Harga PS5: Kelebihan dan Kekurangan

20 Jun 2023 by kreditpintar, Last edit: 20 Jun 2023

PlayStation 5 atau yang biasa kita singkat dengan sebutan PS5 termasuk salah satu produk baru dari Sony. PS5 tentunya menawarkan berbagai inovasi baru dibanding generasi PlayStation sebelumnya. PS5 mendapatkan hype tersendiri untuk para penggemar game, apalagi game konsol. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa perkembangan konsol tidak seperti smartphone dan juga PC yang selalu hadir setiap tahunnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas tuntas mengenai PS5 sampai dengan harga PS5.

harga ps5

Baca juga: Rekomendasi PS5 Games Terbaik Tahun 2022

Spesifikasi PS5

Apakah Anda sudah pernah cek harga PS5 di beberapa marketplace atau e-commerce? Harga PS5 yang ada di toko online dan toko offline bisa saja berbeda-beda. Yang pasti, jika berbicara mengenai PS5, pastinya akan berkaitan dengan versi yang sebelumnya. Berbagai game terbaru yang ditawarkan membuat para penggemarnya juga bertanya-tanya sensasi seperti apa yang akan mereka rasakan kali ini. Anda bisa merasakan sensasi bermain game yang lebih baik dan juga berbeda dengan game yang ada manapun. 

Sebelumnya, ketahui dulu tentang spesifikasi PS5 berikut ini.

  1. Hadir dengan menggunakan CPU dan GPU terbaru dari AMD
  2. GPU PS5 memiliki kemampuan untuk melakukan komputasi hingga 10,28 TFLOPs
  3. Clock speed processor AMD Zen 2 maksimal 3,5 GHz
  4. Memiliki media penyimpanan dari PS5 beralih ke SSD dengan memori sebesar 825GB
  5. Memori RAM PS5 yang lebih besar dua kali lebih dari PS4
  6. Resolusi gambar mencapai  milik PS5 saat ini 8K, 4K dengan refresh rate 120Hz dan juga audio 3D
  7. Optical Drive mencapai 4K UHD Blu-ray Drive
  8. Transmisi PS5 mencapai 5.5 GBps
  9. Konsol didukung dengan racing secara hardware
  10. Sudah didukung dengan Xbox series X.

Kelebihan PS5

Berikutnya adalah kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh PS5. Apa saja?

1. Grafik yang Lebih Mutakhir

Di tengah gempuran game yang memiliki visual yang memukau, Sony tidak berhenti berinovasi. Hal itu membuat Sony selaku penerbit PS5 menegaskan bahwa grafis yang mereka tawarkan lebih baik dari sebelumnya. 

PS5 dirancang dengan format 8k yang menjadikan game ini terlihat lebih nyata. Sensasi saat bermain game di PS5 yang terasa lebih mendekati dunia nyata hanya bisa dirasakan saat memainkan PS5.

2. Fitur Controller yang Lebih Canggih

Fitur yang terbaru ini bisa membuat para pengguna semakin merasakan game yang nyata. Fitur ini bisa membuat controller menjadi lebih responsif karena adanya feedback yang ditimbulkan.

3. Tanpa Loading

Dengan adanya SSD pada konsol PS5 ini, maka kenyamanan Anda saat bermain game semakin meningkat karena membuatnya menjadi lebih cepat dan tanpa ada loading. Bagaimanapun, loading saat main game adalah hal yang menyebalkan.

4. Fitur Ray Tracing yang Lebih Natural

Fitur ini adalah konten visual yang berguna untuk mengatur pencahayaan agar bisa terkesan lebih kuat dan juga lebih natural. Pencahayaan saat bermain game juga menjadi lebih imersif dari versi yang sebelumnya.

harga ps5

Baca juga: Inilah 6 Macam Online Board Games yang Seru

Kekurangan PS5

Setelah membahas tentang kelebihan, maka kita juga harus membahas tentang kekurangan. Apa saja kekurangan dari PS5?

1. Memiliki Ukuran yang Besar

Walaupun desain yang dirancang lebih bagus, namun dari segi ukuran ternyata banyak yang agak mengeluhkan. Beratnya begitu mengganggu karena terlalu besar dan terlalu berat.

2. Belum Banyak Game yang Rilis

Untuk PS5 sendiri memang konsol yang baru namun game yang dirilis masih sangat sedikit yang tersedia. Masalah seperti ini wajar seiring dengan waktu maka PS5 akan memiliki game yang lebih canggih juga.

Harga PS5 2023

Harga PS5 memang cenderung meroket sangat tinggi saat awal kemunculannya di Indonesia. Hal ini juga yang membuat sebagian orang mengurungkan niat untuk membeli konsol game ini. Pihak Sony memutuskan untuk menaikkan harga PS5 di berbagai negara di dunia karena faktor ekonomi global, khususnya karena inflasi tinggi. Awalnya harga PS5 Disc Version atau standar di Indonesia dihargai dengan harga Rp8.800.000, sedangkan untuk digital version dijual dengan harga eceran sebesar Rp7.300.000 di awal Januari 2021.

Berikut harga PS5 terbaru.

  1. PS5 Digital Version Rp8.199.000
  2. PS5 Disc Version atau standar Rp9.699.000
  3. Sony PlayStation 5 PS5 (Disc Version) Console Seri CFI-1218A01: Rp9.698.000
  4. PlayStation 5 PS5 Disc Edition Console God of War Ragnarok Bundle Garansi Resmi Sony Indonesia: Rp10.048.500
  5. PS5 DualSense Stick Wireless Controller Midnight Black Garansi Resmi Sony Indonesia: Rp1.249.000

Baca juga: 10+ Game Online Gratis untuk PC dan Smartphone

PS5 Versi Digital dan Versi Disc, Pilih yang Mana?

Baik PS5 versi Digital maupun versi Disc bisa menampilkan grafis yang sangat luar biasa memukau. Dari segi performa, keduanya bisa dikatakan sama persis. Lalu, apa yang menjadi pembeda? Hal yang menjadi perbedaan yaitu PS5 Digital hanya bisa main game secara digital. Sementara itu, untuk versi Disc bisa memainkan game versi Disc. SONY PS5 PlayStation 5 Disc Edition Garansi 1 tahun dibanderol dengan harga relatif lebih mahal. Sementara itu, ada juga PS5 Pro yang dikabarkan memiliki harga lebih mahal dari PS5 Digital dan Disc. Tapi belum bisa dipastikan tentang berapa harga jual yang tepat. 

Dilihat dari desain, memang PS5 Digital tampak lebih estetik dan memiliki bobot yang agak relatif lebih ringan, karena tidak dilengkapi dengan disc drive di dalamnya. Pada intinya, Anda bisa memilih keduanya karena tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Yang jelas, Anda harus membelinya di toko yang terpercaya dan memiliki garansi. Mengingat grafis PS5 yang begitu luar biasa bagus, maka TV atau monitor yang Anda digunakan untuk main game juga mempunyai spesifikasi tinggi. Salah satu persyaratan standar TV yang dapat dipakai untuk main PS5 yaitu resolusi 4K. 

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk selalu cek informasi terbaru mengenai konsol game ini supaya Anda tidak ketinggalan update-nya, ya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi oleh OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download