dan Keterampilan

Kamu punya kesempatan untuk mengikuti program pelatihan terbaik untuk meningkatkan keterampilan kamu atau meningkatkan keterampilan baru supaya lebih mantap lagi.

Program prakerja ini memang dibuat dan dikembangkan oleh pemerintah untuk masyarakat yang terkena dampak PHK, lulusan baru, dan pelaku bisnis yang sedang gulung tikar. Dengan adanya pelatihan-pelatihan profesional ini, pemerintah berharap masyarakat Indonesia menjadi lebih kreatif dan lebih terampil dan mempersiapkan diri mereka untuk mendapatkan peluang baru kedepannya.

Jadi, jika Sobat Pintar merupakan seorang lulusan baru di jurusan pemasaran tapi tidak memiliki kesempatan untuk belajar soft skills yang lain untuk menambah nilai kamu, kamu bisa banget memanfaatkan pelatihan dari Kartu Prakerja ini untuk belajar keterampilan baru yang kamu inginkan.

Apalagi, program Kartu Prakerja ini sudah bekerja sama dengan 165 lembaga pelatihan, jadi Sobat Pintar bisa mengikuti pelatihan apapun yang kamu suka sesuai dengan kebutuhan.

  1. Diskon Besar

Coba Sobat Pintar lihat ke lembaga-lembaga pelatihan yang sudah bekerja sama dengan Kartu Prakerja. Pasti pelatihan yang mereka tawarkan tidak murah. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah!

Tentunya, nominal tersebut tidak semua masyarakat bisa menyanggupinya, apalagi saat masa pandemi seperti sekarang ini. Lebih banyak masyarakat yang memilih untuk membeli kebutuhan sehari-hari daripada membeli program pelatihan.

Sebagai peserta Kartu Prakerja, kamu bisa mendapatkan diskon biaya pelatihan sebesar 1 juta untuk 1 peserta. Jadi, misalnya Sobat Pintar menemukan pelatihan dengan harga Rp.1.100.000, kemungkinan kamu bisa mendapatkan diskon hingga Rp.350.000! Jadi lebih murah, bukan?

  1. Pelengkap Curriculum Vitae

Sudah memiliki gelar sarjana, tapi tidak punya keterampilan yang unik? Tenang, dengan menjadi peserta Prakerja, Sobat Pintar bisa menambahkan seksi soft skills pada CV kamu setelah selesai menyelesaikan program pelatihan.

Sobat Pintar bisa mengikuti pelatihan bahasa, pemasaran, digital marketing, akuntansi, dan masih banyak lainnya. Setelah itu, Sobat Pintar juga bisa mendapatkan sertifikat resmi dari lembaga tersebut dan mencantumkannya di CV Sobat Pintar.

Tentunya, memiliki soft skills dan sertifikat pelatihan akan menambah value kamu saat melamar pekerjaan nantinya.

  1. Mendapatkan Koneksi Yang Banyak

Terakhir, Sobat Pintar juga bisa mendapatkan koneksi saat mengikuti program Kartu Prakerja. Tentunya, koneksi yang akan Sobat Pintar dapatkan ini akan sangat membantu karir Sobat Pintar. Apalagi buat teman-teman yang berencana ingin membuat usaha sendiri, koneksi inilah yang akan membantu Sobat Pintar dalam mengembangkan bisnis sendiri.

Seperti yang sudah kita jelaskan, peserta Kartu Prakerja ini tersebar di 34 Provinsi di Indonesia. Ini berarti Sobat Pintar bisa mendapatkan koneksi dari seluruh Indonesia hanya dengan mengikuti program Prakerja saja.

Sobat Pintar mungkin bisa mengetahui peluang bisnis yang ada di luar pulau jawa, menemukan bahan baku dari Kalimantan, dan lain sebagainya. Koneksi ini mungkin terlihat sepele, tapi jika Sobat Pintar bisa manfaatkan koneksi ini, Sobat Pintar bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Nah, setelah mengetahui keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi peserta Kartu Prakerja, sekarang kami akan memberitahu cara mendaftar Prakerja Gelombang 22. 

Cara Mendaftar Prakerja Gelombang 22:

Membuat Akun Prakerja

Pertama-tama, Sobat Pintar harus memiliki akun terlebih dahulu sebelum mendaftar Kartu Prakerja:

  • Masuk ke laman https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
  • Daftarkan alamat email dan password Sobat Pintar, dan klik “Daftar”
  • Buka email dan cari email dari Prakerja, klik tulisan “Verifikasi”
  • Setelah proses verifikasi selesai, maka pendaftaran akun Sobat Pintar sudah berhasil.

Mendaftar Kartu Prakerja

  • Masuk ke halaman dashboard melalui ponsel pintar atau desktop
  • Isi NIK (Nomor Induk Kependudukan), KK (Kartu Keluarga),, dan tanggal lahir, lalu klik “Lanjutkan”
  • Legkapi semua data diri yang tersedia
  • Unggah foto KTP dan foto pribadi dari kamera ponsel sesuai ketentuan
  • Masukkan nomor HP Sobat Pintar dan tunggu hingga mendapatkan kode OTP untuk verifikasi nomor telepon
  • Selanjutnya, kik “Oke” pada bagian Pernyataan pendaftaran
  • Setelah berhasil mendaftar, peserta dapat mengikuti tes Motivasi dan Kemampuan Dasar
  • Setelah selesai test tersebut, pilih gelombang yang sedang dibuka dan klik “Gabung”
  • Kemudian, Sobat Pintar akan mendapatkan konfirmasi persetujuan gelombang
  • Bila sudah sesuai dengan Sobat Pintar, klik “Ya, Gabung”

Daftar Prakerja Gelombang 22 Sekarang!

Sobat Pintar bisa mencoba mendaftar Program Kartu Prakerja Gelombang 22 di www.prakerja.go.id sekarang. Gelombang ke 22 ini sudah mulai dibuka sejak Senin, 25 Oktober 2021. Jika sudah terlambat, Sobat Pintar bisa mencoba mendaftar Program Kartu Prakerja untuk gelombang berikutnya. Jangan sampai kehabisan kuota, ya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload