Kamu Pelajar? Sudah Tahu Apa Itu KIP Kuliah?

08 Apr 2021 by dan.shen
kip kuliah

Sebelum membahas apa itu KIP kuliah, sebaiknya kamu harus mengetahui KIP itu sendiri. KIP atau Kartu Indonesia Pintar merupakan kartu tanda yang digunakan untuk memastikan seluruh anak usia sekolah mendapatkan hak pendidikannya. KIP merupakan wujud dari PIP atau Program Indonesia Pintar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya.

PIP memberikan bantuan dalam bentuk perluasan akses, uang tunai, dan kesempatan belajar. Sebenarnya siapa sasaran utama dari PIP? Terdapat 3 sasaran yaitu peserta didik pemegang KIP, peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin dengan pertimbang tertentu, dan peserta SMK dengan kelompok keahlian pertanian, pelayaran, kemaritiman, perikanan, peternakan, dan kehutanan. Perlu diketahui juga untuk menggunakan KIP, penerima harus terdaftar sebagai peserta didik pada lembaga pendidikan (SD, SMP, SMA/SMK) atau non formal seperti LKP, SKB, dan PKBM. Selain itu KIP juga harus terdaftar di Dapodik lembaga pendidikan atau data pokok pendidikan.

Salah satu PIP yang dilaksanakan adalah KIP (Kartu Indonesia Pintar Kuliah), apa itu KIP kuliah? Ialah jaminan negara untuk mahasiswa dengan memberikan pembebasan biaya kuliah, tidak hanya itu kamu juga akan diberikan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi syarat akademik dan ekonomi. Untuk mendapatkan KIP kuliah, kamu harus memenuhi syarat seperti.

  1. Pelajar Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau lulus dua tahun sebeumnya.
  2. Syarat selanjutnya adalah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta dengan akreditasi Program Studi A atau B. Untuk akreditasi C pada Prodi tertentu akan dipertimbangkan.
  3. Memiliki potensi akademik yang baik namun keterbasan ekonomi dengan didukung dokumen sah.

Sedangkan untuk cara daftar KIP Kuliah cukup mudah, kamu hanya perlu ke laman KIP Kuliah yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id pada lama ini kamu dapat mendaftar untuk seluruh jalur masuk perguruan tinggi seperti SBMPTN, SNMPTN, SBMPN, SNMPN, dan Mandiri. Tidak hanya melalui laman, kamu dapat mendaftar KIP kuliah dengan mengunduh aplikasi KIP Kuliah mobile apps pada play store. Cara daftar yang mudah dan laman/aplikasi yang dapat diakses kapan saja seharusnya dapat membantu program KIP kuliah ini sukses.

Selain cara daftar yang mudah, KIP kuliah juga akan memberikan beberapa keunggulan seperti.

  1. Bantuan biaya hidup, dimana biaya hidup kamu akan dibantu dan ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan indeks harga lokal dari masing-masing wilayah Perguruan Tinggi.
  2. Pembebasan biaya kuliah yang akan langsung dibayarkan ke Perguruan Tinggi.
  3. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi.

Setelah mengetahui apa itu KIP kuliah, apa saja syarat yang harus dipenuhi, dan bagaimana cara daftar KIP kuliah. Tentunya kamu dapat memahami dan dapat mengikuti program ini. 

Jika kamu ingin memulai bisnis sambil kuliah, namun tidak memiliki modal yang cukup. Sekarang kamu bisa melakukan pinjaman instan di kredit pintar, mengapa disebut instan? Karena prosesnya yang cepat dan mudah untuk dilakukan. Apabila kamu belum pernah dengar, kredit pintar merupakan perusahaan yang menawarkan pinjaman online yang cepat cair. Bukan hanya disuka karena pinjaman instan, kredit pintar juga dapat dipercaya keamanannya. Baik keamanan identitas peminjam atau keamanan website yang digunakan, karena didukung oleh proses verifikasi yang berlapis dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).