Enak Banget! Resep Menu Buka Puasa Praktis Dibuat

15 Apr 2021 by Laruan
menu buka puasa

Tidak terasa Bulan Ramadhan sudah datang. Aktivitas seperti menyiapkan menu buka puasa pasti lebih seru dengan menu yang bervariasi. Setelah seharian berpuasa, menu-menu yang sehat dan lezat pasti membuat tubuh lebih segar.

Sayangnya, masih banyak orang yang kekurangan waktu untuk menyiapkan menu buka puasa yang bergizi dan menggugah selera karena terlalu sibuk dalam pekerjaan.

Namun, kini Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa ide menu buka puasa yang praktis dan sederhana tapi nikmat! Apa saja?

1.    Rolade Tahu Telur

Menu yang pertama sangat simple dan tidak membutuhkan waktu berjam-jam untuk dimasak. Bahannya juga mudah didapat dengan bumbu dapur yang pasti Anda punya.

Bahan :

  • 4 kotak kecil tahu kuning
  • 2 butir putih telur
  • 2 butir telur
  • 1 batang wortel
  • Bawang merah dan putih halus
  • Daun seledri

Bumbu:

  • 1 siung bawang putih
  • Merica dan garam
  • Saus sambal

Cara membuatnya cukup mudah. Cukup haluskan tahu dan campurkan dengan bumbu. Setelah tercampur, masukkan putih telur, bawang merah, bawang putih, serta daun seledri lalu aduk hingga rata.

Buatlah kulit dari 2 telur dadar dan masukkan adonan ke atas kulit. Gulung kulit lalu kukus hingga 30 menit. Setelah matang, angkat dan potong agar mudah disantap. Cukup simple, bukan?

2.    Salad Buah

Salad buah tidak pernah gagal dalam membuat tubuh lebih segar. Tak hanya menyehatkan karena banyak kandungan vitamin, salad buah juga membantu menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan energi dalam tubuh.

Anda bisa membuat salad buah dengan berbagai buah kesukaan Anda, seperti stroberi, nanas, buah naga, semangka, mangga dan kiwi. Tambahkan yogurt atau madu sebagai dressing sehat.

3.    Kolak Pisang Ubi

Kolak juga termasuk salah satu takjil yang wajib ada selama bulan Ramadhan. Anda bisa membuat kolak sendiri di rumah dengan beberapa bahan simple yang mudah dicari.

Bahan :

  • 300 gram ubi kuning
  • 2 buah pisang
  • Santan kelapa
  • 300 gram gula merah
  • 2 helai daun pandan

Sebelum merebus ubi, kupas dulu dan potong agar lebih cepat matang. Tambahkan gula merah dan daun pandan saat merebus ubi. Setelah itu, tambahkan potongan pisang dan didihkan hingga kedua bahan melunak. Setelah itu, tambahkan santan. Tunggu hingga suhunya turun dan kolak pisang ubi siap dinikmati.

4.    Sate Telur Gulung

Bila membuat sate daging terlalu ribet bagi Anda, kenapa tidak menggantinya dengan telur saja? Telur mengandung banyak protein dan bisa menjadi alternatif murah untuk daging.

Cukup kocok telur dengan tambahan garam, lada, dan kaldu bubuk secukupnya. Tambahkan 1 sdm tepung maizena yang telah dilarutkan dengan 50 ml air.

Siapkan minyak panas dan tuang telur sedikit demi sedikit. Gulung telur dengan tusukan sate dan lakukan hingga adonan habis. Lebih enak lagi bila disajikan dengan saus pedas.

5.    Roti Bakar

Roti bakar tergolong menu sehat yang praktis dan sederhana. Bisa sebagai hidangan manis dan juga asin. Untuk hidangan manis, Anda bisa kombinasikan buah-buahan dan selai kesukaan Anda sebagai topping. Sedangkan untuk hidangan asin, kombinasikan irisan daging, telur, dan lelehan keju yang menggiurkan. Menu ini juga cukup mengenyangkan, lho!

Itulah beberapa ide menu buka puasa yang harus Anda coba di bulan Ramadhan tahun ini. Kredit Pintar, platform pinjaman langsung cair akan memberikan banyak sekali ide-ide dan informasi lainnya untuk Anda. Jadi, jangan lupa, ikuti terus update artikel-artikel Kredit Pintar spesial berikutnya, ya!

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload