Beragam Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh

01 Jan 2024 by kreditpintar, Last edit: 09 Jan 2024

Sering mengalami sakit gigi tak tertahankan? Solusinya jelas adalah berobat ke dokter gigi. Biasanya dokter akan memberikan obat pereda nyeri kepada Anda lalu menyarankan agar kembali lagi jika rasa nyerinya sudah reda.

Namun apakah tidak ada cara lain untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi selain harus ke dokter gigi? Well, dalam tulisan kali ini Kredit Pintar akan membahas obat sakit gigi alami cepat sembuh yang bisa dilakukan di rumah dengan biaya yang pastinya jauh lebih murah dibandingkan harus ke dokter gigi. 

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak beberapa bahan alami (tradisional) seperti yang dimaksud di bawah ini!

Baca juga: Rekomendasi Obat Sakit Gigi yang Paling Manjur

Penyebab Sakit Gigi

Sebelum mengetahui apa saja bahan alami yang sering digunakan sebagai obat sakit gigi, tak ada salahnya jika mengetahui seluk-beluk penyebab sakit gigi. Beberapa penyebab sakit gigi adalah karena adanya infeksi dan penyakit pada gusi, terjadi peradangan pada jaringan gusi yang terletak di gigi geraham, serta bisa saja karena gigi Anda akan tumbuh. 

Selain itu, penyebab utama lainnya adalah karena gigi berlubang. Adanya lubang pada gigi ini diakibatkan oleh asam yang sudah diproduksi oleh bakteri-bakteri pemakan gula dari makanan yang telah dimakan. Asam tersebutlah yang nantinya dapat merusak gigi. 

Apabila hal ini tidak ditangani dengan benar, gigi berlubang bisa menimbulkan infeksi bahkan terkait dengan berbagai penyakit, diantaranya adalah penyakit jantung. 

Salah satu cara paling umum untuk mengatasinya adalah dengan pergi ke dokter gigi. Namun bila sudah terlanjur sakit dan Anda belum sempat ke dokter gigi, mengapa tidak mencoba cara-cara alami atau tradisional untuk mengatasi nyeri pada gigi Anda? 

Obat Sakit Gigi Alami dan Cara Mengobatinya

Cara-cara alami atau tradisional seperti yang dimaksud di atas adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah. Dilansir dari Medical News Today, menjelaskan bahwa ada beberapa bahan alami atau tradisional yang bisa mencegah pembentukan lubang pada gigi sebagai penyebab utama nyeri. 

Apa sajakah obat sakit gigi alami cepat sembuh yang dimaksud? Yuk, simak beberap diantaranya sebagai berikut. 

Air Garam 

Aman dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil, rupanya air garam telah dikenal lama dari zaman nenek moyang sebagai obat alami pereda nyeri saat sakit gigi. Caranya sangatlah mudah. Pertama, siapkan segelas air hangat terlebih dahulu. Selanjutnya, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat tersebut. 

Lalu berkumurlah menggunakan air garam tersebut minimal dua kali sehari atau hingga nyeri pada gigi Anda mereda. Lantas, bagaimana bisa dengan berkumur air garam bisa meredakan nyeri gigi atau bahkan meredakan bengkak pada gusi Anda? 

Sebagai informasi, bakteri hanya dapat berkembang biak dalam sebuah lingkungan lembap dan asam. Dan lingkungan seperti itu kerap terjadi bila kondisi mulut Anda sedang kering. Jika kering, produksi air liur Anda pun turut sedikit padahal fungsi air liur adalah untuk menetralisasi keseimbangan pH yang ada dalam mulut Anda. 

Nah, berkumur dengan larutan garam selain berguna mengurangi kekeringan dan melepaskan sisa makanan yang masih tersangkut di sela gigi, juga larutan garamnya sangat bermanfat untuk meningkatkan keseimbangan pH dalam mulut Anda. Alhasil, dalam mulut pun tercipta lingkungan penuh alkaline yang membuat bakteri menjadi susah hidup di situ. 

Selain membantu meredakan bengkak sekaligus sebagai obat sakit gigi alami yang sudah diketahui sejak lama, air garam juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka yang ada pada area mulut Anda. 

Parutan Kunyit

Umumnya kunyit sering dipakai dalam masakan. Namun ternyata senyawa curcumin yang terdapat di dalamnya mampu efektif meredakan peradangan pada gigi serta melawan bakteri yang telah menyebabkan infeksi pada gusi. Selain itu, kunyit juga berguna sebagai obat yang alami pada gigi yang ngilu. 

Lalu bagaimana cara mengolahnya?

Cara pertama adalah dengan memarut setengah ruas kunyit. Lalu langsung letakkan pada gigi Anda yang sedang bermasalah. Oleskan selama waktu beberapa menit.

Cara kedua adalah olah kunyit yang sudah diparut itu untuk menjadi pasta gigi. Bagaimana cara membuat pasta gigi dari kunyit? Sangat mudah. Siapkan baking soda serta minyak kelapa. 

Lalu campurkan dengan bubuk kunyit tadi. Aduk hingga rata dan tercampur semua hingga membentuk seperti krim kental layaknya pasta gigi. Dan seperti sedang menggosok gigi setiap hari, gunakan krim kunyit tersebut untuk menyikat gigi. 

Madu

Berdasarkan atas penelitian The Saudi Dental Journal, madu ternyata bermanfaat sebagai obat alami untuk antibakteri serta antiseptiik. Oleh karena itulah, madu juga bisa membantu mencegah radang gusi dan gigi berlubang serta mampu meredakan rasa ngiu pada gigi.

Cara mengonsumsinya adalah siapkan segelas air hangat terlebih dahulu kemudian larutkan sesendok madu ke dalamnya. Aduk rata agar tercampur semua dan gunakan sebagai obat kumur selama kurang lebih 30 detik. 

Anyway, untuk final touch, buang air bekas kumuran tersebut lalu akhiri dengan meminum air putih. 

Air Daun Jambu Biji Merah

Dari berbagai penelitian didapatkan bahwa daun jambu merah ternyata memiliki sifat anti mikroba, anti radang, serta mampu berperan sebagai analgesik atau pereda nyeri. Bahkan dua penelitian di Kamerun dan Filipina mendapati bahwa daun jambu merah mampu mengobati penyakit sariawan. 

Menariknya lagi, berdasarkan hasil rangkuman dari berbagai penelitian didapatkan bahwa ternyata daun jambu merah juga bisa meredakan peradangan serta rasa nyeri pada gigi karena penyakit periodontitis. 

Baca juga: 14 Manfaat Jambu Biji bagi Kesehatan

Cara penggunaannya sangatlah mudah. Ada dua alternatif yang bisa Anda coba. Pertama, rebus empat hingga lima lembar daun jambu merah. Kemudian saring air jambu dan pisahkan dengan ampasnya lalu masukkan ke dalam gelas. 

Jikalau airnya masih sangat panas, diamkan hingga hangat, baru tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan daun ini sebagai obat untuk kumur-kumur. 

Alternatif kedua adalah mengunyah langsung daunnya. Caranya, ambil satu hingga dua lembar duan jambu lalu kunyah hingga airnya keluar. Oleskan sari-sari daun tersebut pada gigi yang sakit. Daunnya agak pahit jadi jika Anda termasuk orang yang tidak suka rasa pahit, Anda bisa coba alternatif pertama. 

Cuka Apel / Cuka Dapur

Jangan coba-coba menggunakan cuka murni untuk berkumur. Cuka apel atau cuka dapur-lah pilihan tepat untuk mengobati nyeri pada gigi bila Anda tidak suka dengan rasa asin air garam. Diketahui bahwa kedua cuka ini memiliki kandungan antimikroba dan antibakteri. Kedua sifat tersebut ampuh dalam membunuh semua kuman penyebab nyeri gigi.

Cara pemakaiannya sangatlah mudah. Larutkan kira-kira setengah sendok the cuka apel atau cuka dapur ke dalam air hangat. Lalu kumur dan tahan pada daerah gigi yang sedang sakit. Waktunya hanya 30 detik, lalu buang. 

