Model Bonsai Serut Termahal Beserta Harganya

05 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 05 Jul 2022

Bentuknya yang unik, banyak orang yang tertarik untuk menghias rumah dengan tanaman bonsai. Harganya memang tidak murah, bahkan ada bonsai serut termahal mencapai 5 miliar rupiah. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Sedang Populer Tahun 2022

Bonsai merupakan hasil perpaduan antara tanaman dan seni. Teknik seni pada tanaman ini identik dengan seni Jepang kuno untuk menumbuhkan miniatur hias untuk meniru bentuk pohon besar yang sudah tua. 

Asal Seni Bonsai Pada Tanaman

Meskipun terkenal dari Jepang, sebenarnya kesenian bonsai berasal dari China pada tahun 220 Masehi. Masyarakat China sendiri menyebut bonsai dengan Penjing sejak Dinasti Tang. 

Bermula dari kebiasaan tabib saling mengirim tanaman dalam pot, lalu muncul ide untuk membuat tanaman lebih indah dengan meniru binatang atau simbol tertentu. Tanaman bonsai akhirnya mulai menyebar ke negara lain, salah satunya Jepang.

Seni bonsai mulai berkembang di Jepang saat zaman Kamakura yang mengubah nama penjing menjadi bonkei. Pada zaman Edo seni tanaman bonsai semakin terkenal, bahkan hampir seluruh warga Jepang terlihat menanam tanaman dengan teknik ini.

Nama bonsai baru mulai digunakan pada Era Meji abad ke-19. Selain bentuknya yang unik, pohon bonsai dikenal memiliki nilai-nilai kehidupan dan kematian karena terdapat nilai sakral di dalamnya.

Bonsai Termahal Jenis Apa?

Cara membuat bonsai ternyata tidak mudah, perlu melewati proses pembibitan, pemupukan, pemotongan, dan perawatan hingga mendapatkan bentuk yang indah. 

Jangan heran, semakin unik bentuk bonsai dan usianya mencapai ratusan tahun, harga tanaman bonsai sangat mahal. Salah satu bonsai termahal di dunia dengan usia sekitar seribu tahun, Hiryu Flying Dragon.

Pohon bonsai ini pertama kali ditemukan oleh Naoki Itodi di pegunungan Itoigawa. Sayangnya, hingga saat ini pemilik tidak menjualnya, hanya saja pernah ditawar seharga 5 juta dollar Amerika atau senilai 74 miliar rupiah.

Di Indonesia sendiri, salah satu tanaman yang mudah ditemukan dan bisa dibuat bonsai adalah pohon serut. Tanaman ini memiliki karakter dapat menggugurkan daunnya pada musim kemarau.

Ternyata pohon serut yang sudah dibuat bonsai harganya juga cukup mahal. Penasaran bagaimana bentuk dan harga bonsai serut termahal di Indonesia? Simak selengkapnya disini.

7 Bonsai Serut Termahal di Indonesia

Pohon serut merupakan salah satu jenis tanaman meranggas. Tunas dari pohon ini sangat mudah dibentuk. Seperti pohon jati, saat musim kemarau pohon ini menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan.

Dikenal sebagai pohon bertuah, pohon serut memiliki aura dingin dan dianggap bermanfaat menangkal santet. Seperti pohon beringin, pohon serut juga dikenal mampu hidup dalam waktu lama hingga ratusan tahun. Itu lah sebabnya, bonsai serut banyak diminati pecinta tanaman hias.

Jika Sobat Pintar mencari tanaman hias, berikut ini ada rekomendasi 7 bonsai serut dengan lekukan bentuk yang indah. Jangan heran kalau harga bonsai serut termahal bisa mencapai jutaan rupiah ya!

Bonsai Serut Lanang

Sekilas pohon serut lanang mirip dengan pohon jerukan atau kaliage, sebab memiliki batang berduri. Perbedaannya terlihat pada batang serut lanang yang berwarna coklat, jadi jangan sampai terkecoh ya!

Harga bonsai serut lanang lebih murah dibandingkan jenis pohon serut lain, hanya berkisar 400 ribu hingga 1 juta rupiah. Sepertinya bonsai serut lanang ini cocok dipajang dalam rumah.

Bonsai Serut Jumbo

Pohon serat jumbo merupakan salah satu bonsai serut termahal dengan ukuran paling besar. Bonsai dengan ukuran besar ini cocok diletakkan di halaman rumah, batang yang sangat besar dengan ukuran daun kecil bisa membuat nuansa rumah lebih teduh.

Harga bonsai serta jumbo ukuran dewasa mencapai 1,2 juta rupiah, cukup tinggi juga harganya.

Bonsai Serut Rafting

Nama serut rafting diambil berdasarkan bentuk pahatannya. Rafting dari bonsai serut ini menggambarkan bagian batang tua dan tumbang ke tanah, lalu tumbuh kembali. 

Ternyata bentuk bonsai serut rafting banyak diminati pecinta seni dan tanaman. Pantas saja harga bonsai serut rafting mencapai 2,5 juta rupiah.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kompos yang Mudah dan Cepat

Bonsai Serut Penjing

Bonsai serut dengan gaya Penjing merupakan salah satu bentuk bonsai dengan gaya yang bisa dibentuk sesuai keinginan. Harga bonsai penjing juga variatif, beberapa memang lebih mahal karena memiliki nilai estetika tinggi.

Contohnya bonsai serut penjing dewasa yang sudah terlihat keunikan bentuknya, harganya bisa mencapai 3 juta rupiah.

Bonsai Serut Batu Karang

Salah satu primadona di Surabaya, bonsai jenis ini menggunakan batu karang sebagai media tanam. Bonsai batu karang memberikan kesan imajinasi pada pohon yang tumbuh di lereng, gua, puncak bukit, dan lembah terjal.

Tekstur batu karang memiliki kemampuan sebagai tempat merambatnya akar pohon. Selain itu, batu karang bisa menyimpan cadangan air ketika musim panas sehingga pohon serut yang ditanam bisa bertahan hidup. 

Meskipun terlihat akar pohon menyatu dengan baik dengan batu karang, sebenarnya cara melalui proses yang cukup sulit. Tidak heran harga bonsai serut baru karang bisa mencapai 3 juta rupiah.

Bonsai Serut Liar

Nama lain dari tanaman serut adalah Streblus Asper. Ciri-ciri pohon serut liar adalah warna batang pucat dan keras, ukuran daun kecil berwarna hijau dan bertekstur kasar, serta memiliki buah berwarna hijau.

Pohon serut liar bisa bertahan hidup hingga ratusan tahun, sehingga kalau memilih bonsai serut liar yang sudah dewasa harganya bisa mencapai 3,5 juta rupiah. Kalau ingin lebih murah, Sobat Pintar bisa beli bibit Streblus Asper dengan harga mulai dari 15rb rupiah.

Bonsai Serut Merah

Berbeda dengan pohon serut yang lain, tanaman ini memiliki daun berwarna merah dengan batang putih. Bentuk daunnya juga tampak lebih besar dan agak lonjong. Cantiknya perpaduan warna daun dan batang akan terlihat ketika bonsai serut merah sudah jadi dan besar.

Jika ingin membuat bonsai serut merah sendiri, Sobat Pintar bisa beli bibitnya dengan harga mulai 10 ribu rupiah saja. Kalau ingin bonsai langsung dipajang di rumah, harga bonsai serut merah dewasa mulai dari 3,5 juta sampai 5 juta rupiah.

Bagaimana Sobat Pintar? Ternyata pohon serut yang dijadikan bonsai tidak kalah cantik dengan deretan bonsai termahal di dunia. Meskipun harganya tidak sampai ratusan juta, bonsai serut juga membutuhkan perawatan yang baik.

Cara merawat bonsai serut sama seperti tanaman lain, yaitu memberikan nutrisi, memastikan kebutuhan sinar matahari, melakukan pemangkasan rutin, dan melindungi dari hama. Kalau sudah dirawat dengan baik, beli bonsai serut termahal pun tidak akan menyesal.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Telang di Rumah, Ikuti 12 Langkah Ini!

Sobat Pintar juga tidak akan menyesal jika mengajukan pinjaman untuk modal usaha melalui Kredit Pintar. Proses pengajuannya sangat mudah, aman dan cepat, tentunya sudah terdaftar resmi di OJK. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download