Ini Dia Spesifikasi Terlengkap dari Oppo Reno 7 Z

29 May 2022 by Laruan, Last edit: 29 May 2022

Tahukah Anda bahwa beberapa waktu lalu, Oppo baru saja mengeluarkan produk terbarunya berupa Oppo Reno 7 series di Indonesia. Untuk tipe terbaru ini, Oppo langsung mengeluarkan dua model yaitu Oppo Reno 7 5G dan Oppo Reno 7 Z 5G. 

oppo reno 7 z

Apa perbedaan dari kedua model ini? Ternyata meskipun sekilas terlihat sama, Oppo Reno 7z memiliki spesifikasi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Oppo Reno 7. Jadi, tidak heran jika Oppo Reno 7 Z memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan  Oppo Reno 7. 

Baca juga: Pilih Oppo Reno 7 5G atau Oppo Reno 7 4G, Ya?

Lalu, bagaimana pula spesifikasi dan harga dari masing-masing smartphone tersebut? Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca ulasan di bawah ini!

Spesifikasi Hp Oppo Reno 7 Z

1. Layar

Pertama kita akan membahas terlebih dahulu spesifikasi dari  Oppo Reno 7 Z yang katanya lebih rendah jika dibandingkan dengan  Oppo Reno 7. Smartphone ini diketahui memiliki bentang layar yang cukup lebar yaitu 6,4 inci serta dilengkapi dengan teknologi AMOLED. Kualitas layar tidak perlu ditanyakan lagi,  Oppo Reno 7 Z menggunakan resolusi full HD Plus dengan ukuran 2.400 x 1.080 piksel. Layar ponsel pintar ini juga dibekali dengan refresh rate 60 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. 

Masih membahas tentang spesifikasi layar,  Oppo Reno 7 Z memiliki tingkat kecerahan layar hingga mencapai 600 nits, kerapatan piksel 409 ppi dan rasio bodi ke layar mencapai 90,8%. 

2. Kamera

Review OPPO Reno 7 Z 5G

Selanjutnya, kita akan membahas tentang spesifikasi layar dari Oppo Reno 7z. Dimana dibagian depan ponsel ini terdapat sebuah punch hole yang berfungsi sebagai wadah kamera. Adapun kualitas kamera depan dari smartphone ini mencapai 16 MP (f/2.4).

Sementara di bagian belakang,  Oppo Reno 7 Z dilengkapi dengan tiga kamera yang terdiri dari satu kamera utama dengan resolusi 64 MP (f/1.7), kamera bokeh 2 MP (f/2,4) dan kamera makro sebesar 2 MP (f/2.4). Adapun dua diantara kamera tersebut, yaitu kamera utama dan kamera bokeh memiliki ukuran lensa yang lebih besar. Dua lensa tersebut juga didukung dengan “dual orbit light”, yaitu fitur yang memungkinkan munculnya cahaya di sekeliling lensa. Fitur ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai penanda bila ada pemberitahuan masuk. 

Selain, sebagai notifikasi “dua orbit light” ini juga bisa Anda gunakan sebagai penanda ketika ponsel sedang dicharge. Dimana fitur ini akan mengeluarkan warna cahaya biru selama ponsel dicas.

Baca juga: Spesifikasi HP Samsung A13, HP 5G Termurah!

3. Hardware

Dari kamera kita beralih ke hardware, Oppo Reno 7 Z diketahui memiliki perangkat dengan teknologi chipset Qualcomm Snapdragon 695 serta dipadukan dengan RAM 8 GB dan juga memori internal sebesar 128 GB. 

Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur RAM expansion sehingga memungkinkan RAM meminjam sebagian dari memori internal. Tak tanggung-tanggung RAM bisa meminjam memori internal hingga 5 GB. Sehingga, total RAM yang bisa dimodifikasi mencapai 13 GB.

Kerennya lagi, memori internal dari ponsel pintar ini bisa ditambah dengan microSD hingga 1 TB. 

4. Sistem operasi

Sistem operasi yang digunakan oleh Oppo Reno 7z adalah sistem operasi Android 11 yang dilapisi dengan interface ColorOS 12. 

5. Baterai

Untuk baterai, Oppo Reno 7z memiliki kapasitas yang cukup besar, yaitu 4.500 mAh serta didukung dengan sistem fast charging SuperVOOC 33 watt.

Harga Hp Oppo Reno 7 Z

Harga Hp Oppo Reno 7z di Indonesia saat ini dibanderol senilai Rp 5.999.000. Namun, harga ini dapat lebih murah atau lebih mahal tergantung dimana Anda membelinya. Bahkan di marketplace, beberapa toko juga sedang mengadakan diskon besar-besaran hingga harganya bisa jauh lebih murah. Namun demikian, untuk masyarakat Indonesia secara umum harga ponsel ini masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan ponsel android lainnya. 

Spesifikasi Hp Oppo Reno 7 

Oppo Reno 7

Selanjutnya yang akan kita bahas adalah tentang spesifikasi dari Oppo Reno 7 yang katanya lebih tinggi daripada Oppo Reno 7z. 

1. Layar

Ukuran layar dari Oppo Reno 7 sama dengan yang dimiliki oleh Oppo Reno 7z, yaitu 6.4 inci dan juga berpanel AMOLED. 

Resolusi layarnya juga tidak berbeda yaitu dengan full HD Plus. Akan tetapi Oppo Reno 7 memiliki refresh rate yang lebih tinggi yaitu 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Perbedaan lainnya yaitu Oppo Reno 7 sudah memiliki layar yang dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

2. Kamera

Lagi-lagi masih sama dengan Oppo Reno 7z, Oppo Reno 7 juga memiliki punch hole di bagian depan dengan resolusi kamera 32 MP(f/2.4) dan sisi belakang ponsel ini juga memiliki 3 buah kamera. Dimana kamera utama resolusi 64 MP(f/1.7), kamera ultra wide 8 MP (f/2.23, 118.9°) dan kamera makro berukuran 2 MP (f/2.4).

Kamera utama Oppo Reno 7 juga dilengkapi dengan dual orbit light dengan fungsi yang juga sama. 

3. Hardware

Sedikit berbeda dari saudaranya, Oppo Reno 7 ditenagai oleh chipset MediaTek dengan dimensity 900 5G yang dipadukan dengan RAM sebesar 8 GB dan memori internal sebesar 256 GB. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur RAM expansion dengan kemampuan yang sama seperti Oppo Reno 7z.

4. Sistem operasi

Sistem operasi yang digunakan oleh Oppo Reno 7 sama persis dengan yang digunakan pada  Oppo Reno 7z, yaitu  sistem operasi Android 11 yang dilapisi dengan interface ColorOS 12. 

5. Baterai

Untuk baterai, Oppo Reno 7 memiliki kapasitas yang cukup besar, yaitu 4.500 mAh serta didukung dengan sistem fast charging SuperVOOC 65 watt yang artinya 2 kali lipat lebih cepat dari Oppo Reno 7z.

Harga Hp Oppo Reno 7 Z

Adapun harga dari ponsel pintar ini adalah Rp 7.499.000. Anda bisa mendapatkan harga yang berbeda-beda tergantung dimana Anda membelinya. Namun yang pasti harga Oppo Reno 7 akan selalu lebih mahal dibandingkan dengan Oppo Reno 7z bahkan dengan ponsel android lain yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang tidak memiliki cukup dana, Oppo Reno 7z dinilai sudah lebih dari cukup. 

Bagaimana? Anda tertarik untuk memiliki salah satu dari ponsel ini? 

Baca juga: Handphone Murah Dengan RAM Besar di Indonesia
Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download