Penting, Ketahui Berbagai Manfaat Membaca Berikut Ini!

Penting, Ketahui Berbagai Manfaat Membaca Berikut Ini!

09 Jun 2021 by kreditpintar
Penting, Ketahui Berbagai Manfaat Membaca Berikut Ini!

Kegiatan membaca tampaknya tidak banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan banyak tersebar isu Indonesia darurat membaca karena rendahnya tingkat minat baca yang ada di Indonesia. Padahal, banyak sekali manfaat membaca yang bisa diperoleh dan tentunya akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas kehidupan Sobat Pintar. Simak berbagai manfaat dari kegiatan membaca berikut ini!

Mengurangi Stres Hingga Depresi

Pernahkah Sobat Pintar mengalami tekanan yang berat dalam kehidupan? Menemui banyak sekali problema yang sepertinya tidak ada ujungnya? Hal-hal dan kondisi tersebut tentu saja bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan batin atau kejiwaan Sobat Pintar. Hingga akhirnya, minimal Sobat Pintar akan mengalami stres baik itu dengan skala ringan maupun berat, hingga terkena depresi.

Membaca dikenal sebagai salah satu media untuk melepas stres, Bagaimana bisa? Ketika Sobat Pintar mengalami masalah stress, Sobat Pintar bisa mencari bahan bacaan yang berisi informasi untuk menanggulangi atau mengatasi stress yang menimpa Sobat Pintar. Dengan informasi tersebut, Sobat Pintar bisa memperoleh berbagai insight atau cara pandang baru dalam mengatasi problema kehidupan Sobat Pintar.

Tidak hanya itu, selain bacaan berupa informasi riil atau non fiksi, Sobat Pintar juga bisa membaca bahan bacaan fiksi seperti novel atau cerpen. Dengan melakukan kegiatan membaca novel, Sobat Pintar bisa melepas stress karena diri Sobat Pintar akan terlarut ke dunia lain, yaitu dunia yang diciptakan di dalam novel yang sedang Sobat Pintar baca.

Membaca novel dapat membuat diri menjadi lebih santai, rileks, melupakan sejenak permasalahan kehidupan yang ada, serta dapat memberikan cara pandang baru untuk menghadapi kehidupan. Karena, tokoh-tokoh di dalam novel tentu akan membagikan bagaimana cara mereka berpikir dan berperilaku sehingga kita bisa terhibur, bahkan merasa terinspirasi.

Stimulasi Ingatan dan Memperkaya Kosakata

Setiap bagian dalam tubuh kita dapat dilatih dengan memberikan stimulasi secara tepat. Manfaat membaca yang satu ini akan sangat berguna bagi kehidupan Sobat Pintar dalam jangka panjang. Banyak orang yang menderita demensia dan juga Alzheimer lebih dini akibat jarangnya sel otak memperoleh stimulasi agar tetap aktif dan mencegah risiko hilang ingatan dalam jangka pendek maupun panjang.

Dengan membaca, sel otak yang berguna untuk menyimpan memori atau ingatan akan terlatih dan menjadi semakin sehat dan kuat. Hal ini dikarenakan ketika Sobat Pintar membaca, sel otak akan mengolah dan memproses isi bacaan maupun informasi yang diperoleh dan disimpan dengan baik. Itulah sebabnya Sobat Pintar dapat teringat cerita atau informasi yang Sobat Pintar terima dari bahan bacaan.

Selain dapat menstimulasi ingatan, membaca juga dapat memperkaya kosakata atau diksi untuk kemampuan verbal atau komunikasi Sobat Pintar. Banyak orang yang kesulitan untuk menuliskan atau menyuarakan isi pikiran mereka hanya karena terbatasnya kosakata atau diksi yang dikuasai sehingga sulit sekali untuk menggemukkan dan membentuk kalimat yang tepat yang dapat mewakilkan isi pikiran.

Namun apabila Sobat Pintar terbiasa untuk membaca, maka Sobat Pintar akan menyerap bagaimana cara penulis mengolah kata dan menyusun kalimat untuk menyampaikan jalan cerita atau informasi tertentu. Sobat Pintar juga mungkin akan menjumpai berbagai kosakata yang sebelumnya Sobat Pintar tidak ketahui apa artinya, namun setelah Sobat Pintar mencari tahunya, maka Sobat Pintar mendapatkan kosakata baru untuk kebutuhan komunikasi kedepannya.

Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Orang yang memiliki wawasan yang banyak tentu saja akan menjadi tipe orang yang asyik untuk diajak bercerita, mengobrol, berdiskusi, atau bertukar pikiran. Apa saja yang dibahas maka dapat ditimpali dengan berbekal wawasan yang ada. Dengan membaca banyak informasi baru yang berkembang di masyarakat, seseorang dapat menambah dan memperkaya wawasannya sehingga dapat dijadikan bekal untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Tak hanya wawasan terkait berbagai informasi tertentu, ilmu pengetahuan juga dapat diserap dan diperoleh dari berbagai bahan bacaan atau literatur yang ada. Dengan pengetahuan yang banyak, seseorang akan siap untuk menghadapi berbagai tantangan hidup yang akan datang di kemudian hari. Pengetahuan dapat menjadi salah satu solusi seseorang dalam memecahkan masalah, tentunya dibarengi pula dengan pengalaman.

Melatih Cara Berpikir Kritis dan Analitis

Orang yang gemar membaca tentu akan terlatih untuk berpikir secara kritis dan analitis dibandingkan dengan orang yang kurang minat dalam membaca. Ada banyak buku bacaan yang berisi tentang teka-teki, berbagai misteri untuk dipecahkan, dan alur yang membuat pembaca menerka-nerka atau menebak. Dengan demikian, otak akan mengolah berbagai cara berpikir yang kritis dan analitis untuk menerka alur tersebut.

Membaca dapat membuat pikiran Sobat Pintar terlatih untuk memahami secara menyeluruh setiap kejadian yang ada, menyambungkan benang merah di antara suatu kejadian dengan kejadian yang lain, memahami runutan atau alur cerita, dan memproyeksikan apa kesimpulan dan informasi yang bisa ditarik atau diserap sehingga otak dapat menganalisis dengan lebih baik.

Tidak heran apabila banyak orang yang lebih mudah menganalisis sesuatu berdasarkan tulisan atau bahan bacaan ketimbang harus mengamati secara visual. Namun apabila otak telah terbiasa dilatih dengan pikiran yang kritis dan analitis, maka akan mudah memahami sesuatu dan menelaahnya tidak hanya berdasarkan bahan bacaan tetapi juga dengan visual.

Meningkatkan dan Melatih Konsentrasi

Banyak orang yang tanpa sadar telah melakukan banyak hal secara multitasking yang menyebabkan konsentrasi atau fokus di dalam otak tidak terlatih dengan baik. Hal tersebut tentu akan menyebabkan penurunan daya konsentrasi di dalam pikiran. Untuk melatihnya dan bahkan meningkatkan konsentrasi, Sobat Pintar bisa membiasakan diri untuk membaca.

Dengan membaca, Sobat Pintar akan mencurahkan konsentrasi dan fokus secara menyeluruh terhadap bahan bacaan yang sedang Sobat Pintar hadapi. Cobalah untuk membiasakan membaca secara fokus sebanyak 15 hingga 30 menit setiap harinya, terutama ketika sebelum aktivitas bekerja dimulai. Dengan melakukan stimulasi membaca sebelum bekerja, maka kegiatan pekerjaan Sobat Pintar dapat dijalani dengan tingkat konsentrasi yang lebih baik.

Meningkatkan Keterampilan Menulis

Manfaat membaca yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis. Hal ini berkaitan dengan manfaat sebelumnya yaitu memperkaya kosakata atau diksi. Dengan penguasaan kosakata yang lebih banyak, maka Sobat Pintar akan mudah untuk mengemukakan isi pikiran yang Sobat Pintar miliki dalam bentuk tulisan.

Tak hanya karena penguasaan kosakata yang lebih baik, dengan kebiasaan membaca, Sobat Pintar dapat terlatih mengamati bagaimana penulis merangkai kata menjadi kalimat yang mudah dipahami. Dengan demikian, Sobat Pintar bisa mengetahui dan mengikuti bagaimana cara merangkai kalimat yang baik dan belajar untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan lebih baik.

Biasakan untuk mengisi keseharian Sobat Pintar dengan kegiatan membaca karena banyak sekali manfaat yang bisa Sobat Pintar peroleh. Manfaat-manfaat tersebut juga dapat meningkatkan kualitas kehidupan Sobat Pintar menjadi lebih baik dari sebelumnya, seperti misalnya Sobat Pintar dapat memenangkan suatu kesempatan karena pengetahuan dan wawasan yang Sobat Pintar miliki, atau karena kemampuan menyampaikan isi pikiran yang telah terlatih.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk