5+ Monitor Gaming Terbaik, Nyaman untuk Main Game!

19 Jun 2023 by Laruan, Last edit: 20 Jun 2023

Memiliki monitor gaming dengan performa terbaik menjadi impian setiap pemain game, baik pemula maupun profesional. Monitor sendiri berfungsi untuk menampilkan hasil video games atau hasil render gambar serta pemrosesan lain di dalam komputer. Oleh karena itu, setiap jenis monitor mempunyai spesifikasi sendiri. Untuk memperoleh kualitas terbaik, Anda perlu memperhatikan bahwa tiap monitor memiliki ketajaman, menampilkan warna, ukuran layar dan PPI, fitur, resolusi, rasio dan bentuk yang juga beragam. 

Tips Memilih Monitor Gaming Terbaik

Ada beberapa tips memilih monitor gaming yang bisa dijadikan referensi. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memiliki Resolusi Tinggi

Ketika Anda ingin membeli atau memilih monitor gaming, untuk pertama harus melihat resolusi yang ada. Tentu resolusi dari monitor yang dipilih minimal 1080 pixel karena akan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Semakin jernih gambar yang diinginkan maka resolusi yang dipilih juga semakin tinggi.

2. Perhatikan Ukuran Monitor

Ukuran monitor yang bisa dijadikan acuan adalah minimal sebesar 24 inci dan memiliki bezel yang tipis. Kondisi ini akan mempengaruhi konsentrasi bermain. Semakin besar layar otomatis semakin sulit untuk berkonsentrasi. Biasanya paling ideal monitor gaming itu memiliki ukuran antara 24-27 inci.

3. Perhatikan Teknologi Adaptive Sync 

Pemilihan teknologi adaptive sync dalam monitor gaming perlu diperhatikan dengan lebih detail karena tidak semua monitor gaming dapat kompatibel dengan teknologi GPU. GPU ini jika tidak selaras akan membuat kualitas gambar yang dihasilkan juga kurang bagus dan akan berpengaruh pada refresh rate dan performa pada monitor.

4. Perhatikan Ukuran Refresh Rate

Refresh rate ini berperan penting terhadap kelancaran dan kemampuan layar monitor. Minimal untuk monitor gaming pilih refresh ratenya sebesar 144 Hz. Semakin tinggi refresh rate maka gambar yang diperoleh semakin halus serta jumlah frame yang mampu dirender juga akan semakin tinggi.

Monitor gaming

Baca juga: Ini 5 Rekomendasi Gaming Keyboard Terbaik

Rekomendasi Monitor Gaming

Berikut ada beberapa macam monitor gaming beserta spesifikasinya yang bisa jadi pertimbangan Anda yang suka game.

1.  ASUS ROG SWIFT 360 Hz PG259QN

Monitor ASUS ROG SWIFT 360 Hz PG259QN merupakan salah satu produk teknologi monitor terbaik dari ASUS yang bisa jadi pilihan Anda untuk gaming. Monitor ini memiliki ukuran layar sebesar 24.5 inci dan sudah full HD dengan refresh rate sebesar 360Hz. 

Tampilannya juga dilengkapi dengan Display Port dan panel IPS. Adapun jenis monitor dari ASUS yang lain adalah ASUS VG278Q yang juga bagus untuk dijadikan pilihan. Monitor ASUS VG278Q bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 5 jutaan.

2. Acer Nitro KG241QS

Rekomendasi monitor untuk main game selanjutnya adalah Acer Nitro KG241QS. Ukurannya sendiri sebesar 23.6 inci dan sudah beresolusi full HD yang dilengkapi juga dengan refresh rate 144Hz hingga 164 Hz. Pengguna monitor gaming ini akan dimanjakan karena dilengkapi fitur lain seperti konektor hdmi, backlight led, ditambah pula adanya teknologi Zero Frame, AMD Freesync, Flicker-free, dan lainnya. Monitor Acer Nitro KG241QS bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 4 jutaan.

