Penting Diketahui, Berikut Ini Cara Menyusun Anggaran Rumah Tangga!

Penting Diketahui, Berikut Ini Cara Menyusun Anggaran Rumah Tangga!

06 May 2021 by kreditpintar
anggaran rumah tangga

Anggaran rumah tangga merupakan hal yang penting bagi sebuah keluarga. Dimana dengan menggunakan anggaran rumah tangga, maka akan bantu Sobat Pintar mengetahui perkiraan jumlah pemasukan dan pengeluaran. Nantinya dari sini, Sobat Pintar akan mengetahui bagaimana mengelola keuangan keluarga agar dapat bertahan baik saat ini atau kedepannya. Manfaat lain dengan Sobat Pintar tahu cara menyusun anggaran rumah tangga, adalah dapat melihat pos-pos mana saja yang merupakan pos terbesar dari pengeluaran dan pendapatan.

Selain itu, Sobat Pintar juga dapat mengetahui pos pengeluaran mana yang besar persentasenya. Lakukan evaluasi dan modifikasi untuk pengeluaran, agar dapat mencapai jumlah yang cocok dan ideal untuk keperluan keluarga Sobat Pintar. Tidak hanya mengetahui, namun jika Sobat Pintar menerapkan cara menyusun anggaran rumah tangga. Maka, Sobat Pintar dapat memiliki catatan yang berfungsi sebagai panduan evaluasi atas kondisi pemasukan dan pengeluaran keluarga Sobat Pintar pada bulan-bulan berikutnya.

Kelola penghasilan Sobat Pintar

Apabila suami istri bekerja atau memiliki usaha, maka penghasilannya merupakan penghasilan keluarga. pemasukan yang bukan dari penghasilan rutin juga masukkan seperti bisnis sampingan, bunga deposito, hasil jual-beli, dividen saham, bunga deposito, dan lainnya.

Buat data pengeluaran

Selanjutnya cara untuk mengelola keuangan keluarga  adalah dengan membuat data pengeluaran. Sobat Pintar dapat menyusun berdasarkan pengeluaran per bulan, misalnya mulai dari pengeluaran rumah tangga sampai keperluan anak dan diri sendiri. Telepon, listrik, transportasi (beserta suku cadang, bensin, dan listrik), uang sekolah, ongkos anak, keperluan sekolah anak, pekerja (sopir, pengasuh, pembantu). Tidak lupa untuk memasukkan cicilan hutang jika ada, biaya kesehatan, dan dana untuk pribadi.

Dana darurat

Ini cara menyiapkan dana darurat dengan tepat

Siapkan dana darurat, dengan masukkan ke daftar pengeluaran Sobat Pintar sejumlah uang. Hal ini penting, jika terjadi peristiwa tak terduga dalam keadaan genting, maka Sobat Pintar harus dapat menjamin keluarga tetap dapat menjalani hidup layak menggunakkan dana darurat ini. Dana darurat digunakan untuk peristiwa yang tidak diprediksi misalnya kecelakaan, pengobatan penyakit, dan kematian. 

Hitung jumlah akhir

Cara merancang pengeluaran rumah tangga yang terakhir adalah hitung jumlah penghasilan dan pengeluaran. Apabila masih ada sisa maka keuangan keluarga Sobat Pintar aman, namun bila jumlah menunjukkan saldo negatif maka waspadalah! Perhatikan lagi pengeluaran Sobat Pintar sesuaikan dengan pendapatan, jangan sampai keduanya tumpang tindih, dimana akan merugikan keluarga Sobat Pintar untuk kedepannya.

Itulah cara merancang pengeluaran rumah tangga. Lalu apa sebenarnya manfaat dengan Sobat Pintar melakukan hal ini? Salah satu manfaatnya adalah sebagai alat pengendali pengeluaran, apalagi untuk hal-hal yang bukan prioritas. Selain itu, keluarga Sobat Pintar menjadi punya simpanan untuk kehidupan di masa yang akan datang. Mungkin praktik sulit untuk dijalani dan lalui, namun jika Sobat Pintar tidak menyusun anggaran mulai saat ini, maka bersiaplah untuk menerima kemungkinan terburuk di hari-hari kedepannya.

Setelah mengetahui cara menyusun anggaran rumah tangga, tentu Sobat Pintar sadar pentingnya penghasilan. Apabila Sobat Pintar ingin memiliki usaha sebagai penghasilan tambahan, namun tak memiliki modal. Sobat Pintar dapat melakukan pinjaman online 24 jam di Kredit Pintar yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja maka dari itu, disebut pinjaman online 24 jam. Proses pencairan dananya juga terbilang cepat, yaitu kurun waktu kurang dari 24 jam. Tak sampai disitu, keunggulan lain Kredit Pintar adalah bunga yang ditawarkan kepada peminjam kecil. Sehingga, Sobat Pintar tetap dapat menabung tanpa merasa terbebani bunga yang tinggi.

kredit pintar