Mana yang Lebih Baik, Toko Online atau Toko Offline?

28 Jul 2021 by Laruan

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini membuat banyak perubahan pola kebiasan masyarakat dalam berbelanja yang membuat persaingan bisnis antara toko online dan toko offline sangat ketat.

Saat ini sudah banyak sekali masyarakat yang berbelanja secara online. Karena kerap digunakan oleh banyak orang, membuat banyak orang bertanya-tanya akan eksistensi offline store yang mulai menurun saat ini. Akibatnya, banyak calon pebisnis baru yang bingung untuk memulai usaha dan mempertimbangkan untuk memilih online store atau offline store.

Buat Sobat Pintar yang masih bingung mau memulai bisnis, kali ini Kredit Pintar akan membahas kelebihan dan kekurangan dari online store dan toko offline.

Toko Online atau Toko Offline

Perbedaan Online Store dengan Toko Offline

Sobat Pintar pastinya sudah familiar dengan kedua jenis toko ini bukan? Pada dasarnya, kedua jenis toko ini memiliki fungsi yang sama, akan tetapi cara kita melakukan pembelian lah yang membuatnya berbeda.

Kedua jenis toko ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai konsumen, kita bebas memilih untuk berbelanja di kedua jenis toko ini sesuai dengan kenyamanan kita.

  1. Online Store
Toko Online atau Toko Offline

Seperti yang kita ketahui, saat ini online store berkembang sangat pesat. Kita bisa berbelanja kebutuhan kita dengan berbelanja di website penjual, melalui marketplace, hingga media sosial. Karena banyaknya platform online store yang tersedia saat ini, tidak jarang pula perusahaan-perusahaan besar berlomba-lomba “membakar uang” untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak yang menghasilkan pundi-pundi uang yang besar.

Kelebihan Online Store

  1. Mudah Dilakukan Siapapun

Mulai dari ibu rumah tangga, anak sekolah, hingga pengusaha muda bisa membuat online store. Hanya bermodalkan smartphone atau laptop dan internet, siapapun bisa memasarkan produk jualan mereka melalui marketplace ataupun media sosial.

Cara pembuatan online store pun sangat mudah. Calon penjual hanya perlu melakukan registrasi di website marketplace atau media sosial yang diinginkan, lengkapi data pengguna, dan verifikasi data pengguna. Setelah melewati semua itu, pengguna sudah bisa mulai memasarkan produk jualannya.

  1. Jangkauan Pelanggan Yang Besar

Karena bersifat online, maka produk jualan Sobat Pintar memiliki potensi untuk menjangkau pelanggan yang sangat luas. Meskipun Sobat Pintar membuka toko di desa kecil, Sobat Pintar memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelanggan yang berasal dari luar kota hingga luar negeri.

  1. Minim Modal

Memulai berjualan di online store tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Hanya bermodalkan smartphone, laptop, dan jaringan internet, semua orang bisa memulai berjualan.

Jangan takut tidak memiliki modal untuk menyetok barang, sekarang ini sudah banyak supplier dan dropshipper yang memudahkan kita untuk berjualan tanpa harus mengeluarkan modal untuk membeli produk jualan.

Jadi, Sobat Pintar hanya perlu melakukan promosi di media sosial ataupun marketplace dan supplier atau dropshipper yang akan mengurus pengiriman barang. Sistem jualan ini kerap dilakukan oleh banyak orang karena tidak membutuhkan modal yang besar, namun profit yang didapatkan tidak terlalu besar.

  1. Tidak Memerlukan Tempat

Kelebihan selanjutnya adalah, membuat online store tidak mengharuskan Sobat Pintar memiliki toko fisik atau gudang. Apalagi jika Sobat Pintar menggunakan jasa dropshipper, jadi Sobat Pintar bisa terus melakukan penjualan melalui smartphone dimana saja dan kapan saja.

  1. Jam Operasional Yang Fleksibel

Hal yang menarik dari online store adalah kita bisa menentukan jam operasional toko sesuai dengan jadwal yang kita inginkan. Bahkan, untuk beberapa marketplace sudah memiliki fitur Jam Operasional yang akan memberi tahu calon pembeli ketika sedang melihat-lihat barang jualan Sobat Pintar.

Meskipun begitu, pembeli tetap bisa melakukan transaksi pembelian dan Sobat Pintar bisa melanjutkan proses transaksi tersebut di esok harinya.

Kekurangan Toko Online

  1. Persaingan Sangat Ketat

Seperti yang sudah dijelaskan, membuat online store sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Karenanya, persaingan bisnis online saat ini sangat ketat. Banyak penjual yang rela membuat promosi besar-besaran untuk menarik perhatian konsumen membeli produk di toko mereka.

Jadi Sobat Pintar juga harus bisa beradaptasi dengan persaingan yang ketat ini.

  1. Reputasi Toko Diragukan

Kekurangan online store selanjutnya adalah, reputasi toko yang diragukan. Hal yang paling ditakuti oleh setiap pelanggan dalam melakukan transaksi online adalah tidak bisa melihat produk yang diinginkan.

Maka dari itu, jika Sobat Pintar ingin memulai bisnis online, usahakan membuat SOP (standar operasional prosedur) pelayanan dan kualitas barang terlebih dahulu. Dengan begitu, tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko Sobat Pintar akan meningkat.

  1. Mengandalkan Koneksi Internet

Karena bersifat online yang membutuhkan jaringan internet, memiliki kuota dan jaringan yang stabil menjadi hal yang paling penting bagi pebisnis online. Tetapi, ada kalanya jaringan internet yang berada di lokasi kita sedang mengalami pemeliharaan yang membuat jaringan internet kita menjadi lebih lambat bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

Toko Offline

Toko Online atau Toko Offline

Toko offline, atau offline store menjadi andalan bagi kita semua disaat membutuhkan perlengkapan secara langsung. Meskipun peminat toko online, atau online store sangat besar, bukan berarti offline store kehilangan pelanggan setia mereka. Hingga saat ini pun, masih banyak orang yang lebih percaya dengan offline store dibandingkan toko online.

Kelebihan Toko Offline

  1. Pelayanan Secara Langsung atau Tatap Muka

Keunggulan dari offline store adalah pembeli dan penjual bertemu secara langsung. Hal ini lah yang membuat banyak orang lebih percaya dengan offline store karena adanya interaksi secara langsung.

Prosedur pembelian di offline store memberikan kita banyak kesempatan untuk melihat, menyentuh, dan mencoba barang yang kita inginkan. Hal ini tidak dapat dilakukan ketika berbelanja secara online.

  1. Pembayaran Lebih Aman

Sistem pembayaran di offline store jauh lebih aman dibandingkan dengan online store. Pembeli bisa melakukan penawaran secara langsung kepada penjual hingga mendapatkan harga yang bersahabat.

Pembeli bisa membayar secara tunai atau menggunakan alat pembayaran lainnya secara langsung di toko tanpa perlu khawatir adanya kegagalan ataupun kecurangan dari pihak penjual.

  1. Minim Terjadinya Kesalahan

Jangan takut mendapatkan barang yang tidak sesuai ataupun rusak. Setiap pembelian yang dilakukan di offline store terjadi secara langsung, Sobat Pintar bisa melihat kualitas produk, mencoba produk, dan membandingkan satu produk dengan produk lainnya secara langsung. 

Setelah menentukan pilihan dan melakukan pembayaran, Sobat Pintar akan mendapatkan barang yang diinginkan secara langsung tanpa khawatir mendapatkan barang yang tidak sesuai.

Kekurangan Offline Store

  1. Jangkauan Pelanggan Terbatas

Sayangnya, offline store hanya bisa melayani pelanggan yang berasal dari masyarakat sekitarnya. Jadi, pemilik usaha harus pintar memilih lokasi toko fisik yang strategis yang mudah dijangkau dan ditemukan oleh para konsumennya supaya untuk mendapatkan banyak konsumen.

  1. Membutuhkan Bangunan

Membuat offline store memerlukan bangunan untuk menyimpan barang dagangan dan tempat untuk bertransaksi. Untuk mendapatkan banyak pelanggan, pemilik usaha harus pintar mendekorasi bangunan dan tatanan produk semenarik mungkin untuk menarik perhatian calon pembeli yang melintasi daerah toko.

  1. Modal Besar

Membuat offline store harus memiliki modal yang sangat besar, mulai dari stok barang, gudang, toko fisik, gaji karyawan, perawatan bangunan, dan masih banyak lainnya.

  1. Jam Operasional Terbatas

Tidak seperti online store, offline store memiliki jam operasional yang sangat terbatas. Biasanya offline store akan mulai beroperasi selama 10 hingga 12 jam dalam satu hari. Semua transaksi penjualan hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload