Hadiah Pernikahan yang Direkomendasikan

05 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 04 Jan 2022

Setiap orang pasti ingin memberikan suatu kejutan ketika terjadi sesuatu hal baik pada temannya seperti hadiah pernikahan. Pernikahan adalah salah satu kejadian yang paling berharga dalam hidup seseorang. Untuk merayakannya, pengantin baru akan mengadakan resepsi pernikahan.

Hadiah Pernikahan yang Direkomendasikan untuk Pengantin Baru

Ketika persepsi dilakukan seluruh kerabat, saudara dan teman pasti diundang untuk ikut ambil bagian dalam perayaan tersebut. Namun disisi lain ketika resepsi sedang berlangsung, teman dan saudara bisa datang dengan membawa hadiah untuk merayakan pernikahan tersebut.

Hadiah yang dibawa tentu bisa beraneka ragam jenisnya karena ada banyak opsi pilihan. Bahkan teman sekalipun bisa saja membawa hadiah yang sedikit nyeleneh untuk memberi kejutan. Jika dilihat dari budayanya, setiap daerah di Indonesia memiliki kultur yang berbeda-beda.

Kondisi ini menyebabkan perayaan di setiap daerah berbeda dan hadiah yang diberikan juga bisa berbeda. Sebagai contoh pernikahan dengan adat Jawa maka hadiah yang diberikan harus sopan. Meski begitu, setiap kultur pasti menginginkan hadiahnya baik dan sopan agar pengantin senang.

Saat ini pernikahan sudah bisa diselenggarakan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah gaya pernikahan modern di gedung atau sewa tempat. Biasanya pernikahan gaya modern memberi waktu untuk tamu undangan memberikan hadiahnya ketika ingin memasuki ruang resepsi.

Baca juga: Mau Tukar Kado? Ini 5 Ide Hadiah Tukar Kado di Bawah 100

Beberapa Hadiah Pernikahan Terpopuler

Bagi Anda yang bingung untuk memilih kado pernikahan, kami memiliki data hadiah terpopuler. Kepopuleran tersebut dikarenakan barangnya umum digunakan sebagai hadiah untuk pengantin. Berikut ini beberapa hadiah yang biasanya digunakan untuk hari spesial pernikahan.

  1. Sprei dan Bed Cover

Barang pertama yang sering digunakan sebagai hadiah pengantin adalah sprei dan bed cover. Kedua barang ini sering dipilih karena pengantin baru membutuhkannya. Biasanya dalam satu hari resepsi, ada satu orang lebih yang membawa hadiah ini ke pasangan pengantin baru.

  1. Rice Cooker

Penanak nasi atau Rice Cooker juga sering digunakan sebagai kado pernikahan. Pemilihan rice cooker dikarenakan pengantin butuh alat penanak nasi untuk kehidupan baru. Jadi dari sisi rumah tangga, pasangan akan diuntungkan dengan hadiah yang diberikan.

  1. Peralatan Makan

Hadiah pernikahan terpopuler lainnya adalah peralatan untuk makan seperti sendok, garpu, pisau kecil, sumpit dan peralatan lainnya. Dengan menghadiahkan barang-barang ini, rumah menjadi lebih hidup karena adanya peralatan yang sudah lengkap.

Hadiah Pernikahan yang Direkomendasikan untuk Pengantin Baru
  1. Peralatan Masak dan Dapur

Selain alat makan, Anda juga bisa menghadiahkan teman atau saudara dengan satu set peralatan masak di dapur. Fungsinya untuk memudahkan pengantin baru memasak dan hal itu menjadi alasan utama mengapa barang ini sering dipilih sebagai kado pernikahan.

  1. Voucher Menginap di Hotel

Pengantin baru pada dasarnya membutuhkan waktu untuk berbulan madu. Selain itu, voucher menginap juga dapat digunakan untuk merelaksasikan tubuh setelah melalui hari pernikahan yang panjang. Manfaatnya yang positif menyebabkan voucher banyak dipilih sebagai kado.

Hadiah Pernikahan yang Direkomendasikan untuk Pengantin Baru
  1. Perlengkapan Mandi

Barang lain yang bisa Anda pilih sebagai kado pernikahan adalah peralatan mandi. Biasanya peralatan mandi berupa handuk atau sabun dan sampo ternama. Tentu saja perlengkapan mandi sangat bermanfaat untuk pasangan baru ke depannya.

Cara Mudah Memilih Hadiah Pernikahan

Dari beberapa hadiah di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa pemilihan hadiah yang tepat adalah barang berguna untuk pengantin baru. Dengan memilih barang yang berguna, pengantin baru bisa menjalani kehidupan barunya dengan lebih mudah karena hadiah-hadiah tersebut.

Di sisi lain kita sebagai teman atau saudara juga harus melihat gaya hidup pengantin tersebut. Jika pemilihan kadonya tidak sesuai, maka pengantin bisa saja menyia-nyiakan pemberian itu. Biasanya teman lebih paham mengenai gaya hidup temannya sebelum melakukan pernikahan.

Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk memilih kado terbaik dengan menyesuaikan gaya hidupnya. Seperti anak motor yang suka bepergian, Anda bisa memberinya hadiah pernikahan berupa helm atau jaket kulit. Kedua hadiah sesuai dengan gaya hidup dan bisa bermanfaat untuk kedepannya.

Selain gaya hidup, ada juga hobi yang perlu dipertimbangkan untuk opsi pemilihan kado. Biasanya hobi bisa digunakan untuk memilih kado pernikahan. Contoh hobi yang bisa dipertimbangkan adalah bermain game, melukis, menulis buku novel atau membuat film sinematik.

Dari keempat hobi tersebut, Anda bisa ambil contoh gamers atau pemain game. Pemilihan kado yang bisa Anda jadikan opsi adalah peralatan gaming seperti konsol atau gadget. Anda harus bisa menyesuaikan kebutuhan teman agar hadiahnya semakin bermanfaat untuk kedepannya.

Baca juga: Memberi Hadiah Ulang Tahun Sesuai Budget? Ini Triknya!

Memilih Hadiah Pernikahan yang Unik

Pada dasarnya hobi dan gaya hidup memberikan Anda opsi untuk memilih banyak barang. Jika Anda serius untuk memilihnya, maka kado unik bisa saja dipilih sebagai bentuk hadiah. Berikut ini kami akan berikan beberapa contoh hadiah unik yang sering dipilih untuk pengantin baru.

  1. Furniture Rumahan

Salah satu barang unik yang bisa dipilih adalah furnitur rumah seperti barang anyaman atau karya seni. Furnitur biasanya diberikan untuk menghiasi rumah pengantin baru. Tidak hanya itu, furniture juga bagus untuk mengharmoniskan suasana rumah tangga baru.

  1. Voucher Liburan

Jika voucher inap hotel terlihat umum, Anda bisa menggunakan opsi lain yaitu dengan memilih voucher liburan. Voucher liburan adalah salah satu pilihan terbaik karena bisa membantu kedua pengantin untuk merasakan bulan madu di tempat-tempat wisata yang bagus.

  1. Barang Elektronik

Hadiah unik yang jarang ditemui lainnya adalah barang elektronik. Anda bisa memilih hadiah pernikahan dengan menyesuaikan kebutuhan barang elektronik pengantin baru. Contoh dari barang elektronik terpopuler adalah TV, lampu tidur, mesin pembuat Kopi dan gadget.

  1. Baju dan Perlengkapan Couple

Jika barang elektronik terlalu mahal, Anda bisa menggunakan opsi kado lainnya seperti baju dan perlengkapan couple. Perlengkapan ini biasanya memiliki ciri-ciri persamaan desain dan bentuk. Jadi, kedua pasangan terlihat lebih romantis jika menggunakan baju couple.

  1. Pajangan atau Dekorasi

Selain furnitur, ada juga pilihan lain yang bisa Anda gunakan seperti pajangan dan dekorasi dinding. Opsi ini lebih bagus jika pengantin baru menyukai suasana yang estetik. Dengan kado pernikahan ini, rumah pengantin menjadi hidup dan tampak nyaman untuk dihuni.

Baca juga: Rekomendasi Hadiah Ultah untuk Cewek yang Mengesankan

Memilih dan Membeli Hadiah Pernikahan Bersama

Ketika teman kumpul atau nongkrong bersama melaksanakan pernikahan, Anda bisa melakukan patungan untuk membeli hadiah nikah. Tentu saja tongkrongan adalah salah satu faktor yang membuat hari pernikahan terasa lebih hidup dan menyenangkan.

Patungan dilakukan untuk membeli hadiah pernikahan terbaik untuk teman yang menikah. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan tempat dan suasana tongkrongan. Jika suasananya seperti anak motor, maka membelikan hadiah pengantin dengan helm adalah pilihan terbaik.

Apalagi jika dibelikan helm termahal dan berkualitas, pasti teman Anda akan merasa senang saat mendapatkan hadiah tersebut. Patungan bisa dilakukan untuk membeli helm tersebut bersama sama. Meskipun harganya mahal, hal itu bisa disesuaikan dengan budget masing-masing.

Melakukan patungan juga tidak hanya untuk teman tongkrongan saja. Teman di sekolah, teman kerja atau saudara satu generasi juga bisa melakukan patungan untuk membeli obat. Dengan cara ini, kebersamaan menjadi terjalin dan pengantin baru menjadi senang dengan hadiahnya.

Hal ini juga yang menyebabkan hari pernikahan menjadi lebih bermakna. Dengan berkumpulnya teman dan saudara, kita menjadi lebih dekat karena pertemuan tersebut. Hadiah pernikahan juga menjadi lebih berharga, jika diberikan oleh orang-orang terbaik dalam hidupnya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download