Inklusi Keuangan Adalah: Pengertian dan Definisi

16 Aug 2023 by kreditpintar, Last edit: 18 Aug 2023

Kegiatan ekonomi memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Baik itu kegiatan belanja, tarik tunai, kredit dan sebagainya. Tak banyak yang tahu tentang apa itu Inklusi Keuangan. Padahal tanpa disadari kita sudah melakukan inklusi keuangan setiap harinya. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang inklusi keuangan.

Inklusi Keuangan Adalah

Apa Itu Inklusi Keuangan?

Inklusi keuangan adalah suatu ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk , dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut CGAP-GPFI , inklusi keuangan adalah suatu upaya ketika seluruh masyarakat yang sudah berada di usia yang sudah siap untuk menjalani kehidupan bermasyarakat dapat memanfaatkan layanan kredit, tabungan dan pinjaman yang telah disediakan oleh lembaga perbankan. Dengan adanya inklusi keuangan ini diharapkan masyarakat dapat terhindar dari transaksi-transaksi informal yang dapat merugikan diri kita sendiri. 

Apa Tujuan Inklusi Keuangan?

Adanya program inklusi keuangan adalah untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan,dimana  tujuan-tujuan berikut antara lain :

  1. Meningkatkan perekonomian masyarakat 
  2. Mendukung stabilitas sistem keuangan 
  3. Mengurangi shadow banking atau irresponsible finance
  4. Mendukung pendalaman pasar keuangan 
  5. Memberikan potensi pasar baru bagi perbankan 
  6. Mendukung peningkatan Human Development Index (HDI) indonesia
  7. Berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional yang berkelanjutan 
  8. Dapat mengurangi kesenjangan (inequality) dan rigiditas low income trap yang dapat menurunkan tingkat kemiskinan 
  9. Semakin meningkatkan dan mengembangkan kualitas produk dan jasa
  10. Mampu menyediakan produk dan layanan yang dibutuhkan masyarakat

Manfaat Inklusi Keuangan Bagi Masyarakat

Apabila inklusif keuangan adalah sesuatu yang harus berhasil dilaksanakan dalam masyarakat , inklusif keuangan akan memiliki banyak manfaat , antara lain :

Literasi Keuangan Meningkat 

Ketika masyarakat dapat dengan mudah mendapat kan produk dan jasa , masyarakat dapat dengan mudah mengatur dan mengambil suatu keputusan persoalan mengenai masalah keuangan dengan efisien . Dengan keberhasilan inklusif keuangan masyarakat juga dapat pengetahuan tentang investasi guna untuk menambah penghasilan masyarakat. 

Masyarakat lebih mampu untuk merencanakan keuangan

Dengan keberhasilan inklusif keuangan seluruh masyarakat dapat merencanakan keuangan untuk masa yang mendatang. Sebagai contoh adalah dalam sebuah keluarga mereka dapat langsung merencanakan keuangan yang akan digunakan untuk biaya pendidikan anak mereka, merencanakan pengeluaran pengeluaran sekunder yang akan digunakan di masa mendatang . 

Pemerataan Ekonomi Meningkat

Inklusif keuangan membuat setiap masyarakat memiliki kesempatan untuk membuka atau menjalankan usaha dengan memanfaat layanan pinjaman yang telah disediakan oleh perbankan. Seperti masyarakat yang berada di pelosok negeri yang sangat sulit untuk mengakses layanan perbankan. Dengan adanya inklusif keuangan ini mereka dapat dengan mudah untuk mendapatkan layanan perbankan dan memperlancar usaha yang akan mereka jalankan. 

Ekonomi Negara akan Maju dan Tumbuh

Dengan adanya inklusif keuangan, maka masyarakat dapat dengan mudah untuk mendapatkan modal untuk menjalankan suatu usaha. Dengan ini akan banyak sekali lapangan pekerjaan yang tersedia yang dibuat oleh para pebisnis . Ketika tingkat pengangguran dalam suatu negara mulai berkurang dan sudah tidak ada lagi kesenjangan dalam bermasyarakat, maka kehidupan dalam negara tersebut sudah semakin baik dan kuat. 

