Pandemi Bukan Menjadi Halangan, Ini Tips Bisnis Kecil Agar Bisa Bertahan di Masa Pandemi

30 Apr 2021 by kreditpintar, Last edit: 25 Sep 2021

Pandemi memang membawa dampak negatif, hal tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan besar, namun juga bisnis kecil. Yang tidak jarang akhirnya dampak tersebut membuat beberapa pemilik usaha kecil memutuskan untuk mengambil pinjaman instan sebagai salah satu cara mereka untuk bertahan.

tips bisnis

Keputusan yang diambil karena alasan tidak adanya pemasukan ini memang dapat dikatakan salah satu cara yang cukup pintar. Apalagi dengan hadirnya Kredit Pintar sebagai salah satu fintech yang telah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh OJK yang dapat memberikan pinjaman cepat dalam 5 menit saja.

Banyak bisnis kecil yang jatuh bangun karena terdampak oleh kebijakan-kebijakan yang mengharuskan banyak orang untuk bekerja maupun sekolah dari rumah. 

Nah, apabila Sobat Pintar bingung dengan bagaimana cara menghadapi babak baru dari berbisnis ini, maka Sobat Pintar berada di halaman yang tepat! Di bawah ini adalah Tips Bisnis Kecil Agar Bisa Bertahan di Masa Pandemi, apa saja tips nya? Simak selengkapnya di bawah ini:

Manfaatkan Sumber Daya Yang Ada

Tips pertama yang mengawali bacaan Tips Bisnis Kecil Agar Bisa Bertahan di Masa Pandemi ini adalah dengan memanfaatkan Sumber Daya yang ada. Sumber Daya tersebut tidak hanya berfokus pada Materi saja, tetapi juga pada Manusia. 

Apabila Sobat Pintar pelaku usaha bisnis kecil di bidang makanan sebagai contohnya, dan Sobat Pintar memiliki stok makanan yang masih banyak, Sobat Pintar dapat melakukan transformasi penjualan menjadi frozen food bila hal tersebut memungkinkan. 

Buat Rancangan Keuangan Yang Detail dan Terstruktur

Sobat Pintar sudah memiliki Sumber Daya yang memadai, hanya saja Sobat Pintar tetap perlu memperhatikan cashflow yang terdapat dalam bisnis Sobat Pintar tersebut. Bila Sobat Pintar terlalu berfokus pada memberikan hal baru tanpa memperhatikan cashflow yang ada, maka resiko kerugian pun akan sulit untuk dihindari. 

Nah, rancang lah keuangan tersebut dan ada baiknya Sobat Pintar buat sangat detail dan terstruktur; mulai dari bulan ini berjalan sampai mungkin 3 (tiga) atau 6 (enam) bulan ke depan. Seperti contohnya di bawah ini:

tips bisnis kecil

Pastikan Sobat Pintar sudah memiliki rancangan cash flow yang baik dan tidak menutup kemungkinan juga bahwa Sobat Pintar dapat melakukan pinjaman instan kepada Kredit Pintar contohnya untuk mewujudkan rancangan keuangan tersebut. 

Dengan aplikasi ini Sobat Pintar dapat mendapatkan pinjaman cepat Tanpa Agunan dengan limit pinjaman yang juga tergolong tinggi. 

Kolaborasi Dengan Bisnis Lain

kolaborasi tips bisnis kecil

“Bersatu kita teguh…” merupakan potongan dari pribahasa yang cocok diterapkan saat masa Pandemi seperti ini. Sebagai pemilik usaha kecil di masa pandemi ini, Sobat Pintar dituntut untuk dapat berkolaborasi dengan bisnis lain.

Kolaborasi yang Sobat Pintar jalin itu tidak harus suatu usaha yang niche (jenis) sama dengan Sobat Pintar kok.

Salah satu contoh nyata adalah pemilik bisnis penata rambut di Selandia Baru, ia melakukan kolaborasi dengan pemilik bar lokal untuk menawarkan minuman mereka kepada pengunjungnya saat pelanggan duduk di kursi. 

Ada banyak cara untuk berkolaborasi dan kadang, Sobat Pintar yang tahu jawabannya itu sendiri.

Digitalkan Bisnis Sobat Pintar

digital tips bisnis kecil

Tips terakhir dari bacaan Tips Bisnis Kecil Agar Bisa Bertahan di Masa Pandemi ini adalah memanfaatkan transformasi Digital. 

Dengan mendigitalkan bisnis Sobat Pintar, Sobat Pintar dapat melakukan banyak hal; seperti dari mempromosikan bisnis Sobat Pintar dan membuatnya viral sehingga dapat bertahan bahkan menjadi untung semasa pandemi ini. 

Salah satu contoh yang sekarang paling banyak diminati adalah transformasi pinjaman cepat. Saat ini yang Sobat Pintar perlu lakukan untuk melakukan pinjaman instan adalah mengunduh salah satu aplikasi pinjaman online. Salah satu contohnya adalah Kredit Pintar. 

Dengan bantuan transformasi digital tersebut, Sobat Pintar hanya perlu melakukan verifikasi melalui ponsel saja, bagaimana mudah bukan?

Bagaimana menurut Sobat Pintar? Apakah Bisnis Sobat Pintar dapat bertahan di masa Pandemi ini?

kredit pintar
25 Sep 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download