Harga Sugar Glider Berdasarkan Jenisnya

26 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 25 Jul 2022

Sugar glider merupakan salah satu hewan pengerat sejenis hamster yang memiliki bentuk seperti tupai. Sugar glider memiliki nama ilmiah Petaurus Breviceps. Meskipun memiliki kemiripan seperti tupai, hewan mamalia ini merupakan hewan berkantung (marsupial) yang satu keluarga dengan koala dan kanguru. Sugar glider merupakan hewan pengerat yang berasal dari wilayah Papua dan Australia. Ini dia Harga Sugar Glider secara lengkap.

Harga Sugar Glider Berdasarkan Jenisnya

Dalam Bahasa Indonesia, sugar glider biasa dikenal dengan nama wupih sirsik. Nama sugar glider digunakan karena hewan ini mempunyai kebiasaan memakan makanan yang memiliki rasa manis. Selain itu, hewan ini juga memiliki tingkah laku yang cukup menggemaskan, yang mana membuat sugar glider kerap dijadikan salah satu hewan peliharaan oleh manusia. Bahkan, kini mulai banyak komunitas masyarakat pencinta sugar glider.

Harga sugar glider sangat beragam, mulai dari ratusan ribu sampai dengan puluhan juta. Harga sugar glider yang beragam tersebut disebabkan karena banyaknya jenis sugar glider yang memiliki karakteristik masing-masing.

Baca juga: Jenis Kelinci Peliharaan Beserta Harganya 

1. Sugar Glider Classic Grey

Jenis sugar glider ini merupakan salah satu jenis yang paling banyak dijadikan peliharaan oleh masyarakat. Hal tersebut karena jenis ini memiliki harga yang paling terjangkau dan tidak sulit untuk ditemukan.

Sugar glider classic grey ini memiliki ciri khas garis hitam dari ekor sampai kepala dan juga rambut yang berwarna abu-abu gelap atau terkadang cokelat. Jenis sugar glider ini paling banyak ditemukan di daerah Indonesia, khususnya Papua. 

Harga sugar glider ini berkisar antara 100-400 ribu rupiah. Meskipun begitu, sugar glider ini juga dapat mencapai harga yang cukup mahal, yaitu sekitar 4,5 sampai 9 juta.

Harga Sugar Glider Berdasarkan Jenisnya

2. Sugar Glider White Face

Sebagaimana namanya, sugar glider jenis ini memiliki ciri khas pada bulu sekitar wajahnya yang berwarna cerah, khususnya berwarna putih. Sugar glider white face juga memiliki lingkaran hitam di sekeliling matanya. 

Bentuk tubuh dari sugar glider white face sangat mirip dengan sugar glider jenis classic grey. Sugar glider white face ini juga memiliki ciri khas ramah dan jinak untuk dipelihara.

Meskipun memiliki cukup kesamaan dengan sugar glider classic grey, namun harga sugar glider white face ini cukup berbeda. Sugar glider white face dapat mencapai harga sekitar 800 ribu sampai dengan 1 juta rupiah. Untuk yang lebih mahal, sugar glider white face ini dapat mencapai harga 3 sampai 6 juta rupiah.

3. Sugar Glider White Tip

Sugar glider jenis ini memiliki banyak kemiripan dengan sugar glider classic grey. Mulai dari warna dan bentuk terdapat banyak kesamaan. Namun, yang menjadi ciri khas sugar glider jenis ini adalah terdapat rambut yang berwarna putih di ujung ekor yang juga dapat membentuk sebuah cincin di ekornya. 

Baca juga: Model Bonsai Serut Termahal Beserta Harganya

Oleh karena ciri khas tersebut, sugar glider jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan sugar glider classic grey, yaitu sekitar 2 hingga 3 juta rupiah. Untuk jenis yang lebih mahal dapat mencapai harga 5-8 juta rupiah.

4. Sugar Glider Albino

Sugar glider albino merupakan jenis sugar glider yang paling sulit ditemukan atau bisa dibilang paling langka. Sebagaimana namanya, sugar glider albino ini memiliki bulu dengan warna putih. Kelainan pigmen pada tubuh sugar glider albino ini juga membuat matanya berwarna merah.

Kelangkaan dan keunikan sugar glider albino ini membuatnya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar 8 sampai 10 juta rupiah. Bahkan karena kelangkaannya, sugar glider jenis ini pernah mencapai harga 15 juta rupiah.

Harga Sugar Glider Berdasarkan Jenisnya

5. Sugar Glider Leucistic

Sugar glider leucistic dapat dibilang hampir serupa dengan sugar glider albino, yang membedakan kedua jenis tersebut hanyalah pada warna matanya. Sugar glider leucistic memiliki mata dengan warna hitam. Sedangkan sugar glider albino yang memiliki kelainan pigmen memiliki mata berwarna merah.

Banyaknya kemiripan dengan sugar glider albino tersebut, membuat sugar glider leucistic juga dibanderol dengan harga yang tergolong tinggi, yaitu sekitar 7 hingga 16 juta rupiah.

6. Sugar Glider Mosaic

Sugar glider mosaic memiliki bentuk fisik yang serupa dengan perpaduan antara sugar glider white face dengan sugar glider leucistic. Sugar glider jenis ini memiliki warna dominan putih dan abu-abu cerah. 

Sugar glider mosaic juga kerap memiliki guratan atau corak berwarna abu-abu muda di bagian punggungnya. Sugar glider jenis ini juga kerap memiliki sebutan lain, yaitu powdered mosaic. 

Harga sugar glider jenis mosaic ini berkisar antara 5 sampai 8 juta rupiah. Bahkan untuk jenis yang lebih mahal dapat mencapai harga 30 juta rupiah.

7. Sugar Glider Black Beauty

Sebagaimana namanya, sugar glider black beauty ini memiliki warna hitam di sekujur tubuhnya. Meskipun didominasi oleh warna hitam, pada bagian tubuh sugar glider ini juga terdapat beberapa corak berwarna putih. 

Ciri khas warna sugar glider ini juga membuatnya tampak seperti arang gelap atau dark charcoal yang indah. Keunikan sugar glider jenis ini membuatnya dibanderol dengan harga yang tergolong mahal, yaitu kisaran 5 sampai 10 juta rupiah, bahkan ada yang bisa mencapai belasan juta.

8. Sugar Glider Black Face Black Beauty

Hampir serupa dengan jenis sugar glider sebelumnya, black face black beauty juga didominasi warna hitam pada sekujur tubuhnya. Sugar glider jenis ini memiliki ciri khas pada warna hitam di bagian wajahnya yang lebih gelap dan membuatnya warna di sekitar hidungnya tampak mencolok. Sugar glider black face black beauty juga memiliki lingkar mata yang kecil.

Serupa dengan sugar glider black beauty, jenis ini juga memiliki kisaran harga yang tergolong cukup mahal, yaitu 4 sampai dengan 8 juta. Bahkan, untuk jenis yang lebih mahal dapat mencapai harga 12 juta rupiah.

9. Sugar Glider Creamino

Sugar glider creamino memiliki warna krem pada tubuhnya dengan unsur kemerah-merahan. Kemudian juga terdapat garis punggung yang berwarna cokelat dan merah serta memiliki ciri khas pada matanya yang berwarna merah delima.

Jenis sugar glider yang memiliki kemiripan dengan sugar glider albino ini juga dibanderol dengan harga yang sangat tinggi, yaitu berkisar antara 5 sampai dengan 9 juta, bahkan dapat menyentuh harga 20 juta rupiah.

Baca juga: 5 Jenis Kura-kura Peliharaan dan Cara Merawatnya

10. Sugar Glider Caramel

Sugar glider jenis ini juga merupakan salah satu jenis yang banyak ditemukan di Indonesia, khususnya Merauke. Sesuai dengan namanya, sugar glider ini memiliki warna tubuh seperti caramel dengan putih kecoklatan. Jenis ini juga memiliki corak garis lurus dari ekor hingga kepalanya. Sugar glider jenis ini dibanderol dengan harga sekitar 5 jutaan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download