Review Oppo A95: Kelebihan Dan Kekurangannya

29 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 16 Jun 2022

Deretan ponsel A series dari Oppo telah bertambah. Spesifikasi dan harga mengenai Oppo A95 sudah banyak tersebar di internet. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo A95 terbaru ini?

Baca juga: Harga Oppo A15 Terbaru Di Indonesia, Cek Di sini!

Kelebihan Oppo A95

Sebelum Sobat Pintar memutuskan untuk membelinya, alangkah baiknya jika terlebih dahulu mengetahui secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A95 terbaru ini.

Munculnya Oppo A95 jelas bakalan membuat ponsel ini akan bersaing dengan ponsel lain di kelas yang sama. Seperti kita ketahui di harga ini ada beberapa rival berat seperti Xiaomi, Samsung, dan lainya yang sudah memiliki jagoan tersendiri.

Sebelum Sobat Pintar nantinya memutuskan untuk membeli Oppo A95, alangkah baiknya simak review Kredit Pintar kali ini. Di mana secara spesifikasi memang ponsel yang satu ini bakalan memiliki performa yang menarik di beberapa lini.

1. Desain Unik

Oppo A95 terlihat ingin main aman, dengan membuat desain ponsel ini sama dengan beberapa ponsel lainnya. Di mana secara desain bahkan terlihat cukup sama dengan ponsel Oppo lain yang lebih murah.

Meskipun secara overall cukup menarik dengan 2 pilihan warna Glowing Starry Black dan Glowing Rainbow Silver. Namun terlihat Oppo tidak mengikuti desain ponsel dengan bezel yang mengotak seperti tren belakangan ini.

2. Layar Lebar 6.43 Inchi

Untuk layarnya sendiri terbilang cukup proporsional dengan lebar 6.43 inchi. Dengan dimensinya tersebut terasa layar ini masih nyaman baik saat di genggam maupun menikmati konten multimedia.

Desain layarnya sendiri terlihat premium dengan punch hole pada bagian kanan atas. Kekurangan Oppo A95 juga terlihat dengan belum adanya lapisan pelindung layar pada ponsel yang satu ini.

3. Panel Amoled Full HD

Dengan harga Oppo A95 yang tidak murah, sudah wajar rasanya jika dibekali dengan panel amoled. Di mana layar tersebut nantinya bakalan memiliki resolusi layar 1080 x 2400 pixels full HD plus.

Berbagai konten visual pastinya akan dengan mudah ditampilkan oleh Oppo A95. Kerapatan layar yang dihasilkan sebesar 409 ppi yang membuat tampilan visual layar sudah sangat tajam.

4. Performa Snapdragon 662

Sedangkan untuk bagian chipset sendiri bakalan ada chipset Snapdragon 662 yang powerful. Performanya jelas akan sangat baik digunakan untuk kinerja berat maupun kebutuhan ringan pada ponsel sendiri.

Jangan lupakan juga kalau ponsel ini bakalan hadir dengan CPU Octa Core dilanjutkan dengan GPU Adreno 610 untuk menunjang grafisnya. Secara overall performa ponsel untuk kebutuhan gaming berat juga akan sangat mudah dan powerful.

5. Penyimpanan Lega

Di bagian memori penyimpanan terasa cukup lega, pasalnya pengguna bakalan menjumpai penyimpanan besar. Untuk RAM sendiri bakalan ada RAM 8 GB yang masih bisa diperbesar dengan memori internal Oppo A95.

Dengan RAM sebesar ini, jelas membuat ponsel memiliki kinerja multitasking yang andal. Sedangkan untuk memori internal sendiri 128 GB yang nyatanya masih bisa diekspansi dengan hadirnya slot microSD.

6. Triple Kamera Utama

Untuk lini kamera juga menjadi salah satu kelebihan Oppo A95. Di mana di kamera belakang bakalan hadir 3 kamera dengan susunan 48 MP lensa wide, 2 MP macro dan 2 MP lainya sebagai lensa penyempurna.

Dengan teknologi AI pada kamera membuat hasil bidikan jelas akan sangat tajam dan berkelas. Jangan lupakan juga kalau Oppo A95 mampu merekam video dengan resolusi sampai dengan 4K untuk pilihan perekamannya.

7. Kamera Selfie Tunggal

Untuk kamera selfie atau kamera tunggal sendiri bakalan dihadirkan kamera tunggal dengan lensa wide 16 MP. Dengan bukaan f/2.4, 27mm jelas membuat kameranya mampu mengabadikan momen foto selfie dengan tajam.

Beberapa fitur pendukung yang ada di kamera depan ini di antaranya adalah LED flash, HDR, dan panorama. Untuk kamera depan ini juga mampu merekam video sampai di resolusi 1080p @30fps full HD.

8. Baterai 5000 mAh dan 33W Flash Charge

Baterai dengan kapasitas 5000 mAh rasanya sudah cukup mumpuni untuk digunakan selama seharian. Tentunya jika penggunaan smartphone tidak terlalu ekstrim, seperti bermain game hingga berjam-jam. Untuk penggunaan normal, rasanya kapasitas tersebut sudah cukup.

Kalaupun Sobat Pintar harus kehabisan baterai sebelum sore atau malam, tidak perlu khawatir. Ada teknologi 33W Flash Charge dari Oppo yang siap sedia melakukan pengisian daya dengan cepat. Menurut klaim Oppo, hanya butuh waktu 30 menit saja untuk mengisi daya hingga 54%.

Dapatkan diskon dan harga terbaik Oppo A95 dengan berbelanja di toko resminya di Tokopedia. Klik banner di bawah ini.

Baca juga: Beragam Keunggulan OPPO A16, Apa Saja?

Kekurangan Oppo A95

Mari lihat pada bagian kamera, Oppo A95 hanya menggunakan 3 buah kamera belakang. Tidak masalah menurut saya kalaupun hanya memiliki 3 buah kamera belakang. Namun yang menjadi kekurangan Oppo A95, mengapa harus meniadakan kamera ultrawide?

Selanjutnya, entah mengapa Oppo selalu betah menggunakan bodi belakang berbahan plastik. Material plastik di bagian belakang kurang mewah, setidaknya bahan kaca. Walaupun memang desain belakangnya tidaklah jelek. 

Bagaimana kalau kita berpindah ke fitur tambahan yang dimiliki? Lho, ternyata absen NFC sekalipun harganya tidak bisa dibilang murah-murah amat. Padahal, fitur NFC ini sudah sangat penting di zaman sekarang ini. Mari simak ulasan mengenai kekurangan Oppo A95.

1. Fitur Konektivitas

Ada beberapa kekurangan Oppo A95 yang terasa cukup mengganjal dan cukup membuat calon pengguna bisa berpikir ulang. Salah satunya dengan belum mendukung fitur konektivitas 5G.

Hal lain yang juga perlu diketahui adalah dengan fitur koneksi lain seperti GPS, bluetooth, Wlan, dan juga USB Type C. Di bagian sensor akan ada sensor yang sangat lengkap seperti fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

2. Belum Ada NFC

Sangat disayangkan memang spesifikasi Oppo A95 dinodai dengan belum adanya fitur NFC. Di mana ponsel yang satu ini memiliki dua kekurangan di konektivitasnya dengan tidak ada NFC serta 5G.

Peran NFC di ponsel Android memang sangat penting untuk mempermudah transaksi e-money. Cukup disayangkan memang belum ada NFC di ponsel dengan bandrol harga 3 jutaan.

3. Material Plastik

Bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu masalah, sekalipun bagian belakang masih menggunakan material plastik. Kalau Sobat Pintar tidak terlalu masalah dengan material plastik ini, maka bisa mencoretnya dari daftar kekurangan Oppo A95. 

Penggunaan material plastik atau kaca mungkin tergantung selera masing- masing. Sebab tidak jarang orang lebih suka plastik dengan alasan tidak mudah pecah dan itu memang ada benarnya.

4. Tanpa Corning Gorilla Glass

Pengaman layar memang sangat penting. Namun ketika Sobat Pintar mencari informasi mengenai Oppo A95, di situs resmi Oppo maupun di situs-situs besar, sama sekali tidak ada yang mencantumkan perihal pelindung layar Oppo A95.

Padahal jika Sobat Pintar melihat kompetitor, di kisaran harga seperti ini sudah bisa dipastikan dibekali dengan Corning Gorilla Glass 5 setidaknya. Bahkan seperti Poco X3 Pro sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass Victus.

Baca juga: Terlengkap! Spesifikasi dan Daftar Harga HP OPPO 2021

Akhirnya, itulah berbagai kelebihan dan kekurangan Oppo A95 yang terbaru. Semoga bisa menjadikan bahan referensi bagi Sobat Pintar sebelum memutuskan untuk membeli Oppo A95.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
16 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download