12 Jurusan Kuliah IPA yang Prospek dan Gajinya Menjanjikan!

04 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Jul 2023

Memilih jurusan bukanlah suatu hal yang mudah karena bisa jadi sangat menentukan masa depan seseorang. Oleh sebab itu, diperlukan banyak pertimbangan dan pemikiran secara matang supaya tidak salah pilih jalan.

Dalam memilih jurusan kuliah, tentunya setiap orang sangat mempertimbangkan prospek kerja sekaligus besaran gaji yang didapatkan nantinya. Jurusan kuliah IPA sendiri dikenal sangat beragam dan menawarkan masa depan cerah.

Baca juga: 4 Daftar Beasiswa Kuliah untuk Lulusan SMA

12 Jurusan Kuliah IPA Ini Prospeknya Menjanjikan!

Ada beragam pilihan bagi anak lulusan IPA untuk menentukan ingin kuliah di jurusan apa. Oleh karena itu, kali ini akan diulas 12 jurusan kuliah untuk anak IPA yang prospeknya menjanjikan pada masa depan.

  1. Teknik Sipil

Pertama ada teknik sipil, yakni jurusan yang mempelajari tentang bangunan, mulai dari tahap perancangan, pembangunan, hingga pemeliharaannya. Jurusan ini cocok buat Anda yang gemar menggambar dan menghitung.

Teknik sipil merupakan jurusan kuliah IPA yang sangat menjanjikan karena setiap negara pasti menginginkan kemajuan dari aspek infrastruktur. Berbagai prospek kerjanya adalah menjadi seorang kontraktor, konsultan konstruksi, surveyor, dan lain sebagainya.

  1. Matematika

Perlu diketahui bahwa jurusan matematika memiliki peluang kerja yang sangat luas dengan gaji menjanjikan. Bagi Anda yang suka dengan dunia angka, jurusan ini sangat cocok untuk dipilih.

Mahasiswa matematika akan disuguhi berbagai disiplin ilmu yang luas dan menyenangkan. Menghitung dan menggunakan logika sudah pasti akan menjadi makanan sehari-harinya.

Soal peluang kerjanya, ternyata jurusan satu ini tidak hanya bisa berkarier sebagai seorang guru atau dosen saja. Anda juga bisa menjadi seorang programmer, auditor, data scientist, aktuaris, dan masih banyak lagi.

  1. Teknik Perminyakan

Rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPA berikutnya adalah teknik perminyakan. Lulusan jurusan ini memiliki masa depan cerah karena bidang perminyakan menawarkan gaji yang menggiurkan.

Terlebih para peminat jurusan perminyakan masih tergolong sedikit, padahal sangat dibutuhkan karena banyaknya pembukaan lahan gas di Indonesia. Salah satunya adalah di perairan Natuna yang pastinya menjadi lapangan pekerjaan menjanjikan.

Pada umumnya, biaya kuliah untuk jurusan teknik perminyakan adalah sebesar 3 sampai 10 juta rupiah. Sedangkan prospek pekerjaannya adalah insinyur kimia, petroleum accountant, energy economist, dan masih banyak lagi.

  1. Teknik Informatika

Pada masa depan, teknologi akan makin maju sehingga dibutuhkan orang-orang yang memiliki keahlian di bidang teknik informatia. Oleh sebab itu, teknik informatika tergolong jurusan kuliah IPA yang menjanjikan.

Jika ingin masuk ke jurusan ini, setidaknya ada dua keterampilan yang perlu dimiliki, yakni matematika dan logika. Mahasiswa TI akan disibukkan dengan pemrograman sebagai perwujudan dari algoritma.

Walaupun tergolong sulit bagi sebagian orang, tetapi prospek kerjanya sangat menarik. Mulai dari software engineer & developer, system security, konsultan, data analytics, konsultan, dan masih banyak lagi.

  1. Arsitektur

Arsitektur merupakan salah satu jurusan kuliah untuk anak IPA yang memiliki masa depan cerah. Hal tersebut karena perkembangan infrastruktur pasti akan terus didorong ke depannya.

Mahasiswa arsitektur akan belajar mengenai desain, perencanaan, dan konstruksi bangunan dengan memperhatikan nilai keindahan, kegunaan, dan kekuatan. Peluang kerjanya adalah menjadi seorang arsitek, kontraktor, developer rumah, dan masih banyak lagi.

  1. Kedokteran

Kedokteran merupakan salah satu jurusan kuliah IPA yang sangat diminati karena prospeknya menjanjikan. Ketika sudah masuk ke jurusan ini, dibutuhkan perjuangan dan kesabaran karena waktu studinya lama dan memakan biaya cukup besar.

