Rekomendasi Obat Sakit Gigi yang Paling Manjur

29 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Gigi merupakan salah satu bagian terpenting dalam tubuh manusia. Jika Sobat Pintar mengalami masalah pada gigi, obat sakit gigi yang bisa meredakan rasa sakit dengan cepat adalah sebuah solusi yang dicari. Sakit pada gigi bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti; cedera traumatis atau karena kurangnya perawatan.

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order ke-4\Gambar artikel\gigi 2.jpg

Sakit gigi bisa dialami anak kecil, remaja, maupun orang dewasa. Reaksi yang ditimbulkan bisa jadi berbeda. Jika mengalami rasa sakit gigi, Sobat Pintar bisa menggunakan bahan-bahan dari dapur untuk pertolongan pertama sebelum ke dokter gigi. Berikut akan kami rangkum bahan-bahan yang dapat meredakan rasa sakit gigi, mulai dari yang alami sampai yang dijual di apotek.

Baca juga: Agar Gigi Ngilu Nggak Lagi Ganggu, Ikuti Tips Meredakannya di Sini yuk!

Obat Sakit Gigi dari Bahan Alami

1. Garam

Berkumur dengan air garam bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakan nyeri pada gigi. Air garam bermanfaat untuk menjaga keseimbangan PH di dalam mulut. Cara menggunakan air garam untuk dijadikan obat alami pereda sakit gigi sangat mudah, cukup campurkan ½ sendok teh garam dengan segelas air hangat. Lalu berkumurlah dengan air garam tersebut hingga sakit gigi mereda.

2. Cengkeh

Kandungan senyawa eugenol dalam cengkeh dipercaya dapat meredakan rasa sakit gigi secara alami. Ada 2 Cara menggunakan cengkeh sebagai obat sakit gigi alami. Pertama, dengan menggigit batang cengkeh pada area yang sakit hingga ekstrak minyak keluar dari batang cengkeh.Kedua, dengan cara mencelupkan kapas ke minyak dan ditempel ke area gigi yang sakit.

3. Bawang Putih

Bawang putih sejak zaman dahulu dipercaya memiliki banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah sebagai obat alami pereda sakit gigi. Cara menggunakannya mudah, cukup iris tipis bawang putih dan letakkan irisannya pada area yang sakit atau bisa juga dengan menghaluskan bawang putih dan dioleskan pada area gigi yang ngilu.

4. Lemon

Buah Lemon kaya akan antibakteri dan antiseptik. Cara menggunakan lemon sebagai Pereda sakit gigi cukup mudah, yaitu peras lemon dan biarkan tetesannya menyentuh bagian gigi yang ngilu. Bisa juga dengan cara mencampurkan perasan lemon dengan sedikit air dan kapas, lalu tempel pada area gigi yang sakit.

5. Daun Jambu

Daun jambu merah memiliki sifat antimikroba dan anti radang yang dipercaya dapat mengobati nyeri pada gigi. Cara penggunaannya yaitu dengan cara kunyah 1-2 lembar daun jambu hingga airnya keluar. Lalu oleskan sari-sarinya ke area gigi yang sakit dengan menggunakan bantuan lidah.

Tapi, jika Sobat Pintar tidak suka dengan rasa daunnya yang pahit, rebus 4-5 lembar daun jambu dan saring ke sebuah gelas. Diamkan hingga hangat, lalu tambahkan sedikit garam. Air rebusan daun jambu tersebut bisa digunakan sebagai obat kumur.

Baca juga: Cara yang Terbukti Ampuh Menghilangkan Karang Gigi

6. Kunyit

Kandungan senyawa curcumin pada kunyit dipercaya ampuh untuk melawan infeksi pada gusi dan ampuh membantu meredakan peradangannya. Cara penggunaan yaitu dengan cara setengah ruas kunyit diparut dan diletakkan pada area yang sakit.

Bisa juga olah kunyitnya menjadi sebuah pasta gigi dengan cara mencampurkan parutan kunyit dengan minyak kelapa dan baking soda. Aduk rata hingga mengental, dan jika sudah mengental Sobat Pintar bisa menggunakannya setiap akan menyikat gigi.

