Tepung Maizena: Fungsi, Kegunaan, Manfaat, dan Harga

18 Oct 2023 by kreditpintar, Last edit: 19 Oct 2023

Tepung Maizena adalah salah satu bahan dasar yang digunakan untuk memasak berbagai makanan, seperti kue. Menariknya, harga tepung maizena jauh lebih murah daripada tepung serbaguna lain yang bisa ditemukan di minimarket terdekat.

Menariknya, tepung ini juga bisa digunakan sebagai pengganti telur yang sangat dibutuhkan saat memasak kue. 

Selain itu masih banyak fungsi dan manfaat yang diberikan oleh tepung ini. Untuk mengetahui lebih lengkap, mari simak penjelasan tentang apa itu tepung maizena, fungsi, manfaat, dan harga terbaru di tahun 2023 berikut ini.

Apa Itu Tepung Maizena?

Dilansir dari berbagai sumber, tepung maizena merupakan tepung yang dibuat dari endosperma biji jagung. Kandungan di dalam tepung maizena ini terdapat amilosa, amilopektin, dan komponen lain seperti protein dan lemak.

Sedangkan pati jagung sendiri memiliki rasa yang tidak manis dan sulit untuk larut di dalam air dingin, namun mudah larut seperti gel saat diberi air panas.

Bahan ini sering dijadikan bahan utama dalam pembuatan makanan seperti saus, sup, dan semur. Bahkan tak sedikit para koki yang mengandalkan tepung ini sebagai pengganti telur atau jenis tepung lainnya untuk menciptakan tekstur yang diinginkan sesuai resep tertentu.

Perbedaan Tepung Maizena dengan Tepung Tapioka

Secara sekilas, tepung maizena dengan tepung tapioka memiliki bentuk dan tekstur yang hampir sama. Namun kedua tepung ini memiliki fungsi yang sangat berbeda.

1. Bahan Baku

Perbedaan pertama terlihat dari bahan baku antara kedua tepung ini. Tepung maizena sendiri dibuat dari pati jagung, sedangkan tepung tapioka atau disebut kanji dibuat dari pati singkong.

2. Fungsi

Kedua tepung ini sama-sama digunakan untuk sebagai bahan pengental. Namun keduanya memiliki fungsi lain yang jarang diketahui banyak orang.

Fungsi tepung maizena hanya untuk sebagai pengental sedangkan tepung tapioka dapat membuat makanan menjadi kental dan lebih renyah.

3. Tekstur Akhir

Tekstur kedua tepung ini juga berbeda, bahkan Sobat Pintar dapat membedakannya dengan mudah melalui fisik akhirnya.

Hasil makanan yang dibuat dari tepung maizena akan membuat makanan terlihat lebih bertekstur dan lembut. Sedangkan tepung tapioka menghasilkan makanan yang lebih kenyal dan lengket.

4. Olahan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fungsi dan tekstur kedua olahan ini berbeda sehingga penggunaannya juga berbeda.

Tepung maizena lebih ideal digunakan untuk memasak kue-kue Eropa seperti Cookies. Sedangkan tepung tapioka lebih cocok untuk memasak kue khas Indonesia yang cenderung basah.

Fungsi dan Kegunaan Tepung Maizena

Setelah mengetahui perbedaan antara tepung maizena dengan tapioka, sekarang mari simak lebih dalam fungsi dan kegunaan tepung maizena dalam pembuatan kue.

1. Bahan Pengganti Telur

Untuk para vegan yang tidak mengonsumsi berbagai bahan baku berdasar hewani, tepung ini menjadi pilihan yang tepat untuk kalian.

Sebab tepung ini dapat digunakan sebagai pengganti telur yang berfungsi untuk mengentalkan adonan kue. Di lain sisi, tepung ini juga berguna saat Sobat Pintar tidak memiliki stok telur di rumah.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, pertama campurkan 1 sendok makan tepung maizena dengan 3 sendok air hangat. Lalu Sobat Pintar dapat menghasilkan adonan yang sama persis seperti adonan telur untuk membuat biskuit atau roti.

2. Dapat Dicampur Saat Tidak Punya Tepung Kue

Bahan dasar untuk membuat kue adalah menggunakan tepung kue. Jika Sobat Pintar tidak memilikinya, jangan khawatir. Sebab Sobat Pintar dapat mencampurkan tepung ini dengan tepung serbaguna dan baking powder untuk membuat tepung kue sendiri.

