Manfaat Konsumsi Semangka yang Jarang Orang Ketahui

28 Apr 2021 by kreditpintar
manfaat konsumsi semangka

Siapa sangka banyak manfaat konsumsi semangka yang jarang diketahui. Tinggi kandungan air juga kaya nutrisi dan vitamin, membuat buah yang rasanya manis ini bisa jadi buah harian yang dengan segudang manfaat. 

Kalori dalam buah yang masih berkerabat dengan labu-labuan ini tercatat cukup rendah. Sehingga, semangka bakal cocok buat kamu yang sedang melakukan diet.

Apalagi di bulan puasa sekarang, semangka akan jadi pilihan takjil yang luar biasa! Kesegaran yang ditambah dengan berbagai macam khasiat akan membuat buka puasamu jauh lebih nikmat.

Lalu apa saja kelebihan dan khasiat dari buah semangka? Silahkan disimak, ini dia rangkuman macam-macam manfaatnya.

1. Mencegah Dehidrasi

Semangka yang memiliki kandungan air 92% dapat menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan atau dehidrasi.

Perlu diketahui, tubuh manusia sangat membutuhkan kandungan cairan yang tetap terjaga. Pasalnya, tubuh yang terhidrasi dengan baik, akan mempunyai distribusi oksigen dan gizi yang baik pula. 

Ditambah lagi pengaturan suhu tubuh, fungsi pencernaan, persendian, konsentrasi dan perubahan mood juga dipengaruhi oleh tingkat cairan di dalam tubuh. 

2. Membantu Diet

Kandungan air yang tinggi plus serat yang melimpah sangat membantu dalam diet.

Diet atau niatan untuk menjaga kondisi tubuh berada di berat yang ideal akan sangat terbantu dengan adanya buah semangka. 

Air dan serat pada semangka membuat kenyang terjadi lebih cepat, sehingga dapat terhindar dari mengkonsumsi kalori berlebih.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Rata-rata buah dan sayur dinilai mempunyai khasiat untuk mengurangi risiko kanker, semangka pun termasuk salah satunya.

 Hal ini disebabkan kandungan antioksidan di dalam beberapa buah dan sayur khususnya semangka, merupakan zat pencegah kanker.

Penelitian dari National Cancer Institute menyebutkan, kandungan Lycopene dalam semangka memiliki pengaruh terhadap penghambatan proliferasi sel kanker prostat.

4. Mencegah Serangan Stroke

Buah semangka mengandung karotenoid. Zat ini membuat buah yang identik dengan musim panas itu menjadi salah satu makanan yang dapat mencegah stroke.

Lagi-lagi, Lycopene yang terkandung dalam semangka, menambah catatan prestasinya. Zat tersebut dapat menurunkan kolesterol serta tekanan darah. 

Selain itu, Semangka juga berpotensi untuk berkontribusi mengurangi kekakuan dan ketebalan dinding arteri.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat konsumsi semangka selanjutnya adalah meningkatkan dan membantu melancarkan pencernaan. Banyaknya kandungan air dan serat yang menjadi penyebabnya.

Serat dapat menyediakan ‘cangkang’ untuk tinja, sementara air akan memelihara saluran pencernaan agar bekerja secara efisien. 

Kerjasama kedua kandungan semangka tersebut akan sukses membuat saluran pencernaan terasa lebih nyaman.

Sistem pencernaan yang lancar, memang selalu membuat hati terasa lebih bahagia, layaknya ketika pinjaman kita di Kredit Pintar bisa cepat cair!

6. Mengurangi Efek Kelelahan

Menurut “Journal of Agricultural and Food Chemistry” dalam sebuah penelitian mengatakan, minum jus semangka sebelum latihan keras dapat membantu mengurangi pegal-pegal otot di keesokan harinya.

Diduga kandungan amino acids citrulline dan arginine yang ada pada semangka dapat membantu  melancarkan sirkulasi sehingga mencegah terjadinya ketegangan otot.

7. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Beberapa zat alami di dalam semangka ternyata cukup bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Serta aman dan baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu,semangka memiliki kandungan kalium dan magnesium. Kedua zat tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah.

8. Mengusir Mood Buruk

Mood selalu jelek? Mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk makan semangka. Pasalnya, vitamin B6 yang ada di buah semangka akan memberikan nutrisi pada sistem saraf neurotransmitter.

Syaraf tersebutlah yang bertanggung jawab mengatur suasana hati. Makanya, setelah makan semangka, kamu jadi lebih tenang dan happy! 

9. Menjaga Kesehatan Prostat bagi Pria

Kandungan lycopene di dalam semangka lebih tinggi ketimbang jenis buah atau sayuran lain. Kandungan tersebut diyakini sebagai antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit, jantung dan prostat.

The University of Illinois di Chicago melakukan pengujian terhadap beberapa peserta yang mencerna lycopene selama tiga minggu sebelum menjalani prostatektomi. 

Hasilnya, kerusakan pada jaringan prostat tampak banyak sekali berkurang pada akhir percobaan tiga minggu.

10. Menjaga Kesehatan Kandungan dan Janin

Manfaat konsumsi semangka juga dapat dirasakan oleh ibu hamil. Tingginya senyawa asam folat yang ada di dalam semangka baik untuk kandungan. 

Zat tersebut dapat menyuburkan kandungan dan mencegah cacat fisik juga saraf pada janin. Manfaat tersebut bisa dirasakan secara maksimal jika semangka dijadikan jus. 

Karena dengan begitu, zat dalam semangka lebih mudah diserap tubuh. Jangan lupa memisahkan bijinya terlebih dahulu.

11. Memperbaiki Kualitas Sperma

Vitamin B12 dan asam folat di dalam semangka dapat membantu dalam pembentukan materi genetik. Sehingga semangka bermanfaat untuk memperbaiki sperma abnormal. 

Selain itu, manfaat konsumsi semangka juga dapat meningkatkan jumlah dan kemampuan gerak sperma. Oleh karena itu, jika ingin memiliki sperma berkualitas, rajin-rajinlah konsumsi buah semangka. 

12. Mengembalikan Energi

Bukan hanya notif dari Kredit Pintar yang bisa berikan pinjaman cepat cair dengan cara mudah yang dapat mengembalikan tenaga dan gairah hidup, ternyata makan semangka juga bisa! 

Kandungan vitamin B1 dan vitamin B6 di dalam semangka akan sangat bermanfaat ketika tubuhmu merasa lesu dan ingin energi kembali.

Vitamin B6 bekerja cukup baik untuk mengirimkan sinyal-sinyal positif sehingga membuatmu merasa lebih segar setelah memakan semangka.

13. Menjaga kesehatan Ginjal

Kalsium dan kalium merupakan nutrisi utama yang ada dalam buah semangka. Dua zat tersebut dapat membantu melawan racun dan membuangnya dari tubuh.

Seperti yang kita tahu, tubuh sering kali terpapar sejumlah racun dari makanan serta udara yang kita hirup setiap hari.

Hal yang membuat kita bisa bertahan dari racun-racun tersebut adalah organ ginjal. Racun-racun tersebut dikeluarkan dari tubuh melalui hasil kerja dari ginjal. 

Nah, untuk menjaga kesehatan ginjal, salah satunya dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi jus semangka.

14. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Banyak vitamin yang terkandung di dalam semangka, salah satunya vitamin A. Bukan hanya untuk kesehatan mata, ternyata vitamin A juga penting bagi wajah dan rambut, karena dapat melembabkan kulit.

Selain itu, ada vitamin C di dalam semangka yang akan membantu sel-sel seperti kolagen dan elastin berkembang dengan baik.

15. Menjaga kesehatan jantung

Selain baik untuk kulit dan rambut, nutrisi yang terkandung di dalam semangka juga memiliki manfaat sendiri untuk kesehatan jantung.

Beberapa studi membuktikan bahwa likopen yang ada dalam semangka dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta dapat mencegah terjadinya kerusakan oksidatif pada kolesterol.

***

Itu dia berbagai macam manfaat konsumsi semangka. Ternyata buah yang banjir airnya ini bagus sekali untuk kesehatan. Selain itu, rasanya juga cukup enak untuk jadi konsumsi setiap hari.

Gimana? Berminat buat rutin makan semangka setelah baca tulisan ini?

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload