Jenis Ikan Hias Air Tawar Unik untuk Akuarium

16 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 30 Jun 2022

Begitu populernya budaya masyarakat yang memelihara ikan dalam akuarium, beriringan dengan marahnya jenis ikan hias air tawar yang hidup dalam akuarium di rumah bisa memberi tampilan rumah yang alami sekaligus lebih sejuk dan membuat rumah juga terasa lebih hidup.

Terdapat beberapa jenis ikan hias di air tawar yang cocok untuk Anda taruh dalam akuarium. Kini, Indonesia memiliki sekitar 400 jenis ikan hias di air tawar serta 90 jenis yang dapat Anda pelihara bahkan dapat Anda budidayakan.

Baca juga : 10 Jenis Ikan Hias yang Cantik, dan Cara Merawatnya

Manfaat Memelihara Ikan di Akuarium Rumah

Manfaat memelihara berbagai jenis ikan hias di akuarium rumah adalah isi rumah Anda akan terasa lebih indah serta akan terlihat lebih damai. Selain itu, memelihara ikan hias di akuarium dalam rumah juga dapat mengurangi stres.

Perlu diketahui, jika Anda melakukan interaksi dengan ikan hias dalam akuarium rumah, maka kemungkinan Anda akan mendapatkan hidup yang sejahtera. Sederhananya, semua itu memiliki kaitan terhadap dampak dari relaksasi yang dipicu akibat suasana hati yang membaik.

Berikut ini beberapa ulasan mengenai jenis-jenis ikan hias air tawar yang dapat Anda pelihara dalam akuarium di rumah. Intip yuk!

  1. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki ini pada umumnya sangat digemari oleh si kecil. Terdapat banyak jenis ikan mas koki, ada yang ukuran kecil bahkan hingga ada yang ukurannya besar. 

Ikan mas koki ini memiliki jenis warna jingga, selain itu ada juga ikan mas koki yang berwarna putih, kemudian ada yang ikan mas koki warnanya merah, serta yang terakhir ikan mas koki dengan warna  hitam. Tentu saja anggota keluarga di rumah tidak akan bosan melihat ikan mas koki di rumah.  

  1. Ikan Black Ghost

Ikan Black ghost ini berasal dari sungai Amazon dan juga berasal dari Suriname. Ikan black ghost ini mempunyai bentuk yang menyerupai bulu ayam yang memiliki warna hitam pekat.  Dengan demikian, ikan black ghost memiliki ciri khas yang unik dari yang lain, terutama saat sirip bawah sedang bergerak.

  1. Ikan Guppy

Selanjutnya ada ikan guppy. Perlu Anda ketahui bahwa ikan guppy merupakan satu dari sekian banyak jenis ikan hias di air tawar dengan penampilan yang indah. Maka dari itu sangat cocok untuk dipelihara di dalam akuarium rumah.

Terdapat cara melakukan untuk merawat ikan guppy, yaitu tidak akan mempersulit Anda, Anda dapat dengan mudah merawatnya. Bahkan Anda dapat mengajari anak Anda dalam hal merawat ikan guppy di akuarium rumah.

Ikan guppy juga memiliki begitu banyak jenisnya. Dari jenis corak yang berbeda satu sama lain, kemudian jenis-jenis warna yang secara umum ikan guppy ini berwarna cerah. 

  1. Ikan Lemon

Ikan lemon ini memiliki warna yang begitu kuning cenderung lebih cerah, justru warnanya cenderung menyerupai warna kulit lemon. Ikan lemon ini memiliki sifat sebagai ikan yang sangat agresif. Namun, warnanya begitu cantik, sehingga sangat cocok untuk dijadikan peliharaan di dalam akuarium rumah.

Kendati demikian, ikan lemon ini memiliki ukuran yang mini. Dengan begitu, adanya memelihara ikan lemon akan mewarnai isi akuarium rumah Anda.

  1. Ikan Cupang

Selanjutnya ada yang tidak asing di telinga Anda yaitu ikan cupang. Ikan cupang ini pada umumnya sering dikatakan sebagai ikan betta dikarenakan mempunyai berbagai jenis ikan cupang yang letak perbedaannya pada warna ikan cupang itu sendiri.  

Perlu Anda ketahui bahwa ikan cupang akan menggerakkan dirinya sehingga dapat menampakkan sirip ikan cupang bergerak dengan cantik dalam akuarium rumah serta akan memberikan khusus kepada siapapun yang melihatnya. 

Bahkan pada masa pandemi, keberadaan ikan cupang banyak dicari. Kemudian, harga jual ikan cupang melonjak tajam.

Banyaknya orang mengalihkan profesinya jadi seorang penjual ikan cupang, tentu disebabkan oleh tren ini.

  1. Ikan Neon Tetra

Setelah ikan cupang, ada ikan neon tetra. Anda pasti bisa langsung menebaknya. Sama seperti nama, ikan neon tetra ini memiliki badan dengan ukuran yang sangat mini, bahkan sangat imut. Warna coraknya ini akan memberi pantulan cahaya menyerupai lampu neon begitu saat Anda menyorotkan cahaya ke tubuhnya yang mungil. 

Dalam pemeliharaan ikan neon tetra ini, Anda dapat memeliharanya dalam jumlah yang banyak di dalam akuarium rumah, tentunya supaya lebih menarik hati bagi siapa pun yang melihatnya.

Baca juga : Ini Jenis Ikan Koi yang Perlu Kamu Tahu

  1. Ikan Botia Zebra

Kemudian ada ikan dengan nama botia zebra. Ikan ini  datang dari Ghats Barat atau dari negara India. Ikan botia zebra sendiri mempunyai keunikan pada tubuh yang penuh dengan garis berwarna coklat beserta garis dengan warnanya yang hitam.

Ikan botia zebra ini telah diketahui hidupnya akan tetap berkelompok, maka, jika Anda niat ingin memeliharanya di akuarium, maka akan lebih baik apabila memelihara ikan botia zebra dalam jumlah banyak.

Ciri khas dari ikan botia zebra terletak pada bentuk  &  corak badan. Ciri khasnya begitu unik akan menampilkan akuarium Anda lebih ada variasi.

  1. Ikan Manfish

Ikan manfish tentu saja dapat melengkapi isi akuarium Anda. Ikan manfish ini memiliki bentuk tubuh yang menyerupai layangan serta banyak orang yang menyebutnya sebagai angel fish.

  1. Ikan Molly

Ikan molly tentu saja menjadi ikan yang sangat disukai banyak penggemar ikan hias, terutama anak-anak. Sebab, bentuk ikan molly ini begitu kecil mungil bahkan memiliki begitu banyak jenis warna yang cenderung lebih cerah. Harga ikan molly ini tidak terlalu mahal, sehingga Anda dapat membeli ikan molly sebagai salah satu pelengkap isi akuarium Anda agar lebih berwarna. 

Demikian, beberapa ulasan mengenai berbagai jenis ikan hias air tawar akuarium yang memiliki keunikan masing-masing. Tentunya bisa Anda dapatkan di toko-toko atau beberapa marketplace di internet. 

Memelihara ikan akuarium di rumah dapat membantu Anda melepas stres, terutama saat Anda melakukan interaksi dengan ikan hias tersebut. Selain itu memelihara ikan hias air tawar dalam akuarium rumah juga dapat menjadi alternatif bijaksana dalam melatih anak Anda berinteraksi atau menyayangi binatang dan merawat binatang. 

Baca juga : Cara Memilai dan Menjalankan Bisnis Ikan Cupang Untuk Pemula

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
30 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download