Langkah Sukses Memulai Bisnis Laundry Dengan Modal 10 Jutaan

17 Jul 2021 by pujisukarryadi

Sobat Pintar!

Bisnis laundry merupakan salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan di era modern seperti sekarang ini. Orang-orang disibukkan dengan aktivitas sehari-hari sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaian maupun barang-barang lainnya, sehingga laundry menjadi salah satu tujuan orang-orang tersebut.

Bisnis binatu memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, banyak peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan seperti mesin cuci dan setrika berteknologi tinggi, serta perlengkapan-perlengkapan kecil lainnya untuk mendukung bisnis binatu tersebut.

Tapi dengan modal dengan modal Rp10 juta, dan untung bersih setiap bulan Rp3 juta. kamu bisa kok memulai bisnis ini . Mau tau tipsnya yuk simak artikel berikut ini.

Langkah pertama yang bisa kamu persiapkan apakah nantinya kamu akan memulai bisnis gini dengan merek sendiri atau menggunakan sistem franchise ? Saat ini banyak sekali  franchise brand laundry yang bisa kamu pilih, bandingkan kelebihan dan kekuranan masing-masing brand tersebut.

Kelebihan membuat brand laundry sendiri tentu saja kamu akan dapat keuntungan bersih yang lebih besar dan ekspansi bisnis ke depannya. Kekurangannya kamu akan butuh modal lebih banyak dibandingkan dengan membeli franchise.

Sedangankan kalau kamu ingin membeli franchise brand laundry tertentu, usaha kamu dapat lebih mudah dikenal orang, jadi biaya untuk bagian marketing bisa sedikit berkurang tapi kekurangannya aktivitas bisnis kamu serba terbatas karena harus sesuai dengan kontrak pemberi franchise tersebut.

Langsung saja kita simak tipsnya berikut yuk.

Pilih lokasi yang strategis

Tips pertama adalah mencari lokasi yang paling strategis untuk membuka bisnis binatu. Lokasi merupakan aspek penting bagi bisnis apapun, terutama bisnis yang bergerak di bidang jasa. Pilihlah lokasi-lokasi yang paling memungkinkan memiliki target pasar yang besar. Lokasi-lokasi yang cocok untuk membuka bisnis binatu adalah seperti di area perkantoran yang ramai di pusat kota, area perumahan atau komplek, dan area kampus.

Meminta izin dari pihak berwenang

Sebagai warga Indonesia yang baik, kamu harus sudah mengantongi izin dari pihak berwenang setempat sebelum membuka usaha laundry di rumah.Apa, sih, pentingnya memiliki surat izin usaha?Jawabannya penting sekali.

Mengetahui cara mencuci yang baik

Ketahui dulu jenis kain, cara mencuci dengan baik, begitu pula dengan mengeringkannya. Pengetahuan dasar ini akan membantu kamu melakukan cara yang benar untuk mencuci pakaian pelanggan.Ketahui jenis noda pada pakaian.

Ketahui jenis noda pada pakaian

Pakai sabun pembersih yang tepat supaya bisa membersihkan noda tanpa membuat warna kain rusak. Hal ini juga akan membantu kamu menjaga kualitas pakaian pelanggan.

Persiapkan peralatan yang dibutuhkan

Pakai peralatan yang sesuai dengan besarnya usaha. Jika baru memulai usaha ini, gunakanlah peralatan yang bisa membuat pakaian bersih dan rapi. Jika bisnis sudah berkembang, kamu bisa mulai menambahnya sesuai dengan kebutuhan.

Berikan harga yang bersaing

Harga bersaing tidak selalu tentang harga yang lebih murah daripada yang lainnya. Tentukan rentang harga sesuai dengan kualitas pelayanan yang akan diberikan. Konsumen tidak akan berpikir dua kali untuk membayar lebih mahal jika kualitas laundry serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen baik. Selain itu pertimbangkan untuk menentukan harga yang sesuai dengan lokasi dan target pasar yang telah ditentukan di awal. Jika lokasi bisnis binatu berada di lingkungan kampus dengan target mahasiswa maka lebih baik untuk memberikan harga terjangkau.

Perhitungan anggaran

Siapkan biaya untuk 3 bulan ke depan. Hitung biaya operasional untuk sewa tempat, membayar listrik, kebutuhan air, dan membeli deterjen. Pastikan Anda bisa menghitung dan mengatur anggaran ini dengan tepat agar dana mudah diatur.

Modal dan keuntungan

Agar semakin jelas dan kamu bisa terbantu, berikut adalah estimasi perhitungan modal serta keuntungan usaha laundry kiloan yang dibutuhkan. Tentu saja ini adalah perhitungan dasar yang menyertakan keperluan operasional laundry pada umumnya. Jika tidak terdapat hal-hal yang ingin 7disertakan, dapat kamu tambahkan kemudian.

Kebutuhan/itemJumlahHarga yang dibayarkan
Modal investasi awal
Mesin cuci2 unitRp4,000,000,-
Mesin pengering1 unitRp1,500,000,-
Setrika5 unitRp500,000,-
Timbangan digital1 unitRp250,000,-
Renovasi ruangan1 kaliRp1,000,000,-
Meja dan kursi1 setRp300,000,-
Promosi awal(spanduk dll)Rp500,000,-
Total modal investasi awalRp8,050,000,-
Biaya operasional bulanan
Listrik1 bulanRp500,000,-
Detergen20 bungkus (1kg)Rp500,000,-
Pewangi15 bungkus (1kg)Rp150,000,-
Gaji karyawan1 orangRp800,000,-
Air1 bulanRp300,000,-
Bensin (antar-jemput)1 bulanRp150,000,-
Lain-lainRp200,000,-
Total biaya operasional bulananRp2,600,000,-
Total modal yang dibutuhkan
Rp10,650,000,-

Nah kira-kira itu saja tipsnya ya Sobat Pintar, Untuk kebutuhan dana tambahan untuk modal bisnis laundry ini kamu bisa mengajukan pinjaman di Kredit Pintar.

Berikan komentarmu ya.

mobile-closeKredit PintarDownload