Phantom Wallet Blockchain untuk Cryptocurrency & NFT

15 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 14 Sep 2022

Akhir-akhir ini kita sering mendengar orang kerap membicarakan investasi di bidang cryptocurrency maupun NFT sejalan dengan semakin maraknya kabar desas-desus metaverse. Kita tentu sudah tidak asing mendengar istilah tersebut, dan semakin banyak platform digital yang memfasilitasi transaksi mata uang digital termasuk NFT. Banyak alasan mengapa orang memilih berinvestasi di cryptocurrency maupun NFT, baik untuk alasan spekulatif maupun optimisme tren pasar. Salah satu platform digital yang memfasilitasi transaksi serupa adalah Phantom Wallet. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana kita memakai Wallet ini untuk bertransaksi dan pertanyaan seputar wallet ini.

Solana Wallet Phantom Raises $109M, Launches IOS App

Apa itu Phantom Wallet?

Phantom wallet adalah dompet digital untuk transaksi pada instrumen token, NFT,crypto seperti Solana.  Solana atau biasa disingkat dengan SOL/USD sendiri merupakan koin crypto dengan market cap yang tinggi diantara jajaran pilihan cryptocurrency lain bahkan solana termasuk top 10 crypto coin dengan kapitalisasi pasar tertinggi. 

Phantom wallet ini dapat digunakan secara khusus untuk bertransaksipada blockchain Solana. Bahkan merupakan dompet digital nomor 1 untuk transaksi Solana. Dompet digital ini dapat di download melalui website ini. Wallet ini tersedia di App Store atau Google Play khusus untuk device mobile dan browser extension seperti Google Chrome, Firefox, Brave dan Edge untuk device desktop atau PC. 

Baca Juga: Cryptocurrency Bursa List dan Platform Terbaik

Apakah Terdapat Biaya Transaksi Pada Phantom Wallet?

Jika kita bertransaksi di Wallet maka setiap transaksi pada crypto Solana, kita akan  membayar biaya transaksi atau biaya gas, yang dalam hal ini dibayarkan dalam SOL.  Sistem tersebut mirip dengan bagaimana kita perlu membayar ETH untuk transaksi di Ethereum atau BNB untuk Binance Smart Chain. Namun, sebagai gantinya, Anda harus membayar SOL untuk Solana.

Mengetahui hal tersebut, kita perlu selalu memiliki cadangan koin SOL pada akun Phantom Wallet kita untuk biaya transaksi apapun termasuk mengirim, swapping , staking dan lain-lain.

Lalu Bagaimana Kita Bisa Melakukan Transaksi NFT, Solana dan Sebagainya?

Tentu pertanyaan ini krusial dan barangkali mendasar jika kita mau mencicipi aplikasi ini. Sebelum melakukan transaksi hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mendaftar atau membuat akun pada Phantom Wallet. 

Onboarding-2-2-1024x639.png

Baca Juga: Panduan Lengkap Mata Uang Kripto

Jika sudah memiliki Phantom Wallet maka bisa memilih Use Secret Recovery Phrase, tetapi jika belum maka kita bisa memilih Create New Wallet terlebih dahulu. Setelah itu barulah kita akan membuat secret recovery phase, keyboard shortcut dan password.

Hanya dengan langkah tersebut kita telah memiliki akun Phantom Wallet, selanjutnya transaksi bisa dimulai ketika kita sudah melakukan deposit SOL dengan beberapa pilihan Coinbase Pay, MoonPay dan FTX Pay. Detil langkah melakukan transaksi bisa dilihat pada tautan ini.

Apakah Dompet Phantom Aman?

Phantom Wallet memiliki sistem dimana pengguna memegang Secret Recovery Phrase mereka sendiri. Oleh karena itu kualitas keamanan Dompet berada di tangan pemakai atau user dan bukan pihak ketiga.

Sewaktu kita membuat dompet baru, kita akan diminta untuk menuliskan semacam kata-kata pemulihan rahasia kita sendiri yang terdiri dari kumpulan 12 kata. Kata-kata ini akan diperlukan ketika kita perlu mengembalikan isi wallet semisal ketika kita memakai device lain dan ingin melakukan login atau tersambung kembali dengan akun Phantom wallet kita. 

Secret Recovery Phrase merupakan bagian yang sangat penting dalam kepemilikan Phantom wallet. Jika kita kehilangan Secret Recovery Phrase, tidak ada cara untuk kita mampu memulihkan isi wallet kita.

Plus jika orang lain memegang kata-kata dari Secret Recovery Phrase ini, maka orang tersebut memiliki akses ke aset kripto milik anda. Jadi, penting untuk menuliskannya dengan benar, dengan urutan yang benar, dan menyimpannya di tempat yang aman dan jauh dari potensi bahaya apa pun.

Mengenal Solana, Blockchain dengan Pertumbuhan Paling Pesat di Dunia

Baca Juga: Apa Bedanya Web 3.0 dan Web 2.0

Bagaimana Langkah Login Phantom Wallet yang Terperinci?

Mungkin ada kalanya kita membutuhkan login kembali setelah mengganti device tempat mengakses akun wallet kita sehingga proses login tentu dibutuhkan. Jika kita telah melakukan logout dari wallet dan ingin mengetahui metode atau langkah untuk login kembali, maka langkah-langkah yang tertulis di bawah ini dapat diikuti dalam proses mengakses Phantom wallet kita:

1. Pertama kita perlu menambahkan ekstensi dompet Phantom ke browser.

2. Selanjutnya, klik ikon ekstensi Phantom Wallet pada bagian atas browser Anda

3. Berikutnya, Pilih “Use Secret Recovery Phrase ” dan masukan rangkaian Secret Recovery Phrase yang telah dibuat sebelumnya dengan hati-hati

4. Ikuti langkah-langkah untuk masuk login ke  Phantom Wallet sekarang.

Bisakah Dilakukan Withdraw Uang dari Phantom Wallet ke Rekening Bank Kita?

Sayangnya, tidak ada cara langsung untuk mentransfer dana dari Phantom wallet ke rekening bank eksternal. Hal ini dikarenakan Phantom Wallet memakai sistem smart contract dan bekerja secara independen. Saat ini, bank tidak dapat menangani teknologi terdesentralisasi atau jenis digital wallet semacam ini.

Kita perlu mengirim dana  kita dari Phantom kepada  cryptocurrency exchanger utama untuk mengkonversi uang dari aset crypto misalnya adalah Binance. Sederhananya, Phantom adalah dompet crypto tetapi tidak berurusan dengan uang fiat konvensional yang bersifat tersentralisasi seperti EUR, USD, atau GBP.

Apa Saja Keunggulan dan Kekurangan dari Phantom Wallet?

Tentu pertanyaan inilah yang ditunggu-tunggu oleh banyak pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang phantom wallet. Keunggulan mencolok dari Phantom Wallet adalah keamanan login karena secret recovery phrase dan juga biaya fee koin SOL yang rendah selain itu bisa dihubungkan dengan hardware wallet seperti ledger demi keamanan yang lebih. Phantom wallet juga memiliki fitur pertukaran token.

 Kekurangan dari Phantom adalah mobile app yang masih dalam tahap perkembangan untuk android bisa dilihat dari review negatif yang ada di GooglePlay, beberapa orang mengeluhkan susahnya akses menuju akun mereka dan tombol yang susah di klik. Ekosistem cryptocurrency yang juga masih terbatas karena aplikasi Wallet juga bisa dibilang tergolong baru. Selain itu Phantom masih tergolong baru sehingga reputasi dalam jangka panjang masih belum bisa dinilai.

Phantom wallet berambisi untuk mengaktifkan Web 3.0 sehingga memungkinkan pengguna untuk secara bebas mentransfer aset kripto antara wallet mereka dan Solana DApps. Misalnya, gamer dapat menggunakan wallet untuk memainkan game blockchain dan mengklaim token dalam game mereka.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download