Kiat dan Tips Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan 2021

01 Mar 2021 by Andro
persiapan menyambut ramadhan

Tak terasa, kedatangan bulan Ramadhan 2021 sudah sangat dekat. Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat muslim. Pada bulan ini, umat muslim melaksanakan ibadah puasa wajib selama sebulan penuh. Bulan ini dianggap sebagai tamu agung karena di dalamnya banyak sekali kemuliaan sehingga persiapan menyambut bulan Ramadhan ini menjadi hal yang penting.  

Apa saja persiapan yang perlu dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan? Berikut uraiannya.

Lunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Puasa di bulan Ramadhan tidak diwajibkan bagi orang muslim yang memiliki halangan. Misalnya, mereka yang sakit, bepergian jauh, atau haid. Tetapi, mereka harus menggantinya dengan puasa sejumlah hari yang sama di bulan lain.

Jika ada yang merasa dirinya termasuk orang yang berhalangan tadi dan memiliki hutang puasa di tahun sebelumnya, pastikan bahwa semuanya sudah dibayarkan. Hal ini penting karena puasa yang tidak dilaksanakan pada tahun sebelumnya wajib diganti.

Mulai coba puasa sunnah

Puasa sunnah adalah puasa yang tidak wajib, tetapi yang mengerjakannya akan mendapat pahala. Puasa sunnah yang bisa dilakukan pun beragam. Ada puasa senin kamis, hingga puasa daud.

Puasa sunnah dapat dilakukan sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan. Dengan melaksanakan puasa sunnah, tubuh akan terbiasa berpuasa. Sehingga, ketika bulan Ramadhan telah tiba, tubuh sudah tidak kaget. Ini akan memudahkan ketika melaksanakan puasa di bulan Ramadhan nantinya.

Perbanyak Ibadah

Pahala ibadah di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan. Ini menjadikan bulan Ramadhan sebagai momen yang bagus untuk melakukan ibadah. Tapi, apa jadinya jika saat bulan ini tiba, terasa sulit untuk melakukan ibadah? Alhasil ibadah di bulan ini menjadi kurang maksimal.

Itulah pentingnya memperbanyak ibadah sebelum bulan Ramadhan datang. Dengan kebiasaan beribadah sebelum tibanya bulan Ramadhan, memudahkan diri untuk beribadah saat bulan ini telah tiba. Sehingga, kesempatan emas untuk beribadah di bulan yang suci ini tidak disia-siakan.

Ibadah yang dilakukan bisa beragam. Mulai dari membaca Al-Quran, berdzikir, maupun shalat sunnah. Aktivitas ini dapat dibiasakan secara bertahap. Misalnya, membaca Al-Quran mulai dari satu halaman perhari, kemudian mulai menaikkan intensitasnya menjadi dua halaman dan seterusnya.

Perbanyak Cari Ilmu

Salah satu persiapan menyambut bulan Ramadhan yang perlu dilakukan adalah memperbanyak ilmu, terutama mengenai ibadah di bulan ini. Mempelajari tentang ibadah selama bulan Ramadhan sangat penting.

Ini menjadi penting karena tanpa ilmu, ibadah yang dilakukan bisa saja asal-asalan. Bahkan, ibadah bisa tidak diterima karena salah dalam melaksanakannya.

Dengan mempelajari ibadah di bulan Ramadhan, akan terhindar dari asal-asalan dan bisa menambah semangat. Terutama setelah mengetahui keutamaan dan pahala dari tiap ibadah di bulan Ramadhan.

Mulailah berolahraga

Olah raga dilakukan agar badan tetap fit. Selain itu, olah raga melatih kekuatan. Dengan berolah raga, tubuh akan sehat sehingga siap untuk menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

Ini adalah langkah persiapan menyambutbulan Ramadhan 2021 yang penting. Karena, untuk melaksanakan puasa tubuh harus dalam kondisi yang sehat.

Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah bersepeda. Ini adalah salah satu olah raga yang sedang populer.

Jika tidak punya sepeda, jogging bisa dijadikan sebagai pilihan. Atau, jika malas keluar rumah, ada banyak olah raga yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Misalnya, senam lantai.

Makan Makanan yang Tepat

Karena untuk berpuasa butuh badan yang sehat, makanan yang dimakan juga harus sehat. Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Seperti, buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan vitamin, lauk untuk memenuhi kebutuhan protein, dan makanan pokok yang mengandung karbohidrat.

Jika diperlukan, konsumsi juga vitamin tambahan. Vitamin berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Tubuh jadi tidak mudah terserang penyakit dan siap untuk bulan Ramadhan.

Mulai Bangun Lebih Awal

Sebelum mulai berpuasa, setiap orang perlu makan sahur. Inilah tujuan dari bangun lebih awal.

Membiasakan diri untuk bangun lebih awal sebelum bulan Ramadhan, akan mempermudah diri untuk bangun lebih awal saat bulan Ramadhan telah tiba.

Tapi, walaupun bangun lebih awal, waktu untuk tidur tidak boleh sampai kurang. Kurang tidur menyebabkan masalah kesehatan. Tubuh akan mudah terserang penyakit. Mulai penyakit ringan sampai yang berat.

Bahkan, kurang tidur bisa menyebabkan penyakit jantung dan diabetes. Mengerikan, bukan?

Sebagai solusi, cobalah untuk tidur siang. Tidur siang memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan produktivitas.

Tentukan target yang ingin dicapai

Buatlah target yang menantang tetapi mungkin untuk dicapai. Jangan menetapkan target yang sangat sulit. Misalnya, target tahun ini bisa mengkhatamkan Al-Quran 30 kali, padahal belum pernah khatam sebelumnya.

Sebagai gantinya, buatlah target yang dapat dijangkau seperti, mengkhatamkan Al-Quran 1 kali untuk bulan Ramadhan tahun ini. Jika sanggup, naikkan menjadi 2 kali untuk selanjutnya.

Tulis target yang ingin dicapai. Kemudian, letakkan di tempat yang sering terlihat agar bisa selalu menjadi pengingat. Ini menjadi langkah penting dalam persiapan menyambut bulan Ramadhan.

Buat rencana kegiatan selama bulan Ramadhan

Rencana adalah hal penting dalam keberhasilan. Termasuk dalam persiapan menyambut bulan Ramadhan.

Membuat rencana kegiatan perlu dilakukan agar tidak bingung saat bulan Ramadhan tiba. Kalau sudah bingung, hari-hari selama bulan Ramadhan malah hanya diisi dengan lamunan. Hal itu tentu sangat disayangkan mengingat kesempatan yang sama hanya akan ada selama sebulan untuk tiap tahunnya.

Rencana kegiatan bisa dalam bentuk daftar kemudian ditaruh di buku catatan atau di tempat yang mudah ditemukan.

Mulai Coba Tahan Diri

Ada saja godaan untuk menggosip. Godaan untuk marah-marah juga bersebaran. Godaan untuk melakukan perbuatan buruk lainnya juga banyak.

Stop! Mulai sekarang, tahan diri untuk melakukan perbuatan buruk. Membiasakan diri dari sekarang sangat penting agar saat bulan Ramadhan tiba, lebih mudah untuk mengontrol diri.

Ingat bahwa puasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu lainnya. Termasuk hawa nafsu untuk melakukan perbuatan yang buruk.

Siapkan kebutuhan selama bulan Ramadhan

Jangan lupa untuk menyiapkan keperluan sehari-hari selama bulan Ramadhan. Pastikan bahan makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah, hingga bumbu dapur tersedia saat dibutuhkan.

Jangan lupa siapkan makanan instan sekedar untuk berjaga-jaga. Jika bangun kesiangan saat sahur sehingga tidak punya waktu cukup untuk memasak, keberadaan makanan ini akan sangat membantu.

Nah, itu dia langkah yang bisa dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan 2021 nanti. Tapi, ada lagi langkah penting yang perlu dilakukan. Apa sajakah itu?

Jangan Lupa Siapkan Dana

kredit pintar

Menyiapkan dana adalah Hal yang krusial. Terlebih bulan Ramadhan 2021 ini tidak menentu. Dalam persiapan menyambut bulan Ramadhan, pastikan dana juga disiapkan.

Jika Anda membutuhkan pinjaman online yang aman, cobalah pinjaman uang online Kredit Pintar.

Melakukan pinjaman uang online Kredit Pintar banyak sekali, loh keuntungannya. Apa saja sih keuntungan yang akan kamu peroleh ?

  1. Untuk mengisi data, kamu hanya memerlukan waktu lima menit.
  2. Sistem pembayar yang mudah.
  3. Kredit pintar ini membantu mengedukasi nasabah.
  4. Bunga dan juga biaya layanan cukup rendah.
  5. Proses verifikasi kurang dari 24 jam.
  6. Pengajuan pinjaman sama sekali tidak akan dipungut biaya apapun.
  7. Layanan costumer service 24 jam yang akan selalu membantu kamu.

Bisa kamu lihat kan, begitu banyak keuntungan apabila kamu melakukan peminjaman uang di kredit pintar ini. Kamu tidak perlu lagi khawatir untuk melakukan pinjaman disini, karena kredit pintar merupakan tempat peminjaman uang legal dan juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga data pribadi milikmu sudah dipastikan aman.

Pinjaman uang online Kredit Pintar telah diawasi oleh OJK sehingga aman. Selain itu, prosesnya mudah dan cepat. Uang cair hanya dalam hitungan menit. Tunggu apa lagi? Jika butuh pinjaman dalam waktu cepat, percayakan pada pinjaman online Kredit Pintar.

mobile-closeKredit PintarDownload