Walaupun demikian, perjuangan tersebut akan terbayar ketika Anda sudah berhasil lulus dan menjdai seorang dokter. Selain itu, lulusan kedokteran juga berkesempatan menjadi seorang ahli gizi dan konsultan kesehatan.

Baca juga: Biaya Kuliah UI Terbaru

  1. Farmasi

Masih di dalam dunia kesehatan, jurusan farmasi juga termasuk jurusan kuliah yang cocok bagi anak IPA. Jurusan ini merupakan kombinasi antara ilmu di bidang kesehatan, kimia, dan keamanan efektivitas pemakaian suatu produk.

Mahasiswa farmasi sudah sepatutnya mampu melakukan beragam praktik farmasi, baik tradisional maupun modern. Lulusannya berpeluang bekerja di rumah sakit dan laboratorium dengan profesi ahli farmasi, perawat, hingga staf kesehatan.

  1. Agribisnis

Sebagai negara agraris, tentunya sektor pertanian yang luas perlu dikembangkan berdasarkan kemajuan zaman. Oleh sebab itu, dibutuhkan orang-orang yang memahami dunia agribisnis.

Para lulusan agribisnis diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mewujudkan negara sebagai pemasok pakan dalam dan luar negeri tanpa impor. Anda bisa menjadi seorang ahli pertanian atau konsultan pertanian setelah lulus dari jurusan agribisnis.

  1. Teknik Mesin

Rekomendasi jurusan kuliah IPA berikutnya adalah teknik mesin. Anak teknik mesin akan mempelajari penerapan prinsip fisika, mulai dari mendesain mesin, analisis satuan mesin, manufaktur, sampai pemeliharaannya.

Jurusan satu ini pastinya memiliki masa depan cerah karena manusia setiap harinya tidak bisa lepas dari penggunaan mesin. Mulai dari mobil, pesawat, motor, dan berbagai jenis mesin lainnya.

Setelah lulus kuliah, ada banyak prospek pekerjaan yang menanti lulusan teknik mesin. Anda bisa bekerja sebagai seorang engineer, maintenance planner, atau membuka bengkel motor dan mobil sendiri.

  1. Teknik Biomedik

Anda mungkin jarang mendengar jurusan teknik biomedik karena tidak begitu terkenal apabila dibandingkan kedokteran dan farmasi. Walaupun demikian, teknik biomedik merupakan salah satu jurusan kuliah untuk anak IPA yang menjanjikan.

Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, jurusan satu ini mempelajari tentang prinsip-prinsip teknik di bidang medis. Hal tersebut berarti lulusan teknik biomedik akan bekerja di balik layar dalam dunia kesehatan.

Semasa kuliah, mahasiswanya akan belajar tentang elektronika kedokteran dan teknologi kesehatan untuk menunjang pekerjaan dokter. Para lulusannya berpeluang bekerja di laboratorium kesehatan, lembaga penelitian, perusahaan obat, dan sejenisnya.

Baca juga: Biaya Kuliah Binus, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

  1. Teknik Pertambangan

Sebagaimana diketahui, Indonesia sangatlah kaya akan sumber daya mineral, mulai dari batu bara, besi, emas, aluminium, hingga nikel yang sangat dibutuhkan ke depannya. Oleh sebab itu, jurusan pertambangan ini memiliki masa depan menjanjikan.

Teknik pertambangan cocok bagi anak IPA karena berkaitan dengan bahan-bahan galian. Biaya untuk kuliah di jurusan teknik pertambangan di beberapa kampus dalam negeri sekitar 14 juta per semester.

Walaupun termasuk mahal, tetapi prospek kerja lulusan teknik pertambahan menawarkan gaji fantastis. Anda bisa bekerja di berbagai perusahaan pertambangan, misalnya PT Freeport, Pertamina, PT Bukit Asam, dan masih banyak lagi.

  1. Teknik Nuklir

Rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPA adalah teknik nuklir. Buat Anda yang tertarik dengan dunia kenukliran, Anda bisa mendaftar di Universitas Gadjah Mada sebagai satu-satunya kampus yang membuka jurusan tersebut.

Mahasiswa teknik nuklir akan mempelajari banyak hal, mulai dari ilmu fisika, matematika, elektronika, gambar teknik, dan masih banyak lagi. Tenaga lulusan ini sangat dibutuhkan, terutama oleh negara-negara maju di dunia.

Prospek kerja lulusan teknik nuklir adalah dengan bekerja di berbagai lembaga pemerintahan. Mulai dari Badan Tenaga Nuklir Nasional, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, dan lainnya.

12 rekomendasi jurusan kuliah IPA di atas memang menawarkan prospek kerja dan gaji yang mennjanjikan. Akan tetapi, Anda tetap perlu mempertimbangkannya secara matang agar tidak sampai salah dalam menjatuhkan pilihan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi oleh OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download