Itulah beberapa bahan alami yang mudah didapat dan dipercaya ampuh untuk mengobati sakit gigi. Sobat Pintar juga bisa mencari beberapa obat sakit gigi yang disediakan di apotek. Namun, jika sakit tak kunjung reda, Sobat Pintar bisa mengunjungi Dokter gigi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order ke-4\Gambar artikel\gigi 1.jpg

Obat Sakit Gigi yang Bisa Didapatkan di Apotek

Rasa sakit pada gigi seringkali membuat kita tak nyaman dalam menjalankan aktivitas. Bahkan terkadang sakit rasa sakit gigi bisa menjalar hingga menyebabkan sakit kepala hingga demam. Sakit gigi juga bisa mempengaruhi saraf pada gigi, dan tentu sangat mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, berikut ini ada rekomendasi obat sakit gigi yang bisa Sobat Pintar beli di apotek terdekat, lengkap dengan informasi harganya.

1. Dentasol

Kandungan zat anestesi topikal dan antiseptic yang terdapat di dalamnya, bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Obat ini terdiri atas 2 macam bentuk. Yang pertama berbentuk tablet dan kedua berbentuk obat tetes.

Kisaran harga: Rp 6.600,00-Rp 25.000,00

Baca juga: Cegah Gusi Bengkak dengan Cara Berikut

2. Ponstan

Ponstan termasuk obat yang sering digunakan di kala nyeri pada gigi melanda. Bukan hanya dapat meredakan nyeri pada gigi, obat ini juga diketahui dapat meredakan nyeri pada otot. Kandungan asam mefenamat dalam obat ini bermanfaat untuk meredakan rasa sakit yang melanda gigi.

Kisaran harga: Rp 30.000,00-Rp 40.000,00

3. Ibuprofen

Bukan hanya Ponstan, Ibuprofen juga dipercaya ampuh sebagai obat Pereda nyeri pada gigi. Ibuprofen dipercaya ampuh meredakan rasa nyeri pada gigi, karena Ibuprofen bekerja untuk menghambat enzim prostaglandin yang merupakan penyebab rasa sakit.

Kisaran harga: Rp 5.000,00-Rp 15.000,00

4. Super Green Plus SG

Super Green Plus SG bisa dijadikan obat alternatif lainnya untuk meredakan nyeri pada gigi. Obat ini mengandung herbal seperti kemuning dan habbatussauda yang mampu untuk menyembuhkan rasa nyeri karena gigi berlubang, sakit gusi, sakit di sekitar gigi.

Kisaran harga: Rp 18.000,00-Rp 50.000,00

5.  Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua

Selain Super Green Plus SG, Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua pun mengandung herbal yang dipercaya ampuh untuk mengobati rasa nyeri pada gigi. Senyawa gliserin, ethanol, creosote, dan oleum caryophylli berkhasiat untuk mengobati rasa sakit pada gigi.

Kisaran harga: Rp 9.000,00-Rp 20.000,00

6. Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh telah sejak lama digunakan sebagai obat pereda sakit gigi alami. Senyawa eugenol yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat meredakan rasa nyeri pada gigi.

Kisaran harga: Rp 15.000,00-Rp 100.000,00

7. Zentri

Selain Minyak Cengkeh, Zentri pun mengandung senyawa eugenol yang cukup tinggi sehingga dipercaya mampu membunuh bakteri dan dapat meredakan rasa nyeri pada gigi secara cepat.

Kisaran harga: Rp 75.000,00-Rp 150.000,00

8. Hersagi

Komposisi yang terdapat dalam Hersagi yaitu minyak zaitun, oleum menthae, dan caryophyl sangat berguna untuk meredakan rasa nyeri pada gigi. Sifat antiseptic yang terdapat di dalamnya juga berguna untuk menyegarkan bau mulut akibat gigi berlubang. 

Kisaran harga: Rp 25.000,00-Rp 60.000,00

Itulah beberapa rekomendasi obat sakit gigi yang ampuh dan mudah didapatkan di apotek terdekat. Sobat Pintar bisa ambil yang sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, jika sakit tidak kunjung reda, silakan berkonsultasi ke dokter gigi guna mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download