Jenis Profesi dan Rincian Gaji Akuntan di Indonesia

11 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 14 Jul 2022

Bidang ilmu akuntansi ternyata menjanjikan prospek pekerjaan yang sangat luas termasuk menjadi seorang akuntan. Pekerjaan akuntan sendiri tidak hanya terbatas pada satu profesi saja. Melainkan ada banyak macam profesi akuntan dengan tugas berbeda serta gaji yang berbeda pula. Lalu, kira-kira berapakah rata-rata gaji akuntan di Indonesia? Berikut jawaban selengkapnya.  

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\5\Mengenal Jenis Profesi Akuntan dan Rincian Gaji Akuntan di Indonesia.jpg

Baca juga: Inilah Rumus Persamaan Dasar Akuntansi yang Benar 

Gaji Akuntan Publik

Salah satu profesi akuntan yang cukup populer di Indonesia adalah akuntan publik. Profesi satu ini umumnya sudah mendapatkan izin dari negara untuk bekerja sebagai akuntan swasta secara independen. Seorang akuntan publik diwajibkan untuk menjadi anggotan asosiasi profesi IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia). 

Tugas-tugas yang dilakukan oleh para akuntan publik adalah menganalisis laporan keuangan, audit pajak, audit laporan keuangan, dan lainnya. Gaji akuntan publik di tahun-tahun pertama umumnya dalam kisaran 5-10 juta. Gaji tersebut tentu bisa berpeluang semakin meningkat dengan bertambahnya pengalaman dari akuntan tersebut.

Profesi satu ini juga dinilai memiliki prospek yang baik ke depannya. Apalagi jasa akuntan memang akan selalu dibutuhkan di kondisi apa pun. Dengan pertumbuhan ekonomi makro dan lingkungan bisnis yang terus stabil, karier para akuntan publik juga akan tumbuh secara positif.  

Gaji Seorang Akuntan Pajak

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\5\Gaji Seorang Akuntan Pajak.jpg

Selain profesi akuntan publik, ada pula profesi akuntan pajak yang memiliki tugas untuk mengurus dan menghitung nilai pajak perusahaan serta menentukan strategi perpajakan yang benar. Akuntan pajak juga mempunyai tanggung jawab untuk memberikan saran kepada manajemen perusahaan supaya tetap patuh dengan aturan akuntansi pajak. 

Dengan tugas tersebut, kisaran gaji akuntan pajak di Indonesia adalah 4 juta per bulannya. Untuk menjadi seorang akuntan pajak setidaknya kamu harus menempuh pendidikan akuntansi strata satu. Disamping itu, beberapa perusahaan juga kerap mensyaratkan seorang akuntan pajak untuk memiliki CPA atau Certificate Public Accountant

Baca juga: Cara Menjadi Dokter dan Kisaran Gaji Dokter Spesialis | Kredit Pintar 

Prospek kerja dari akuntan pajak sebenarnya tidak hanya terbatas di perusahaan swasta saja. Melainkan juga bisa di lembaga pemerintahan termasuk dinas keuangan daerah dan bea cukai. Sehingga bisa dibilang profesi ini cukup menjanjikan kedepannya. 

Gaji Akuntan Terdaftar (Chartered Accountant)

Menjadi akuntan terdaftar atau chartered accountant mengharuskan seorang akuntan tersebut untuk memiliki sertifikasi. Namun, tidak seperti akuntan publik dan pajak, chartered accountant memiliki fokus pekerjaan pada audit dan konsultasi. Disamping itu, chartered accountant juga diharuskan untuk bekerja dengan auditor internal untuk menyelesaikan audit internal dan menilai kesehatan keuangan perusahaan.

Lebih lanjut lagi, profesi ini umumnya juga memiliki spesialisasi dalam akuntansi manajemen dan mengawasi pekerjaan seluruh departemen akuntansi. Bahkan, ada pula chartered accountant yang punya spesialisasi di bidang forensik. Mereka secara khusus bertugas mencegah penipuan dan penyimpangan keuangan di bidang tersebut. 

Dengan spesialisasi yang beragam dan tugas yang tidak mudah tersebut, gaji akuntan terdaftar atau chartered accountant bisa mencapai 6-8 juta rupiah. Saat pengalaman mereka sudah mencapai lebih dari lima tahun, gaji para akuntan ini bisa jadi meningkat menjadi 8-10 juta. 

Gaji Auditor

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\5\Gaji Auditor.jpg

Sumber gambar: Pixabay from Pexels

Auditor menjadi salah satu profesi untuk lulusan akuntansi yang banyak diminati. Secara umum, auditor memiliki tugas untuk mengaudit laporan keuangan dan kegiatan dari suatu perusahaan, organisasi, maupun institusi. Para auditor akan berperan dalam memeriksa catatan keuangan guna menguji apakah catatan tersebut valid. 

Peran tersebut dinilai sangat penting untuk menghindarkan perusahaan atau lembaga dari masalah hukum dan keuangan di masa mendatang. Selain memeriksa catatan keuangan, auditor juga kerap melakukan pengawasan dan evaluasi. Profesi auditor sendiri terbagi menjadi dua yaitu auditor internal dan auditor eksternal. 

Baca juga: Kenalan dengan Pengertian Dana Pensiun, Fungsi! | Kredit Pintar 

Auditor internal bekerja untuk perusahaan, sedangkan auditor eksternal bekerja untuk perusahaan yang menyediakan jasa audit independen. Meskipun kedua profesi ini nampak berbeda, tetapi tugas mereka sangatlah serupa yakni memastikan jika laporan keuangan sudah sesuai dengan standar akuntansi yang tepat. 

Profesi satu ini diperkirakan akan terus dibutuhkan mengingat tugasnya yang memang sangat krusial. Nah, dengan tugas dan beban kerja tersebut, diketahui gaji akuntan untuk profesi auditor ini berkisar antara Rp7-10 juta untuk auditor internal dan Rp5-7 juta untuk auditor eksternal. 

Gaji Penasihat Keuangan Perusahaan

Jika beberapa profesi sebelumnya lebih banyak berhubungan dengan laporan dan catatan keuangan, profesi satu ini lebih berfokus pada konsultasi keuangan. Seorang akuntan juga bisa menjadi penasihat keuangan perusahaan. Menjadi seorang penasihat berarti mengharuskan kamu untuk memberikan saran kepada perusahaan bagaimana cara mengelola dan mungkin meningkatkan pemasukan mereka. 

Penasihat keuangan juga terbagi menjadi dua yaitu penasihat keuangan independen dan penasihat terbatas. Penasihat keuangan independen akan meneliti produk dan pemasok investasi ritel untuk kebutuhan perusahaan. Lalu, dalam memberikan nasehatnya, mereka tidak diperkenankan berlaku bias. 

Sementara itu, penasihat keuangan terbatas hanya memberikan saran terkait dengan niche, rentang produk, dan penyedia tertentu. Terlepas dari pembagian jenis profesi penasihat keuangan perusahaan, pekerjaan mereka akan mencakup peninjauan situasi keuangan perusahaan dan menjelaskan analisis risiko kepada mereka. 

Penasihat keuangan juga diharuskan ikut merancang strategi keuangan sesuai dengan hasil analisa mereka. Dengan rangkaian pekerjaan dan tugas tersebut, gaji akuntan untuk penasihat keuangan berkisar antara 5-7 juta per bulan. Gaji tersebut berlaku untuk para pemula atau fresh graduate. Sementara itu, untuk yang berpengalaman bisa berpeluang mendapat gaji hingga Rp10 juta. 

Baca juga: Ini Tabel Menabung 20 Juta Setahun ! Ini Lengkapnya | Kredit Pintar 

Gaji Analis Investasi

Pekerjaan satu ini mungkin masih belum banyak dilirik oleh kebanyakan lulusan akuntansi. Padahal pekerjaan ini juga punya peluang yang sangat besar. Analis investasi bekerja dengan berbagai klien mulai dari bank, perusahaan, maupun individu untuk memberikan wawasan mengenai tren ekonomi. Kemudian, mereka juga akan mengevaluasi potensi keuntungan dari investasi yang dilakukan oleh kliennya. 

Terkait dengan tugas tersebut, analis investasi juga akan menilai laba, rugi, arus kas, dan neraca. Para analis diharuskan untuk tetap update dengan perkembangan pasar dan pergerakan ekonomi. Di awal masa karier mereka, analis investasi berpeluang mendapat gaji hingga Rp4 juta per bulannya. 

Lalu, dengan pengalaman yang bertambah lima hingga delapan tahun, gaji akuntan analis investasi bisa meningkat sebesar Rp7-8 juta per bulan. Bahkan, di tingkat senior, gaji analis bisa menembus angka 10 juta. 

Gaji Analis Kredit

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\5\Gaji Analis Kredit.jpg

Profesi analis kredit juga masih jarang diperbincangkan. Profesi satu ini biasanya dibutuhkan oleh institusi keuangan seperti perbankan. Tugas utama dari analis kredit adalah menganalisa kemampuan dari calon pencari kredit untuk membayar pokok dan bunga cicilan kredit.

Untuk menjadi seorang analis kredit, dibutuhkan pendidikan setidaknya S1 Akuntansi atau S1 Manajemen dengan konsentrasi keuangan. Meskipun tidak begitu sering dibicarakan, profesi ini punya prospek karier yang bagus. Terlebih saat sekarang ini daya beli masyarakat semakin meningkat dan bisnis pembiayaan juga semakin bertambah dan bertumbuh. 

Terkait dengan kisaran gajinya, seorang analis kredit diperkirakan memperoleh gaji sekitar 5-7 juta per bulan. Gaji ini berlaku untuk tahun-tahun pertama masa kerja mereka. Jika pengalaman bertambah, besar kemungkinan nominal gaji juga akan bertambah.

Baca juga: Daftar Belanja Bulanan dan Strateginya Biar Hemat | Kredit Pintar 

Nah, itulah seluruh rincian gaji akuntan mulai dari akuntan publik hingga analis kredit. Semua profesi di atas dinilai masih memiliki prospek yang baik di beberapa tahun ke depan. Sehingga bisa menjadi pilihan profesi yang baik untuk para lulusan akuntansi.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download