Downgrade Andromax A untuk Apa dan Bagaimana Caranya?

29 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 04 Jul 2022

Downgrade Andromax A merupakan salah satu solusi untuk Anda yang hendak membuka smartphone ini. Proses downgrade sendiri pada ponsel sering digunakan untuk melakukan oprek.

Karena dengan melakukan downgrade, pengguna dapat melakukan root dan pasang TWRP. Namun alasan paling banyak dari pengguna Andromax A ketika melakukan downgrade adalah karena ingin memakai jaringan GSM lain.

Pasalnya ponsel Android milik Andromax ini hanya dapat disetel untuk SIM Smartfren saja. Namun berbagai cara memang pengguna lakukan agar poselnya bisa dipakai untuk SIM card jenis lain.

Nah, salah satu langkahnya adalah dengan melakukan downgrade Andromax A. Secara umum Anda sudah mengetahui sekilas tentang tujuan dari melakukan downgrade pada ponsel.

Ulasan berikut akan membahas secara lebih lengkap tentang proses downgrade serta informasi terkait lainnya pada ponsel Andromax A, yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga: 6 Rekomendasi Helm Full Face Murah Terbaik

Apa Itu Downgrade?

Downgrade merupakan istilah yang menunjukkan penurunan. Kalau dalam konteks sistem di dalam smartphone itu tandanya adalah penurunan versi. Jadi misalnya Anda memiliki ponsel smartphone Andromax A dengan firmware versi 4.3.

Kemudian karena berbagai alasan tertentu utamanya untuk melakukan oprek ponsel, maka harus dilakukan downgrade atau penurunan ke versi bawahnya yakni 3.5.

Setelah downgrade dilakukan, maka Anda bisa melakukan hal-hal lain seperti root dan pasang TWRP. Untuk ponsel Andromax A alasan utamanya dilakukan downgrade seringkali karena ingin bisa memasang GSM di perangkat tersebut.

Mengingat setelan pabrik Andromax A hanya bisa dipakaikan kartu Smartfren saja. Belum lagi prosedur, aturan, dan harga paket yang harus mengikuti aturan pihak provider.

Karena yang bisa digunakan untuk unlock all GSM adalah versi 3.5, maka pengguna dengan versi 4.3 sampai V5.6 perlu melakukan downgrade terlebih dahulu.

Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Downgrade Andromax A

Banyak alasan kenapa seseorang melakukan downgrade pada perangkatnya Andromax A. Tidak lain ialah proses downgrade memiliki beberapa kelebihan yang dapat dimanfaatkan sebagaimana berikut ini.

  1. Dapat membantu mempermudah dalam memasang TWRP/CWM;
  2. Bisa melakukan root;
  3. Bisa pasang aplikasi pihak ketiga;
  4. Melakukan penggantian ROM sesuai keinginan;
  5. Ponsel Andromax A bisa menjadi jaringan 4G untuk semua jenis GSM;
  6. Masih banyak lagi beberapa manfaat lain ketika melakukan oprek ponsel.

Meski memberikan beberapa kelebihan, namun proses downgrade juga memiliki sisi kekurangan. Jadi perhitungkan hal ini sebelum memutuskan untuk melakukan downgrade ponsel Andromax A.

  1. Proses yang tidak disukai oleh pihak provider Smartfren;
  2. Menghilangkan garansi jika sudah mengganti ROM, melakukan rooting, dan juga pasang TWRP.

Apabila keputusan tersebut sudah dipertimbangkan, maka bisa melakukan proses downgrade pada ponsel dan siap menerima apapun risikonya.

Proses Cek Firmware

Agar bisa tahu versi firmware yang ada pada perangkat Andromax A milik Anda, maka bisa melihatnya langsung pada bagian casing belakang di bagian bawah baterai.

Cara lainnya adalah dengan masuk ke menu ‘Pengaturan’ atau ‘Setelan’. Kemudian silakan masuk ke bagian ‘Pembaharuan’ dan akan muncul versi firmware yang terpasang pada perangkat.

Baca juga: Spesifikasi Xiaomi Redmi 10A dan Harga

Cara Downgrade Andromax A – A16C3h Tanpa Memakai PC

Apakah proses downgrade bisa tanpa memakai PC? Jawabannya bisa saja, namun sebelumnya cek dahulu jenis firmware pada perangkat milik Anda.

Setelahnya siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan downgrade. Anda bisa mencarinya di berbagai situs internet terkait file firmware Andromax A untuk versi 3.5.

Download file tersebut dan pastikan menyimpannya pada memori eksternal ponsel. Peletakannya bebas, asalkan mudah diingat saja. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pasang aplikasi Quick Shortcut Maker di ponsel Anda, jika tidak ada lakukan pengunduhan pada Google Play Store;
  2. Setelah terpasang, maka buka atau jalankan aplikasi Quick Shortcut Maker tersebut;
  3. Pada halaman awal scroll ke bawah sampai menemukan pilihan ‘Pembaruan Sistem’ yang di bawahnya ada pilihan ‘com.smartfren.fota’ maka silahkan di klik;
  4. Setelah muncul tampilan berikutnya pilih bagian ‘Pembaruan Sistem’;
  5. Kemudian tekan pilihan ‘Menciptakan’ untuk membuka shortcut Pembaruan FOTA;
  6. Jika sudah, silahkan menutup aplikasi Quick Shortcut Maker dan lihatlah di halaman utama layar ponsel Andromax A. Cari shortcut ‘Pembaruan Sistem’ dan klik;
  7. Pilih berkas dimana Anda menyimpan file firmware sebelumnya. Jika ingin downgrade berhasil dengan mudah, silakan menekan pilihan ‘Instal Sekarang’ pada bagian bawah;
  8. Apabila muncul tanda peringatan yang menyatakan kalau perangkat akan rusak ketika memilih berkas zip tidak resmi, maka abaikan saja. Klik tanda ‘OK’ dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai;
  9. Setelah selesai, nantinya perangkat Android akan melakukan restart dengan sendirinya dan hal tersebut bukan suatu masalah. Proses downgrade selesai.

Lantas Bagaimana Jika Andromax A Gagal Downgrade?

Proses gagal dalam melakukan suatu hal tentu mungkin saja terjadi. Apabila saat melakukan downgrade Andromax A gagal, maka Anda tidak perlu khawatir.

Mengingat sebelumnya adalah cara untuk melakukan downgrade tanpa memakai PC, jadi dengan kata lain lakukan flash memakai bantuan laptop atau PC.

Fungsinya agar ponsel bisa kembali normal. Pinjam laptop atau PC ke teman atau pergi ke warnet jika tidak memilikinya. Nah semoga langkah tersebut bisa membantu Anda saat melakukan downgrade pada prangkat Andromax A.

Cara Flashing Andromax A (A16C3H) di PC

  1. Unduh dan pasang QPST Flashing Tool pada PC yang hendak Anda gunakan untuk melakukan flash;
  2. Unduh dan pasang juga Qualcomm USB Driver pada PC. Kemudian silakan mengunduh Firmware Andromax A. Jangan lupa untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dan memilih Andromax A;
  3. Ekstrak hasil unduhan file firmware Andromax A;
  4. Jika sudah, silakan menyambungkan ponsel Andromax A ke PC memakai kabel USB. Nantinya PC akan mendeteksi driver Qualcomm HS-USB QDloader 9008;
  5. Kemudian silakan membuka QFIL Tool yang tersedia pada QPST;
  6. Lihat bagian ‘Select Build Type’ dan pilih ‘Flat Build’;
  7. Klik ‘Browse’ dan pilih opsi folder firmware Andromax A;
  8. Apabila tampilannya ‘prog_emmc_firehose_8909.mbn’ maka klik saja dan pilih ‘Open’;
  9. Selanjutnya silakan klik ‘Load XML’ dan pilih ‘rawprogram_unsparse.xml’ kemudian pilih lagi ‘Patcho.xml’;
  10. Saat hendak memulai flashing, silakan klik tombol ‘Download’;
  11. Tunggu beberapa saat dan ponsel sedang melakukan proses flashing yang kira-kira memakan waktu sekitar 10-15 menit, jadi bersabarlah;
  12. Saat proses sudah finish, maka Anda bisa mencabut kabel USB dari PC. Kemudian lepas baterai ponsel dan pasang lagi untuk menghidupkan Andromax A. Selesai.

Baca juga: Cari HP Murah Spek Dewa? Baca Artikel Ini!

Nah, itulah beberapa informasi terkait dengan proses downgrade Andromax A yang bisa Anda ikuti. Pastikan untuk memahami langkah-langkahnya sebelum mempraktikkan sendiri secara langsung.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

04 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download