Inilah Manfaat Brokoli Bagi Tubuh

07 Sep 2021 by Laruan

Brokoli termasuk ke dalam  salah satu sayuran hijau dari keluarga kubis. Sayuran ini terkenal sebagai sayuran yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi tinggi yang baik untuk tubuh. Begitu banyak manfaat brokoli yang bisa kita rasakan.

Inilah Manfaat Brokoli Bagi Tubuh

Brokoli atau Brassica Oleracea merupakan sayuran yang memiliki kandungan nutrisi paling tinggi, terutama vitamin dan mineralnya. Selain nutrisi, brokoli juga mengandung gizi berupa fitonutrien yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Berbagai kandungan senyawa tersebut dapat kita rasakan manfaatnya saat kita rutin mengonsumsi brokoli dengan cara yang tepat dan takaran yang sesuai setiap harinya

Mengutip dari USDA, inilah beberapa kandungan yang terdapat dalam brokoli

  • Kalori : 34
  • Air : 89,3gr.
  • Karbohidrat : 6,64gr.
  • Serat : 2,6gr.
  • Kalsium : 47mg.
  • Kalium : 316 mg. 
  • Fosfor : 66mg.
  • Sodium : 33mg.
  • Beta karoten : 361 mcg. 
  • Vitamin C : 89,2mcg.
  • Vitamin A : 31mcg.
  • Vitamin K : 101,6mcg.

Sebagai sayuran yang mengandung gizi dan nutrisi yang tinggi, tentunya membuat brokoli memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh manusia, yaitu :

  1. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Karena brokoli mengandung beberapa gizi dan nutrisi seperti fitonutrien, vitamin, dan mineral yang berupa kalium dan selenium,  sehingga brokoli mampu berperan sebagai antioksidan dalam tubuh dan membantu metabolisme serta mencegah inflamasi pada tingkat sel tertentu yang merupakan fase awal dari perkembangan kanker. 

Bukan hanya itu, brokoli yang memiliki senyawa bioaktif bermanfaat untuk mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh penyakit kronis tertentu. 

Pada penelitian yang dilakukan tahun 2019, membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa indole-3-carbinol yaitu senyawa yang memiliki anti tumor sangat kuat. 

  1. Detoksifikasi Tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat pada brokoli dapat menetralkan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.  Anti oksidan ini juga dapat mengurangi peradangan. Jenis antioksidan yang terkandung dalam brokoli ini adalah sulforaphane, jenis ini memiliki manfaat yang sangat berguna bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah,  kadar kolesterol, stres oksidatif,  dan perkembangan penyakit kronis. Serta kandungan vitamin C yang dimiliki brokoli ini dapat mengurangi racun yang terkandung dalam darah. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan berbagai vitamin yang terdapat di dalamnya. Membuat brokoli menjadi salah satu sayuran yang dapat mencerahkan kulit dan membantu mengganti jaringan kulit yang rusak.  Serta kandungan fitonutrien nya pun dapat mencegah kerusakan kulit dari paparan sinar matahari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat berperan dalam mencegah atau mengobati kondisi kulit seperti herpes zoster dan kanker kulit. Selain itu, mengonsumsi secangkir brokoli cincang mampu memenuhi 135 persen kebutuhan harian tubuh vitamin C. Hal ini sangat berguna untuk merangsang produksi kolagen, menjadikan kulit kencang, lentur dan terlihat tampak muda.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat brokoli bagi tubuh adalah memiliki kandungan serat dan mineral yang terdapat dalam brokoli dapat melancarkan saluran pencernaan, sehingga mencegah terjadinya sembelit. Karena itu brokoli sangat baik untuk konsumsi. 

  1. Menjaga Kesehatan Mata
Inilah Manfaat Brokoli Bagi Tubuh

Manfaat brokoli selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan mata kita. Mata merupakan alat indera yang utama dilihat orang lain untuk mengundang interaksi. Maka dari itu, mata kita harus benar-benar terlihat segar dan tidak loyo.

Beta karoten yang terkandung dalam tubuh sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata. Karena saat masuk ke dalam tubuh, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A. Sehingga dapat menjaga kesehatan kulit, gigi dan meningkatkan penglihatan mata. Rutin mengkonsumsi brokoli dapat mencegah dan menurunkan risiko terjadinya katarak

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat brokoli yang begitu banyak karena memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan fitonutrien dalam brokoli dapat menjaga imunitas tubuh  serta mencegah tubuh terkena berbagai infeksi. 

Meski dalam bentuk suplemen, brokoli juga dapat membantu mengurangi gejala flu biasa dan mempersingkat waktu pilek berlangsung. Manfaat sayur brokoli bagi tubuh ini dapat dirasakan karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan vitamin, fosfor dan kalsium dalam brokoli sangat mudah diserap oleh tubuh, sehingga dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Serta mampu menjaga kesehatan gigi, dan menurunkan risiko sakit gigi dan penyakit mulut seperti periodontitis. 

Kalsium dan kolagen bekerja sama dalam pembentukan tulang yang kuat, sedangkan di dalam brokoli ada kandungan vitamin C yang dapat menghasilkan kolagen.  Jadi keduanya bisa didapatkan dari mengonsumsi brokoli.

Itulah beberapa manfaat brokoli yang sangat baik untuk tubuh kita. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, tubuh kita juga akan terasa sehat dan segar. Semoga bermanfaat.

  1. Menjaga kesehatan kandungan

Brokoli mengandung berbagai zat dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil terutama asam folat yang berfungsi untuk mencegah kecacatan pada bayi baru lahir. 

  1. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Kandungan mineral seperti kalium dalam brokoli dapat melancarkan peredaran darah, sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi.  Serta kandungan vitaminnya dapat menurunkan risiko aterosklerosis dengan mencegah produksi homosistein berlebih dalam pembuluh darah. 

  1. Mencegah anemia

Ketika tubuh mengalami kekurangan nutrisi maka akan menyebabkan anemia, karena itu mengonsumsi brokoli sangat dianjurkan bagi penderita anemia. 

  1. Mengurangi peradangan sendi

Kandungan nutrisi dalam brokoli dapat bersifat sebagai anti karsinogen, antiviral, dan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan pada sendi. Studi dilakukan pada hewan yang diberi diet tinggi sulforaphane. Kemudian hasil yang ditemukan adalah fakta bahwa risiko kerusakan tulang rawan dan sendi lebih rendah. Sulfur tersebut diduga menghambat enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.

  1. Menjaga kesehatan rambut

Brokoli mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk menutrisi kulit kepala dan rambut. 

Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat melindungi folikel rambut dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu kandungan nutrisi pada brokoli dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga  pertumbuhan rambut pun meningkat dan mengurangi kerontokan akibat kulit kepala yang kurang sehat

Itulah beberapa manfaat yang bisa di dapatkan oleh tubuh, jika kita mengonsumsi brokoli dengan cukup. Namun, bagaimana cara menyimpan brokoli yang benar agar manfaatnya tidak hilang ? Berikut adalah cara menyimpan dan memasak brokoli agar tidak menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

  • Pertama celupkan bagian atas brokoli pada air garam, kurang lebih selama 30 menit, untuk membunuh & merontokkan bakteri yang bersarang di sela-sela cangkang. Kemudian cuci kembali dengan air yang mengalir untuk memastikan agar brokoli bebas dari pestisida. 
  • Jika tidak ingin mengurangi kandungan nutrisi didalamnya, sebaiknya brokoli dikonsumsi dalam keadaan mentah atau disajikan sebagai salad,  menu ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk yang sedang menjalani program diet sehat. 
  • Jika harus dimasak, usahakan tidak merebus brokoli lebih dari 20 menit dan tidak menumisnya lebih dari 5 menit
  • Saat merebus brokoli, usahakan menggunakan api kecil atau sedang saja. Karena jika direbus dengan suhu tinggi, kandungan nutrisi dalam brokoli akan rusak atau hilang. 
  • Jika ingin menyimpan brokoli di dalam kulkas, terlebih dahulu brokoli harus dibersihkan seperti pada langkah awal. 

Itulah manfaat brokoli bagi tubuh. Tetap hidup sehat di masa pandemi bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan yang organik dan sehat seperti sayuran dan buah.Jika Anda membutuhkan pinjaman dana online yang terdaftar di OJK, gunakan produk pinjaman tunai dari Kredit Pintar dengan syarat dan proses pendaftaran yang mudah dan aman.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload