Cara-Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Terbukti

10 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 12 Nov 2021

Karang gigi adalah salah satu masalah gigi yang sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal bila masalah ini tidak segera ditangani akan berdampak parah pada kerusakan gigi atau penyakit lainnya. Maka dari itu admin akan berbagi cara-cara menghilangkan karang gigi yang terbukti ampun, supaya gigi kita tetap sehat.

Ingan sakit gigi itu tidak enak lo! Walaupun dihidangkan makanan yang terenak jika gigi kamu bermasalah pasti hilang kenikmatannya.

Sebelum bahas cara menghilangkan karang gigi, kamu perlu tahu dulu apa penyebab munculnya karang pada gigi. Supaya kamu bisa melakukan pencegahan-pencegahan, karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Penyebab-Penyebab Munculnya Karang Gigi

Karang gigi muncul disebabkan oleh berkembangnya plak dari makanan dan minuman yang berkarbohidrat seperti pati, gula, susu, permen, kue, kismis dan minuman-minuman ringan lainnya.

Bakteri yang terbentuk dari jenis makanan dan minuman ini akan hidup di mulut dan berkembang biak untuk menghasilkan asam. Jika bakteri ini tinggal di mulut dan gigi lebih lama, asam yang dihasilkan dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan kerusakan gigi.

Plak juga dapat berkembang pada akar gigi di bawah gusi, yang akan mengakibatkan kerusakan pada tulang yang menopang gigi.

Karang gigi yang tidak bersihkan secara serius dapat akan muncul semakin banyak dan mengiritasi gusi. Untungnya, ada beberapa cara-cara menghilangkan karang gigi yang ampuh dan membersihkannya agar tidak semakin parah.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Scaling

Kamu bisa menghilangkan plak yang masih tipis dengan cara rutin menyikat gigi atau menggunakan benang (flossing) untuk membersihkan gigi. Tapi jika plak yang menempel di gigi sudah tebal dan keras maka itu lain ceritanya, perlu penanganan khusus untuk membersihkannya.

Cara-Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Terbukti

Dikutip oleh American Academy of Periodontology, plak yang tebal dan mengeras harus dihilangkan dengan perawatan khusus yang hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi.

Oleh karena itu, untuk menghilangkannya tidak cukup hanya dengan menggunakan sikat gigi saja. Dalam dunia medis, prosedur membersihkan karang gigi ini disebut scaling.

Cara menghilangkan karang gigi dengan scaling dilakukan dengan alat yang disebut ultrasonic scaler. Alat khusus yang berfungsi untuk memecah karang gigi yang terdapat di antara gigi dan pada garis-garis gusi. Kedua bagian ini umumnya sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Scaling gigi idealnya dilakukan setiap enam bulan sekali. Dengan cara scaling karang gigi yang sudah tebal dan mengeras sekalipun bisa dibersihkan.

Tapi kamu harus tahu bahwa scaling gigi ada efek sampingnya yang mungkin akan dirasakan. Kamu tak perlu takut, cukup kamu hindari konsumsi makanan dan minuman berikut ini supaya terhindar dari efek scaling gigimu.

  • Hindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin. 
  • Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis.
  • Hindari makanan Keras.
  • Hindari makanan yang berpotensi menusuk gusi.
  • Hindari makanan yang tidak mudah lebur atau pecah saat dikunyah
  • Hidari rokok dan alkohol: kedua kebiasaan ini dapat mengurangi produksi air liur di dalam mulut. Secara alami dapat menyebabkan mulut kering dan pertumbuhan plak lebih mudah. Sehingga karang gigi berpotensi muncul kembali.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang lunak dan mudah dikunyah, seperti sup, mashed potato, pisang, yogurt, telur rebus, dan bubur. Selain mudah dicerna dan tidak menyebabkan sakit gigi, makanan ini juga membantu mencegah mulut kering.

Seperti yang admin jelaskan di awal bahwa scaling gigi adalah cara menghilangkan karang gigi yang plaknya sudah keras dan tebal. Tapi jika plak di gigi masih tipis kamu bisa menggunakan cara-cara ini sediri di rumah.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Bisa Dilakukan Sendiri Di Rumah

Memang scaling gigi adalah cara menghilangkan karang gigi yang paling aman dan cepat, karena prosesnya dibantu oleh dokter ahli dengan peralatan yang memadai. Tapia da beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah jika plak di gigimu tidak parah.

Rutin Gosok Gigi 2 Kali Sehari

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghindari atau menghilangkan plak di gigi adalah teratur gosok gigi. Karang gigi yang masih berwarna putih bisa diatasi dengan cara ini.

Cara-Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Terbukti

Para ahli merekomendasikan agar setiap orang menyikat gigi dua kali sehari, di pagi hari setelah sarapan dan di malam hari sebelum tidur. Untuk benar-benar bersih, sikat lah gigimu selama dua menit.

Kebanyakan orang sering menyikat gigi dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik, pada kenyataannya menyikat gigi terlalu cepat tidak efektif karena kotoran dan plak masih menempel di permukaan gigi.

Menyikat Gigi Dengan Benar

Meski rajin menyikat gigi setiap hari, hasilnya akan sia-sia jika tekniknya salah. Coba kita cek apakah teknik menyikat gigimu sudah benar?

Sikat gigimu dengan gerakan melingkar ke atas dan ke bawah! Pastikan menyikat setiap bagian gigi untuk menghilangkan plak dan sisa makanan yang lengket. Mulailah dengan geraham atau bagian belakang satu sisi mulut.

Pastikan untuk tidak menyikat gigi terlalu keras atau menekan gigi karena kebiasaan ini justru akan mengikis permukaan luar gigi (enamel) yang merupakan pemicu gigi sensitif.

Bersihkan Dengan Benang

Menyikat gigi hanya membersihkan permukaan gigi, tidak sampai ke bagian terdalam di antara sela-sela gigi. Padahal sebagian besar plak paling sering ditemukan di antara sela gigi atau gusi.

Jadi, cara lain untuk menghilangkan dan membersihkan plak penyebab karang gigi adalah membersihkan gigi dengan benang gigi. Karena bisa efektif membersihkan sela-sela dan bagian dalam gigi yang sulit dijangkau oleh bulu sikat. Kamu bisa melakukan ini setelah menyikat gigimu dengan sikat dan odol.

Gunakan Baking Soda

Cara menghilangkan karang gigi membandel berikutnya adalah dengan menyikat gigi dengan baking soda. Tidak hanya efektif, cara ini juga diakui aman untuk dicoba.

Soda kue dapat menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi. Pasta gigi yang mengandung soda kue juga terbukti lebih efektif dalam mengurangi jumlah plak menurut suatu penelitian.

Selain itu, kandungan natrium bikarbonat dapat melindungi gigi dari kehilangan kalsium dan enamel. Selai itu sifat antimikroba yang ada di soda kue bisa mencegah kerusakan gigi.

Membersihkan Lidah

Kamu harus rutin memberishkan lidah karena 50 % bau mulut berasal dari permukaan lidah. Selain itu, air liur yang bercamur bakteri juga bisa menyebabkan munculnya plak.

Gunakan sikat untuk membersihkan lidah. Gosok satu arah ke depan bagian pangkal lidah bagian dalam dan samping kanan-kirinya. Jangan lupa setelah itu berkumur supaya benar-benar hilang kotoran yang ada di mulut.

Gunakan Obat Kumur

Cara lain untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan berkumur menggunakan obat. Pastikan obat yang kamu gunakan aman dan terdaftar di BPOM.

Hindari penggunaan obat kumur yang mengandung alcohol. Karena bisa menyebabkan mulut kering yang bisa memicu plak gigi muncul kembali.

Berhenti Merokok

Selain merusak fungsi jantung dan paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut, termasuk karang gigi.

Kandungan kimia pada rokok dapat memicu semakin banyak terbentuknya karang gigi, pada kenyataannya karang gigi orang yang merokok cenderung berwarna hitam pekat dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Pandai-Pandai Memilih Makanan

Penyakit atau masalah yang tibul di dalam tubuh kita kebanyakan disebabkan dari makanan atau minuman yang kita konsumsi. Apalagi masalah yang muncul di mulut atau gigi, sudah bisa dipastikan karena sembarang mengkonsumsi makanan dan minuman.

Maka dari itu kamu harus bijak sana dalam memilih konsumsi. Hindari makanan dan minuman yang berpotensi merusak kesuhatan tubuhmu.

Perbanyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan karang gigi yang terakhir ini menurut admin adalah cara paling simple dan mudah kamu lakukan, yaitu memperbanyak minum air putih. Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, air putih juga menjaga kelembaban dalam mulut.

Jika bosan dengan hanya minum air putih. Kamu bisa menambahkan buah atau rempah-rempah seperti jahe, kunyit untuk menambah rasa air putih.

Itulah cara-cara menghilangkan karang gigi mulai dari cara yang sulit harus dengan bantuan dokter hingga cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Semoga artikel ini dapat membatu kamu untuk menyelesaikan masalah karang gigi.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload