3 Makanan Sehat Pencegah Kanker

31 Jul 2021 by georgineesperance

Sobat Pintar!

Makanan merupakan salah faktor terpenting dalam mencaga kesehatan tubuh. Jika Kamu menkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, tentunya akan mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk kanker.

Berikut ini adalah daftar makanan yang dapat menurunkan risiko terjadinya kanker, apabila dikonsumsi secara rutin dan diimbangi dengan gaya hidup yang sehat.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung sulforaphane. Menurut Health Line, Brokoli dapat dianggap sebagai makanan yang dapat mencegah kanker karena kandungannya.

Sulforaphane merupakan senyawa yang telah terbukti dapat membunuh sel tumor dan mengurangi ukuran tumor berdasarkan hasil penelitian tabung dan penelitian terhadap hewan.

2. Wortel

Menurut beberapa penelitian, wortel dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, yaitu kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker perut atau kanker lambung.

Kamu dapat mencoba mengkonsumsi wortel sebagai camilan atau lauk untuk meningkatkan asupan dan berpotensi mengurangi risiko kanker.

3. Biji-bijian

Biji-bijian dianggap bisa menjadi makanan pencegah kanker karena mengandung serat tinggi. Penelitian pada manusia dan hewan telah menemukan bahwa asupan biji-bijian yang lebih banyak dapat mengurangi risiko tumor kolorektal dan kanker usus besar.

Artikel ini disadur dari artikel yang telah tayang di Kompas.com dengan judul “13 Makanan Pencegah Kanker yang Baik Dikonsumsi”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2021/06/12/090100468/13-makanan-pencegah-kanker-yang-baik-dikonsumsi?page=all.

mobile-closeKredit PintarDownload