3. Mengentalkan Isian Kue, Terutama Pai Buah

Tahukah Sobat Pintar jika isian pai yang kental dan seperti gel itu bisa dibuat dari tepung maizena? Ya, kunci rahasia utama pembuatan pai buah memang dibuat dari tepung maizena.

Hal yang perlu dilakukan hanya memasak buah di dalam pai. Saat buah itu mengeluarkan jus, tambahkan sedikit tepung maizena untuk menciptakan tekstur bubur yang pekat.

4. Anti-Caking Agent

Tepung maizena juga berfungsi sebagai anti cake agent atau pencegah gumpalan makanan. Ini sangat penting dalam pembuatan kue-kue atau roti untuk menjaga kelembapan dan kondensasi.

5. Penurun Berat Badan

Fungsi terakhir tepung maizena yang terakhir dapat mengurang nafsu makan, membuat rasa kenyang, dan mengurangi asupan energi tubuh. Ini bisa dilakukan karena tepung maizena mengandung glikemik yang membuat proses pembuangan energi menjadi lambat.

6. Membersihkan Kotoran Minyak di Dinding

Apakah sekitar dinding dapur Sobat Pintar kotor karena percikan minyak? Jika iya, Sobat Pintar bisa membersihkan area yang kotor dengan tepung maizena.

Cara membersihkannya sangat mudah, Sobat Pintar hanya perlu mencampur tepung maizena dengan sedikit air di atas kain lembut. Setelah itu, gosok-gosok area yang kotor dengan menggunakan lap sampai bersih.

7. Membersihkan Perak

Peralatan masak biasanya terbuat dari material perak atau aluminum. Menariknya, Sobat Pintar dapat membersihkan peralatan masak itu dengan tepung maizena.

Caranya sangat mudah, Sobat Pintar hanya perlu membuat pasta dari tepung maizena. Setelah itu oleskan pasta maizena ke benda-benda yang berbahan perak dan tunggu hingga mengering. 

Setelah kering, gosok peralatan itu dengan kain lembut. Hasilnya, peralatan dapur akan menjadi lebih bersih dan warnanya kembali cerah.

8. Membuat Slime

Tepung maizena juga bisa digunakan untuk membuat mainan anak seperti slime. Cara membuatnya, Sobat Pintar dapat mencampurkan tepung ini dengan air, glitter, dan pewarna makanan saja.

Setelah jadi, adonan slime ini dapat disimpan di dalam wadah kedap udara atau kantong plastik supaya tetap bisa digunakan.

Manfaat Tepung Maizena 

Tepung maizena terbuat dari biji jagung sehingga kandungan nutrisinya sangat banyak. Tidak hanya itu, tepung ini kaya akan kalori, karbohidrat, protein, serat, vitamin, zat besi, kalsium, magnesium, dan selenium.

Berkat itu, tepung ini aman dikonsumsi oleh penderita intoleransi gluten. Selain itu, tepung maizena memiliki banyak manfaat lain seperti menambah energi, menurunkan berat badan, sampai mengendalikan hipoglikemia.

Meski tepung ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, Sobat Pintar tetap harus membatasi jumlah konsumsinya, terutama untuk mereka yang menderita diabetes.

Sebab tepung ini memiliki kadar indeks glikemik yang memicu peningkatan kadar gula di dalam darah. 

Berapa Harga Tepung Maizena?

Berikut adalah tabel harga tepung maizena yang dikutip dari marketplace online ternama di Indonesia.  Dari tabel ini Sobat Pintar dapat memperkirakan harga tepung maizena yang berlaku di minimarket seperti AlfaMart dan Indomaret.

MerekHarga
Maizenaku 100 gramRp5.900
Maizenaku 300 gramRp9.950
Maizenaku 1 kgRp18.500
Bola Deli Tepung Maizena 500 gramRp12.700
Bola Deli Tepung Maizena 1 kgRp20.720
Bola Deli Tepung Maizena 25 kgRp298.000
Mamasuka Tepung Maizena 150 gramRp3.819
Haan Maizena 150 gramRp6.900
Haan Maizena 400 gramRp15.000

Kesimpulan

Itulah seputar harga tepung maizena dan manfaatnya yang perlu Sobat Pintar ketahui. Jangan lupa untuk terus ikuti blog kami untuk mendapat informasi bermanfaat seperti ini. Jangan lupa juga untuk unduh aplikasi Kredit Pintar di Google Play Store, ya.

19 Oct 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download