3 Contoh Desain Rumah dengan Biaya 30 Juta

14 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 14 Oct 2022

Percaya nggak, ada desain rumah dengan biaya 30 juta saja lho. Tak dipungkiri zaman sekarang orang-orang berpikir puluhan kali untuk membangun rumah karena takut menghabiskan banyak uang. 

Kalau kamu sudah memiliki tanah kosong, kamu bisa membangun rumah dengan biaya 30 juta saja. Tentunya impian kamu ini bisa diwujudkan dengan dibarengi perencanaan yang sangat matang. 

Desain rumah seperti apa saja sih yang bisa diwujudkan dengan uang 30 jutaan saja? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini!

Buat perencanaan detail

Kamu harus bisa membuat konsep, ide, serta daftar bahan bangunan dan perintilan lainnya secara detail. Selain itu, menentukan jasa tukang juga harus dilakukan secara tepat.

Hal tersebut demi proses pembangunan rumah tidak meleset dari waktu yang ditargetkan. Makin lama proses pengerjaan, biaya terus membengkak.

Tidak ada salahnya kok kamu mendesain rumah kamu sendiri, tanpa bantuan arsitek atau designer. Di internet banyak sekali referensi, inspirasi, dan rekomendasi desain rumah yang dapat disesuakan dengan impian dan anggaran.

Baca Juga : Cara Nabung 10 Juta Setahun dengan Gaji UMR

Pilihan 3 desain rumah dengan biaya 30 juta

3 Contoh Desain Rumah dengan Biaya 30 Juta

Siap punya rumah impian sendiri? Yuk simak pilihan konsep desain rumah dengan biaya 30 juta serta cara-cara menghemat uang saat membangun rumah berikut ini!

1. Desain rumah minimalis

Rumah minimalis masih menjadi favorit banyak orang. Rumah jenis ini sangat cocok dengan budget minim. Sebab makin besar rumah yang dibangun, maka makin besar anggaran yang dibutuhkan.

Dengan biaya 30 juta, kamu bisa membangun rumah tipe 21. Rumah ini biasanya terdiri dari satu kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu atau ruang keluarga, dan dapur. 

Rumah berkonsep minimalis tidak membutuhkan banyak furnitur dan perabot. Selain menekan anggaran, cara ini bisa membuat rumah terasa lebih luas.

2. Rumah Eco Friendly

Rumah ramah lingkungan ini memanfaatkan dan memaksimalkan bahan-bahan seperti kayu, bambu, dan batu bata merah unfinish. Kayu dapat digunakan untuk tembok, kusen pintu, kusen jendela, penopang rusuk genteng, hingga interior di dapur.

3. Rumah tumbuh

Secara sederhana, rumah tumbuh dapat diartikan sebagai pembangunan hunian yang dilakukan secara bertahap. Membangun rumah idaman, seringkali terhambat dengan keterbatasan uang. 

Rumah tumbuh bisa dijadikan sebagai alternatif bagi kamu yang ingin memiliki rumah dengan dana atau lahan terbatas. Desain rumah tumbuh juga dapat menjadi solusi bertambahnya jumlah anggota keluarga di masa depan.

Tak hanya vertikal, rumah tumbuh juga dapat diaplikasikan secara horizontal, bergantung dengan kebutuhan dan luas lahan yang dimiliki.

Baca Juga : Cara Nabung Buat Beli HP Idaman di Tahun 2022

Cara menghemat uang saat membangun rumah

3 Contoh Desain Rumah dengan Biaya 30 Juta

Saat ingin membangun rumah, kamu harus cermat dalam mengelola pengeluaran agar tidak boros. Berikut beberapa tips menghemat uang saat membangun rumah.

1. Ketahui bagaimana kamu akan menggunakan rumahmu 

Dikutip House Plans, cara paling cerdas untuk menghemat uang dalam membangun rumah ialah memahami bagaimana kamu dan keluargamu akan menggunakan rumah. 

Ada yang suka minum kopi atau menyaksikan matahari terbenam di teras dan ada juga yang hobi memasak. Kamu dapat menjadikan area tersebut sebagai fokus utama di rumah.

Mengetahui bagaimana kamu menggunakan rumah akan membantumu untuk membangun rumah yang lebih sesuai dengan gaya hidup. Hal ini bisa menjadi pedoman kamu untuk merancang konsep dan desain rumahmu sendiri.

2. Rumah tanpa sekat

Ruang tamu/keluarga dan dapur bisa saja tidak disekat dengan tembok. Selain menghemat biaya, cara ini juga bisa memberi kesan rumah lebih luas.

Kamu dapat menempatkan furnitur sebagai sekat antara ruangan satu dan lainnya. Cara ini juga berguna ketika ada acara di rumahmu yang membutuhkan ruangan luas.

3. Semen untuk lantai dan dinding 

Melansir Homify, alih-alih ubin batu atau keramik, kamu bisa mempertimbangkan lantai semen untuk menekan biaya sekaligus perawatannya yang mudah. Kamu dapat menghias lantai semen dengan pembatas ubin mozaik atau lapisan cat untuk mencerahkan rumah.

Daripada mengecat seluruh rumah, kamu bisa membiarkan dinding dengan lapisan semen terlihat. Cara ini biasa digunakan untuk rumah berkonsep industri modern.

3 Contoh Desain Rumah dengan Biaya 30 Juta

4. Ekspose batu bata unfinish

Di bagian tertentu seperti dapur atau bagian belakang rumah, kamu bisa membiarkan susunan batu-bata terekspos. Cara ini bisa dipadukan dengan interior rumah berbahan kayu. Padu padan kayu dan batu bata unfinish dapat memberikan kesan hangat.

Bahkan kamu bisa menggunakan balok beton siap pakai dan membiarkannya terlihat di bagian luar rumah. Cara alternatif berbiaya minimum dan mudah dibuat ini merupakan gaya Lego lho.

5. DIY (Do It Your Self!)

Kamu bisa membuat sendiri furnitur, perabot, atau aksesoris dekorasi rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada atau mendaur ulang. Contohnya, kamu dapat mengubah palet menjadi meja atau ranjang.

Kamu juga bisa menggunakan palet untuk dinding. Dalam beberapa tahun terakhir, palet kayu meraih popularitas sebagai bahan alternatif yang ramah lingkungan untuk pelapis kayu tradisional di dinding. Selain hemat biaya, palet cocok untuk memadukan penampilan rumah klasik dan kontemporer.

Di internet, banyak juga kok ditemukan tips merenovasi lemari kayu lama agar terlihat baru, lebih kekinian, dan estetik. Jadi, kamu tidak perlu membeli furnitur baru dan tetap menghemat uang.

6. Terlibat aktif

Karena kamu mau menghemat uang, pastikan kamu terlibat aktif mulai dari perencanaan, memilih bahan, membeli bahan, hingga tahap pembangunan. Kamu bisa mencari bahan yang murah tentu dengan kualitas yang tidak kalah bagus.

Terlibat aktif dalam membangun rumah berguna untuk memastikan proses pembangunan sesuai dengan konsep dan perencanaan awal. Pastikan juga waktunya tidak melampaui target. Makin lama pengerjaannya, tentu anggaran akan terus bertambah.

Baca Juga : Ingin Menghibahkan Tanah? Ketahui Format Surat Hibah Tanah

Nah itu dia beberapa referensi desain rumah dengan biaya 30 juta beserta beberapa tips hemat yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu proses riset kamu ya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download