Cara Mencapai Inklusi Keuangan

Inklusi keuangan adalah kesejahteraan miliki semua yang gunanya agar inklusif keuangan dapat berhasil dengan sempurna. Tentu saja harus ada upaya – upaya yang harus dilakukan, yaitu :

Pemetaan Informasi Keuangan

Langkah awal yang harus dilakukan dalam menjalan inklusif keuangan adalah dengan memetakan seluruh profil keuangan masyarakat. sebagai contoh : misal kan target inklusif adalah masyarakat pedagang atau UMKM. Lembaga yang bersangkutan harus memetakan keuangan , dan mengetahui seberapa jauh pengetahuan masyarakat tentang perencanaan keuangan dalam menjalankan usaha tersebut. 

  • Menyediakan Fasilitas Intermediasi dan Saluran Distribusi

Dalam menjalan inklusif keuangan, pemerintah harus menyediakan fasilitas intermediasi yang dapat berupa pengetahuan – pengetahuan mengenai perencanaan keuangan. Pemerintah harus menyediakan saluran distribusi yang dapat berupa layanan yang dapat membantu pendanaan atau layanan keuangan lainnya. 

  • Membuat Lembaga Inklusi Percontohan

Cara lain yang dapat digunakan pemerintah untuk meningkatkan inklusif keuangan adalah dengan membuat suatu lembaga yang dapat digunakan untuk membina dan dapat menerapkan inklusif keuangan secara menyeluruh. Upaya ini diharapkan dapat menjadi pedoman untuk lembaga lainnya . 

  • Meningkatkan Perlindungan Konsumen

Supaya inklusivitas keuangan mendapatkan hasil yang sempurna. Lembaga yang bersangkutan perlu meningkatkan perlindungan terhadap konsumen.  Upaya ini dapat berdampak baik dalam bidang perbankan karena akan meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap perbankan itu sendiri. Sehingan transaksi antara nasabah dan perbankan dapat berjalan dengan lancar. 

  • Memberikan Edukasi Keuangan 

Cara lain untuk mewujudkan inklusif keuangan adalah dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mengerti betapa pentingnya melakukan perencanaan keuangan untuk masa yang mendatang. Salah satu contoh nya adalah dengan cara mengedukasi kan ke sekolah sekolah yang ada di seluruh indonesia. 

  • Pemanfaatan Teknologi Keuangan

Pada zaman yang sudah maju ini, tentu saja teknologi teknologi yang tercipta sudah sangat canggih, teknologi inilah yang harus dimanfaatkan untuk mewujudkan inklusif keuangan yang baik  dan pada saat ini sudah banyak sekali sistem sistem yang sudah di perkenalkan antara lain adalah QRIS.

  • Berpartisipasi Mewujudkan Inklusi Keuangan

Semakin banyak pihak yang ikut berkontribusi untuk mewujudkan inklusif keuangan maka akan semakin besar pula keberhasilan yang akan tercapai. Upaya Apa Saja Yang Sudah Dilakukan?Hal yang paling penting dalam penjelasan ini adalah , apa saja yang sudah dilakukan pemerintah dalam mensukseskan inklusif keuangan ini ? Tentu saja pemerintah sudah melakukan langkah awal yang akan menjadi langkah langkah berikut nya untuk mensukseskan inklusif keuangan :

  • Terbentuk nya peraturan presiden nomor 82 tahun 2016 peraturan ini menjelaskan tentang strategis nasional keuangan inklusif yang bertujuan untuk memperluas akses masyarakat terhadap layanan jasa keuangan sehingga mampu mendorong pertumbuhan keuangan negeri . 
  • Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan lembaga lembaga terkait dan industri jasa keuangan sangat mendukung perkembangan inklusi keuangan ini.  Para lembaga keuangan dan  industri jasa keuangan pula turut serta mendorong kemajuan inklusif keuangan.

Dengan cara membantu memperluas akses keuangan, ketersediaan produk dan layanan jasa keuangan, sehingga membantu meningkat kualitas dan tingkat kesuksesan inklusif keuangan. Berdasarkan penjelasan di atas, bahwa inklusif keuangan adalah hal yang penting untuk dicapai dalam sebuah Negara. Dengan adanya inklusif keuangan ini masyarakat dapat dengan mudah untuk mengakses layanan perbankan walau berada di pelosok negeri sekali pun . Tentu saja inklusif keuangan ini tidak akan cepat tercapai jika kita sebagai masyarakat hanya duduk diam saja. Kita juga harus mengikuti apa yang pemerintah laksanakan agar tujuan kita dan tujuan bangsa kita yaitu kesejahteraan dapat terwujud dengan nyata.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Aug 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download