Jika tidak kuat dengan rasa masamnya, Anda bisa coba cara lain seperti meneteskan cuka apel atau cuka dapur tersebut pada kapas terlebih dahulu. Lalu baru tempelkan pada gigi yang sedang sakit. Barulah setelahnya berkumur dan menyikat gigi seperti biasa.

Peppermint

Selain cengkeh, pepermin (peppermint dalam bahasa Inggris) juga mampu meredakan nyeri pada gigi. Kandungan menthol-nya yang menyejukkan merupakan obat sakit gigi alami cepat sembuh yang memiliki sifat anti bakteri serta anti oksidan. 

Selain itu, sifat mentol yang mati rasa juga bisa digunakan untuk mendinginkan sekaligus efektif menghilangkan rasa sakit pada gigi. Cara pemakaian pepermin untuk pereda sakit gigi sangatlah mudah. 

Pertama, tinggal rendam daun pepermin yang telah kering dalam air panas lalu diamkan hingga dua puluh menit kemudian. Apabila air rendaman sudah dirasa lebih hangat atau malah sudah dingin, gunakan untuk kumur-kumur Anda secara rutin. Bahkan air ini juga bisa untuk diminum, lho!

Minyak Cengkeh

Berdasarkan pada sebuah penelitian dalam Journal of Dentistry didapatkan bahwa ada sekitar 78 hingga 95 persen senyawa eugenol yang umumnya ada dalam cengkeh ternyata mampu menghilangkan rasa sakit dan nyeri secara alami. Bahkan oleh dokter gigi, secara umum mereka menggunakan perawatan eugenol untuk mengatasi nyeri pada gusi atau gigi pasien.

Karena itulah, ada banyak orang yang menggunakan cengeh sebagai obat sakit gigi alami cepat sembuh agar bisa membantu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Cara penggunaannya pun bermacam-macam. 

Pertama, Anda bisa menggigit batang cengkeh yang masih utuh pada daerah gigi yang sedang sakit. Kedua, bisa dengan menyelupkan bola kapas langsung dalam minyak cengkeh kemudian tempel pada gigi Anda yang sakit.

Peringatan untuk yang memilih cengkeh agar jangan sampai minyak-nya menetes pada lidah dan gusi Anda yang sensitive karena bisa menyebabkan muntah dan sakit tenggorokan. Selain itu waspada juga iritasi mata apabila tangan Anda langsung menyentuh bola mata sesudah memegang cengkeh. 

Baca juga: Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mencegahnya Tanpa Pusing

Gel Lidah Buaya

Selain air garam, lidah buaya juga kerap digunakan untuk obat sakit gigi alami cepat sembuh terutama untuk gigi yang berlubang. Dari sebuah penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2015 silam, diklaim bahwa gel lidah buaya mampu membantu melawan bakteri penyebab gigi berlubang. 

Oleh karena khasiatnya itulah, maka hingga sekarang penelitian tersebut terus berlanjut. Tujuannya adalah penelitian ingin mengetahui apakah lidah buaya bisa meremineralisasi enamel yang ada pada gigi. 

Jahe

Jahe dikenal lama sebagai tanaman yang kaya akan kandungan antibiotik-nya. Zat ini memungkinkan jahe bisa meredakan rasa nyeri baik itu pada gigi maupun untuk perut ketika Anda merasa tidak nyaman.

Cara pemakaian untuk jahe sebagai obat pereda nyeri pada gigi sangatlah sederhana. Pertama, geprek jahe hingga agak remuk sediikit lalu tempelkan pada bagian gigi Anda yang sakit. 

Cara kedua, cuci satu inci jahe hingga bersih. Kupas lalu kunyah pelan-pelan pada area gigi yang sakit selama satu hingga dua jam. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri pada gigi dan mulut Anda. 

Demikianlah informasi lengkap mengenai beberapa obat sakit gigi alami cepat sembuh yang murah meriah dan bisa Anda coba di rumah. Selain beberapa bahan di atas, ada juga bahan alami lain yang sekiranya bisa juga Anda jadikan obat sakit gigi seperti kompres dengan es batu, bawang merah dan bawang putih, ekstrak vanilla, minyak tanaman thyme, dan bubuk akar manis (licorice). Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

09 Jan 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download