3. BenQ ZOWIE XL2746S

Monitor berikutnya yaitu BenQ ZOWIE XL2746S yang memiliki ukuran 25 inci. Berat yang dimiliki sebesar 13,8 gram dan memiliki resolusi FHD sebesar 1920 x 1080 pixel. Refresh rate yang mendukungnya sebesar 240 Hz. Selain itu, monitor gaming ini memiliki response time sebesar 0,5 ms dan didukung dynamic accuracy DyAc+ untuk membuat gerakan lebih jelas. Harga monitor gaming BenQ ZOWIE XL2746S adalah Rp 11 jutaan.

Monitor gaming

Baca juga: 6 Game Terbaik di Indonesia yang di Handphone

4. Lenovo G32QC 10

Jenis monitor yang terbaik selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah produk dari Lenovo dengan tipe Lenovo G32QC 10. Ukuran monitor ini sebesar 31,5 inci dengan bentuk curved serta beresolusi 2560 x 1440 pixel. Monitor Lenovo G32QC 10 ini memiliki response time sebesar 1 mas dan refresh rate berukuran 144 Hz. 

Untuk harga monitor gaming ini berkisar dari 4,8 jutaan. Tambahan lain yang Anda harus ketahui bahwa monitor ini sudah didukung dengan teknologi AMD freesync premium dan tentu saja akan meningkatkan performanya menjadi lebih baik untuk menjalankan berbagai jenis game. Para gamers juga tidak perlu khawatir akan kualitasnya karena monitor ini sudah memiliki sertifikat TUV Rheinland low blue light dan flicker free. Monitor Lenovo G32QC 10 dibanderol dengan harga Rp 4,5 jutaan.

5. MSI Optix MAG24C

Teruntuk Anda yang suka game dengan lebih nyaman dan mencari monitor murah berbentuk lengkung, MSI Optix MAG24C bisa jadi pilihan terbaik. Monitor ini dilengkapi dengan LCD sebesar 27 inci dengan aspect ratio 16:9, tidak lupa juga didukung dengan backlight led yang mampu menghasilkan variasi warna hingga 16,7 juta dan resolusi 1920 x 1080 pixel.

Paling menarik ketika melihat monitor ini adalah tingkat kelengkungan yang dimilikinya sebesar 1800 r hingga bisa menampilkan sudut lengkung sisi kiri dan kanan dengan lebih jelas. Bobot yang dimiliki sebesar 5,83 kg dengan layar lengkungnya berasal dari msi serta tingkat refresh rate berkisar antara 60 Hz hingga 144 Hz. 

Monitor ini memiliki permukaan silverstone finish yang ada di penyangga kaki bagian belakang monitor. Apalagi dengan tampilan warna merah yang menjadikannya monitor gaming murah namun punya desain yang khusus. Monitor layar lengkungnya ternyata bisa diatur ketinggiannya, dan juga dapat diputar baik ke arah kiri atau kanan. Hal ini tentu memberikan kenyamanan tersendiri bagi para gamers. Monitor MSI Optix MAG24C bisa didapat dengan harga mulai Rp 4 jutaan.

Monitor gaming

Baca juga: 7 Game Nomor 1 di Playstore Pada 2022

6. Samsung CHG70

Monitor gaming terbaik yang memiliki layar lengkung lainnya adalah Samsung CHG70, dengan ukuran monitornya sebesar 32 inci dan didukung dengan banyak fitur menarik lainnya. Tampilan  monitor ini sangat menarik dengan warna abu-abu gelap serta terdapat dudukan berbentuk huruf Y. Selain itu, desain monitor gaming ini memiliki ketinggian mencapai 25 inci dengan panjang 28,5 x 16,3 inci. Di bagian belakangnya dilengkapi pula dengan koneksi hdmi serta USB 3.0. Memiliki tingkat kecerahan yang sangat baik dan bisa menyesuaikan kebutuhan para gamers. Harga monitor Samsung CHG70 tahun 2023 adalah mulai Rp 6 jutaan.

Nah, itulah rekomendasi monitor gaming yang paling nyaman untuk main game. Kira-kira produk manakah yang menjadi pilihan Anda? Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download