4 Tips Mencari Bisnis Jasa Konsultan yang Tepat

21 Oct 2021 by Laruan

Konsultan atau konselor bisnis adalah salah satu pekerjaan yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha. Baik pelaku usaha pemula ataupun perusahaan besar. Karena itu, tidak heran jika banyak orang yang membuka bisnis jasa konsultan.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa konselor, ada baiknya Anda memahami lebih dulu apa saja tipe, tugas, dan cara menemukan consultant bisnis yang tepat untuk Anda. Untuk itu, kami merangkumkan beberapa hal terkait konselor bisnis yang perlu Anda ketahui. 

4 Tips Mencari Bisnis Jasa Konsultan yang Tepat

Apa Itu Konsultan Bisnis?

Secara umum, konsultan adalah seseorang yang memiliki keahlian dan tugas untuk memberikan petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dalam suatu kegiatan. Bentuk kegiatan yang dimaksud bisa saja penelitian, perdagangan, dan sebagainya.

Secara spesifik, konsultan bisnis berarti seorang ahli yang bertugas memberikan petunjuk, pertimbangan, dan referensi kepada suatu bisnis. 

Tugas dan Tanggung Jawab Konsultan Bisnis

Salah satu tugas konsultan atau konselor bisnis adalah membantu pemilik usaha untuk mengembangkan usahanya. Namun, tugas dan tanggung jawab konselor bisnis tidak terbatas pada hal tersebut saja. Berikut ini adalah beberapa tugas konselor lainnya:

1. Memberikan Jasa Konsultasi

Seorang konselor bisnis tentu saja harus mampu memberikan jasa konsultasi kepada kliennya. Baik klien individu, organisasi, atau perusahaan. Untuk itu, seorang konselor harus mampu memahami bisnis kliennya secara menyeluruh dan meneliti detail data yang dimiliki klien. Kedua hal ini diperlukan untuk menghindari kesalahan saat memberikan konsultasi.

2. Mengidentifikasi Masalah yang Ada

Seorang konselor juga perlu memahami dan mengidentifikasi masalah dalam sebuah bisnis. Baik masalah di perusahaan besar maupun rintisan. Selain itu, dia juga harus mampu mengevaluasi apa saja kekurangan dan kelebihan dalam tubuh perusahaan tersebut.

3. Memberi Solusi atas Masalah yang Ada

Setelah mengidentifikasi masalah yang ada, seorang konselor juga harus mampu melakukan analisis dan solusi atas masalah yang ditemukan. Konselor bisnis yang baik juga harus bisa memberikan solusi tepat sasaran dan efektif atas permasalahan tersebut.

4. Membuat Perencanaan Bisnis dan Melihat Peluang

Ruang lingkup tugas seorang konselor juga termasuk dalam pembuatan perencanaan bisnis. Mereka diharapkan mampu mencapai ekspektasi dan target yang diharapkan oleh klien.

5. Aktif Menjalin Komunikasi dengan Klien

Seorang konselor bisnis juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang aktif dan efektif. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan informasi yang relevan untuk mendukung kemajuan bisnis.

Contoh dan Tipe Bisnis Konsultan

Saat ini, ada banyak sekali tipe konsultan atau konselor bisnis yang bisa Anda temukan. Karena itu, pastikan Anda memahami kebutuhan bisnis Anda sebelum menggunakan jasa konselor. Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa Anda temukan:

1. Konsultan Manajemen Bisnis

Konsultan manajemen bisnis akan membantu Anda memaksimalkan keuntungan bisnis Anda. Seorang konsultan manajemen bisnis akan memberikan layanan konsultasi objektif bagi perusahaan Anda. Salah satu outputnya adalah peningkatan produktivitas dan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

2. Konsultan Bisnis Start-Up

Jika Anda pemilik usaha startup, mungkin Anda akan membutuhkan konsultan bisnis startup untuk mengembangkan usaha Anda. Konsultan tersebut nantinya akan membantu Anda mendefinisikan konsep seputar start-up dan membantu pengelolaan bisnis Anda. Dari mulai membantu memilih ide yang tepat hingga proyeksi keuangan dan lain sebagainya.

3. Konsultan Pemasaran

Umumnya, konsultan pemasaran adalah seseorang yang sangat kreatif. Seorang konsultan pemasaran akan membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda.

4. Konsultan Keuangan

Konsultan tipe ini termasuk yang paling umum dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Konsultan keuangan akan membantu Anda melakukan manajemen keuangan, laporan keuangan, dan lain sebagainya.

5. Konsultan Manajemen Risiko

Dalam setiap bisnis, pasti ada potensi ancaman yang akan muncul. Di sinilah konsultan manajemen risiko dibutuhkan. Konsultan manajemen risiko akan membantu Anda mengidentifikasi potensi ancaman dan menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk meminimalisir risiko tersebut.

6. Konsultan IT

Jika perusahaan Anda bergerak di bidang teknologi, mungkin saja Anda membutuhkan seorang konsultan IT. Konsultan IT akan membantu Anda meningkatkan sistem perangkat lunak dan komunikasi yang Anda miliki. Termasuk memberikan analisis dan solusi atas permasalahan yang perusahaan Anda hadapi. Kadang kala, konsultan IT juga akan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas karyawan di perusahaan Anda.

7. Konsultan Sumber Daya Manusia

Jika perusahaan Anda telah memiliki karyawan, konsultan SDM seringkali dibutuhkan. Umumnya, konsultan SDM akan membantu Anda merumuskan rancangan strategis untuk pengembangan perusahaan. Setiap konsultan SDM bisa jadi memiliki layanan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Itulah beberapa tipe dan contoh konsultan bisnis yang perlu Anda ketahui. Selain contoh tersebut, tentu saja ada banyak pilihan konsultan bisnis lain yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Seperti konsultan manajemen kualitas, konsultan energi, konsultan penggalangan dana, dan lain sebagainya.

Mengetahui berbagai macam tipe konsultan bisnis akan membantu Anda menemukan jasa konsultan yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

4 Tips Mencari Bisnis Jasa Konsultan yang Tepat

Tips Mencari Konsultan yang Tepat

Setelah Anda mengetahui tipe konsultan apa saja yang ada, Anda mungkin akan menemukan banyak sekali jasa konsultan yang menawarkan layanan yang Anda butuhkan. Maka, langkah selanjutnya adalah bagaimana menemukan jasa konsultan yang tepat. 

Berikut ini adalah tips mencari konsultan bisnis yang tepat dan dapat membantu Anda:

1. Periksa Latar Belakang Konsultan

Hal paling penting dalam mencari konsultan yang tepat adalah mengetahui latar belakang calon konsultan Anda. Cari tahu perusahaan konsultan yang akan Anda gunakan. Pastikan perusahaan tersebut sudah legal dan terdaftar. Dengan begitu, Anda bisa lebih percaya dan merasa aman.

2. Pahami Peran dan Pekerjaan Konsultan Bisnis

Selanjutnya, pastikan Anda memahami apa saja peran dan pekerjaan seorang konsultan. Dengan begitu, komunikasi antara Anda dan konsultan akan jadi jauh lebih mudah dan efektif. Memahami permasalahan yang Anda hadapi juga dapat membuat proses penyelesaian masalah menjadi lebih cepat.

3. Kompetensi dan Pengalaman Konsultan

Salah satu tolok ukur untuk mengetahui konsultan bisnis yang baik adalah melalui kompetensi dan pengalaman yang dimiliki. Konsultan dengan jam terbang tinggi cenderung lebih mampu menangani permasalahan dengan lebih efektif.

4. Harga dan Pelayanan Konsultan

Tips terakhir adalah melihat harga dan pelayanan yang ditawarkan oleh calon konsultan Anda. Periksa apakah harga yang diajukan sesuai dengan pelayanan, pengalaman, dan kompetensi yang dimiliki oleh konsultan tersebut. 

Umumnya, jasa konsultan memang memiliki tarif yang lumayan tinggi. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk melakukan negosiasi tarif. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan tarif konsultan dengan dana yang Anda miliki.

Itulah beberapa informasi mengenai konsultan yang perlu Anda ketahui. Dari mulai pengertian konsultan, tugas dan fungsi seorang konsultan, tipe dan contoh konsultan, hingga tips mencari bisnis konsultan yang baik. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan konsultan yang sesuai dengan bisnis Anda.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload