Investasi Publik, Senjata Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

20 Feb 2024 by kreditpintar, Last edit: 20 Feb 2024

Investasi kini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan banyak orang. Pengertian investasi jauh lebih luas dibandingkan menabung, tapi siapa sangka ternyata pemerintah pun ikut melakukan investasi. Investasi publik namanya, yang merupakan program untuk meningkatkan keuangan pemerintah dan pembangunan sarana umum. 

Tujuan akhirnya tentu pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat dengan melakukan investasi publik tersebut. Pemerintah menjadikan pembangunan sebagai sarana untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi agar bangkit kembali.

Terutama setelah terjadinya pandemi covid-19 beberapa tahun ke belakang ini, Pemerintah berkomitmen untuk melakukan pembangunan sebagai bentuk investasi. Mau tahu lebih lanjut penjelasan mengenai investasi publik? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Apa itu Investasi Publik?

Apakah Anda baru mendengar istilah ini? Atau sudah pernah mendengar sebelumnya? Investasi publik bisa diartikan investasi dari pemerintah dengan menanamkan modal baik berupa pembangunan fasilitas umum atau mendukung program tertentu. Tentu saja bertujuan untuk memulihkan atau meningkatkan kondisi sosial ekonomi negara dan kesejahteraan masyarakat. 

Selain itu, investasi yang dilakukan pemerintah diharapkan bisa menekan tingkat pengangguran di masyarakat jadi lebih rendah. Biasanya sangat berkaitan dengan anggaran belanja pemerintah dalam sebuah proyek yang akan dilaksanakan. 

Pada investasi jenis ini, Pemerintah mengambil peran penting dalam berinvestasi pembangunan fasilitas umum. Diantaranya jalan tol, kereta cepat, kereta listrik dan beberapa sarana umum lainnya. Tak hanya itu, investasi yang bersifat publik juga banyak dilakukan melalui pembangunan dan pengembangan tempat wisata. 

Dana yang diinvestasikan oleh pemerintah dalam jangka panjang bertujuan untuk pembelian surat berharga atau investasi langsung. Dimana dari investasi tersebut pula mampu mengembalikan nilai pokok dengan manfaat ekonomi/sosial atau manfaat lainnya. 

Untuk memuluskan tujuan investasi publik, maka ada Operator Investasi Pemerintah yang menjalankannya yaitu:

  • Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
  • Badan Layanan Umum (BLU).
  • Badan Hukum Lainnya (BHL).

Jika ketiganya mampu menjalankan investasi tersebut hingga berhasil dengan baik, bukan tidak mungkin kesejahteraan yang selama ini diidam-idamkan bisa tercapai. 

Investasi Publik Membantu Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Sebagaimana ulasan Penulis di atas bahwa investasi publik ini merupakan kesempatan Pemerintah untuk meningkatkan kondisi ekonomi jadi lebih baik. Apalagi pandemi covid-19 meninggalkan krisis ekonomi yang cukup berlarut, maka Investasi Publik bisa menjadi solusinya. 

Investasi publik memiliki peran sentral dalam meningkatkan aktivitas ekonomi sebuah negara agar lebih baik. Upaya investasi ini juga menciptakan jutaan pekerjaan baik secara langsung atau tidak langsung, dalam jangka pendek maupun periode lebih lama. 

Namun untuk mencapai hal tersebut, investasi yang ditanamkan oleh pemerintah harus berkualitas dengan beban utang publik dan swasta tidak melemahkan respons bagi stimulus investasi tersebut. 

Untuk mengendalikan pandemi yang selama ini melanda berbagai negara, maka investasi dibutuhkan. Tujuannya sebagai stimulus untuk perawatan kesehatan, sekolah, sarana transportasi dan infrastruktur lainnya. 

Pemulihan ekonomi memainkan peran sentral dengan menciptakan jumlah pekerjaan yang cukup banyak untuk setiap juta dollar-nya. Bahkan bisa lebih banyak lagi pekerjaan ketika investasi tersebut ditujukan untuk sektor penelitian dan pengembangan energi terbarukan. 

Satu hal yang harus selalu Anda ingat bahwa proyek investasi pemerintah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengimplementasikannya. Terutama kepastian dalam menciptakan lapangan kerja pada saat yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat. 

Lebih lanjut, IMF menilai bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat bagi setiap negara untuk memulai kembali proyek menjanjikan dari investasi publik. Pemerintah Indonesia khususnya, bisa mempercepat proyek yang tertunda dalam proses pengerjaannya dan merencanakan proyek baru berskala prioritas pasca krisis pandemi.

Jika investasi tersebut bersumber dari pembiayaan pinjaman, maka perlu memperhatikan resiko rollover dan suku bunga agar tidak meningkat terlalu banyak. Dengan begitu bisa membuahkan hasil dan keuntungan yang bisa berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. 

Beberapa Contoh Investasi Publik di Indonesia

Untung, rugi dan caranya investasi publik bisa Anda ketahui sesuai laporan dari Pemerintah. Atau bisa juga dengan melakukan analisis sendiri dimana penilaian dilihat dari berbagai sektor, diantaranya pertumbuhan ekonomi, indeks kebahagiaan masyarakat dan tingkat pengangguran.

Investasi publik terbagi ke dalam beberapa kategori yang bisa Anda ketahui, diantaranya:

  • Investasi Sosial

Beberapa investor sudah tertarik untuk melakukan investasi sosial terutama setelah pandemic melanda. Persoalan hari ini membutuhkan perusahaan dan investor yang cerdas dimana tidak hanya mengejar keuntungan semata, melainkan peduli juga terhadap lingkungan sekitarnya. 

Jenis investasi sosial sangat memperhatikan tanggung jawabnya terhadap lingkungan, keinginan untuk mencapai kebebasan finansial diselaraskan dengan berbuat baik dan meningkatkan kepedulian. 

Kaitannya dengan investasi publik, Pemerintah bisa menekankan program yang bersifat charity, diantaranya pemberian beras bagi keluarga tidak mampu, pembangunan rumah permanen untuk keluarga tidak mampu, program beasiswa dan pemberian modal usaha untuk masyarakat tidak mampu. 

Investasi jenis ini tidak bisa diukur secara pasti, hal ini dikarenakan lebih fokus pada keberpihakan Pemerintah terhadap masyarakat. 

  • Investasi Ekonomi

Lebih tepatnya ditujukan untuk membentuk generator pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam periode yang lama. Diantaranya Pemerintah harus membuat kebijakan strategis dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi lokal.

Dengan adanya kebijakan tersebut, maka masyarakat lokal juga lah yang akan mendapatkan dampak positifnya. Diantaranya investasi pada sektor pertanian, pada sektor bisnis kearifan lokal seperti batik dan makanan tradisional, pemberian modal usaha dan pembangunan pasar modern. 

  • Investasi untuk layanan public

Untung, rugi dan caranya investasi publik bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, diantaranya kepentingan layanan public yang harus terpenuhi. Investasi layanan publik dikelompokkan menjadi 2 yang sudah dikenal banyak orang, berupa sarana dan prasarana. 

Anda sebagai masyarakat mungkin sudah merasakan perbaikan jalan raya, perbaikan jembatan, fasilitas umum dan lainnya. Dari situlah Anda bisa merasakan keuntungan dari adanya investasi publik dalam hal layanan yang diberikan Pemerintah. 

  • Investasi untuk sumber ekonomi baru

Pemerintah harus melakukan investasi yang satu ini dalam rangka menciptakan bisnis baru yang mengutamakan inovasi pada sumber ekonomi baru. Dimana inovasi dan kreativitas menjadi kunci utamanya, seperti menjadi sponsor untuk festival ekonomi kreatif dan kebudayaan. 

Dalam jangka pendeknya, daya tarik pariwisata bisa meningkat berupa kehadiran wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri. Geliat ekonomi pun bisa mulai dirasakan oleh masyarakat sekitar yang terdampak. 

Analisis Investasi Publik Secara Singkat

Melakukan analisis terhadap investasi publik adalah hal penting dalam mencari tahu bagaimana untung, rugi dan caranya melakukan investasi secara efektif. Kemudian bertujuan juga untuk mengetahui apakah investasi tersebut memberikan manfaat ekonomi dan sosial dalam meningkatkan layanan public. 

Demikian juga belanja modal (investasi) yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Daerah harus dipertimbangkan dengan baik. Bahkan perlu melalui sebuah proses analisis belanja modal terutama analisis untung rugi agar memberikan dampak yang jelas. Maka, Beberapa pengamat Pemerintahan selalu menekankan untuk melakukan analisis investasi secara mendalam dan menyeluruh. Tinjauannya pun harus mencakup berbagai aspek agar tujuan dari proyek investasi publik bisa tercapai secara efisien dan efektif.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Feb 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download