Tarik Investor Dengan Contoh Proposal Usaha Lengkap

04 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 04 Jan 2022

Sebuah bisnis tidak bisa maju tanpa adanya modal. Jika tidak punya modal pribadi, Sobat Pintar bisa mendapatkannya lewat investor dengan cara mengajukan proposal usaha. Gimana sih contoh proposal usaha lengkap yang baik?

Proposal usaha merupakan sebuah draft atau media yang menggambarkan dengan rinci seluruh aspek sebuah bisnis atau perusahaan. Tujuan utama dalam proposal usaha adalah menggaet investor.

Untuk menggaet investor tentu Sobat Pintar harus menjelaskan bisnismu secara rinci. Mulai dari tujuan yang ingin dicapai, segmentasi pasar, batasan waktu, dan lain-lain. 

Selain berfungsi untuk menggaet investor, proposal usaha sebenarnya berguna untuk bisnismu sendiri. Kamu bakal jadi lebih kenal tahu dalam dengan bisnismu, mengenal apa kekuatan dan kelemahan bisnismu, mencari peluang, dan lain-lain.

Buat Sobat Pintar yang sedang ingin membuat proposal usaha, artikel di bawah ini akan menjelaskannya secara lengkap. Mulai dari pengertian, contoh proposal usaha lengkap, dan berbagai informasi menarik lainnya.

Yuk simak artikel lengkapnya di bawah ini Sobat Pintar!

Baca juga: 9 Ide Usaha yang Menjanjikan, Bisa dengan Modal Kecil

Pengertian Proposal Usaha

Proposal usaha merupakan dokumen dalam bentuk digital maupun cetak yang menjelaskan profil perusahaan. Proposal usaha juga menerangkan fitur produk atau layanan, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan prospek. 

Secara umum, tujuan proposal usaha bukan hanya untuk menarik investor, tetapi juga meyakinkan klien ataupun buyer untuk membeli produk maupun jasa Sobat Pintar. Maka dari itu, sebaiknya Sobat Pintar harus bisa menjelaskan fitur maupun benefit produk mu se-detail dan se-persuasif mungkin.

Selain itu, Sobat Pintar juga harus menjelaskan apa sebenarnya masalah yang sedang dipecahkan usahamu. Ingat, sebenarnya sebuah bisnis itu diciptakan untuk memecahkan masalah sehari-hari.

Unsur yang Harus Ada dalam Proposal Usaha

Proposal usaha yang baik adalah sebuah dokumen yang sudah tersusun secara terstruktur dan rapi. Berikut ini unsur-unsur yang biasanya harus ada dalam sebuah proposal usaha.

1. Judul Halaman

Bagian ini biasanya mencakup nama Sobat Pintar dan perusahaan, nama orang atau perusahaan yang menerima proposal, dan tanggal pengiriman. 

2. Daftar isi

Meskipun biasanya tidak diperlukan untuk proposal yang lebih singkat, unsur ini terkadang berguna untuk proposal formal yang lebih kompleks. 

Daftar isi adalah sarana yang berguna untuk memandu pembaca dengan cepat ke divisi tertentu seperti  Listrik, Struktural, Pemanasan & Pendinginan (dalam proyek bangunan) ‘¦ atau Makanan Layanan, Musik, Hiburan, Layanan Transportasi (dalam proyek festival musik). 

3. Executive Summary

Executive summary merupakan pernyataan singkat tentang business plan yang sudah Sobat Pintar buat. Biasanya, unsur dimasukkan di sini atau dapat disampaikan dalam surat pengantar. 

Bagian ini berisi tentang berbagai aspek bisnis, mulai dari profil perusahaan, visi dan misi, produk atau jasa, analisis SWOT, strategi pemasaran, dan lain-lain.

4. Pernyataan Masalah/Isu/Pekerjaan

Pernyataan masalah ini menjelaskan tentang apa sebenarnya masalah yang bisnis Sobat Pintar sedang hadapi. Selain itu, unsur ini juga berguna untuk meyakinkan klien ataupun.investor bahwa Sobat Pintar mengetahui masalah dengan jelas.

Baca juga: Cara Mengelola Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

5. Approach

Pada bagian ini Sobat Pintar harus bisa merangkum pendekatan untuk memecahkan masalah klien atau melaksanakan tugas yang diperlukan. Nah, pendekatan yang diusulkan sering kali merupakan kunci untuk memenangkan investor maupun klien.

Hal ini karena unsur approach menunjukkan cara, cara berpikir, maupun teknik yang unik bagaimana sebuah bisnis akan memecahkan masalahnya, dan mengapa mereka lebih unggul daripada kompetitor.

Dalam unsur approach, Sobat Pintar tidak perlu menjelaskannya terlalu rinci. Pasalnya rincian dari pendekatan masalah akan disampaikan di bagian Metodologi di poin selanjutnya. 

6. Metodologi

Bagian ini mengembangkan beberapa detail bagaimana Pendekatan akan dilakukan. Tingkat detail harus cukup untuk menyampaikan kepada klien secara meyakinkan apa yang akan terjadi tanpa terjerat dalam hal-hal kecil. 

7. Kualifikasi Bisnis

Bagian ini menyajikan dokumentasi mengapa investor maupun klien harus memilih Sobat Pintar.berdasarkan kualifikasi, riwayat masa lalu, dan keberhasilan pencapaian serupa di masa lalu. 

8. Jadwal dan Tolok Ukur. 

Unsur ini menjelaskan kapan tujuanmu akan tercapai dan apa tolak ukur untuk menilainya. Dengan kata lain, Sobat Pintar harus bisa membuat Key Performance Indicator (KPI) dalam tujuan bisnis Sobat Pintar. KPI berguna untuk mengetahui efektivitas bisnis Sobat Pintar dalam mencapai tujuannya.

9. Biaya dan Pendapatan

Setelah menjelaskan KPI, Sobat Pintar harus bisa merinci biaya untuk mencapai KPI dan tujuan bisnis Sobat Pintar. Biaya ini harus dijelaskan secara rinci, mulai dari biaya operasional, biaya overhead, biaya tetap, dan lain-lain.

Contoh Proposal Usaha Makanan

Sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia, bisnis makanan tidak pernah lekang dimakan zaman. Buat Sobat Pintar yang sedang ingin membuat proposal usaha makanan, berikut ini contoh proposal usaha makanan yang baik:

Kuliner Sate Taichan Indonesia

Nama Usaha     : Sate Taichanesia

Pemilik Usaha  :  Sobat Pintar

Lokasi Usaha    : Jl. Taichan No. 8  Bandung, Jawa Barat

Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Sate Taichanesia merupakan sebuah usaha di bidang kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 2008. Usaha ini pertama kali dibuat oleh Sobat Pintar.

Sate Taichanesia memproduksi aneka sate taichan dengan sentuhan lokal yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Terutama bagi kalangan anak remaja dan mahasiswa.

1.2 Visi Usaha

Menjadi sate taichan terbaik di Indonesia.

1.3 Misi Usaha

Membuka gerobak Sate Taichanesia di berbagai tempat di daerah Indonesia

Menawarkan harga yang terjangkau, sehingga setiap kalangan bisa menikmati sate taichan dengan mudah.

Pembahasan

2.1 Profil Makanan

Sate Taichanesia menawarkan aneka sate taichan maupun sate lokal dengan harga yang sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp15.000 per porsinya. Jenis sate yang variatif membuat setiap orang dengan berbagai selera bisa menikmatinya.

2.2 Strategi

Menyasar target audience remaja dan mahasiswa..

Membuka gerai di lokasi yang dekat dengan sekolah atau kampus.

Manajemen Produksi

3.1 Proses Produksi

Sate Taichanesia diproduksi secara higienis dengan bahan-bahan yang dijamin halal.

3.2 Bahan Baku

Untuk mendukung peternak lokal, Sate Taichanesia memakai bahan baku yang berasal dari peternak dan petani terdekat..

3.3 Peralatan

Peralatan yang dipakai oleh Sate Taichanesia selalu dilakukan upgrade dan terjaga kebersihannya.

Anggaran

4.1 Modal Usaha

Sate Taichanesia mengeluarkan modal usaha awal sebesar Rp20.000.000 untuk melakukan pembelian bahan baku hingga digital marketing seperti facebook ads. 

Sate Taichanesia masih membutuhkan modal sekitar Rp15.000.000 lagi untuk membuka gerai terbaru yang terbuat dari gerobak kayu sederhana serta peralatan yang mendukung seperti grill.

4.2 Harga Jual

Sate Taichanesia menjual aneka ragam sate dengan harga mulai dari Rp15.000 setiap porsinya dengan keuntungan hingga 50% dari nilai jual produknya.

4.3 Pembagian Keuntungan

Investor akan mendapatkan pembagian keuntungan sebesar 15% dari keuntungan yang didapatkan dalam setiap penjualan Sate Taichanesia setiap harinya.

Penutup

Demikian proposal usaha dari Sate Taichanesia, semoga investor berminat untuk bisa memberikan suntikan modal yang nantinya akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan Sate Taichanesia. Terima kasih atas perhatiannya.

Baca juga: Cara Dapatkan Pinjaman Modal Usaha tanpa Jaminan

Kesimpulan

Itulah artikel lengkap tentang proposal usaha, mulai dari pengertian, contoh proposal usaha makanan lengkap, dan lain-lain. Apakah Sobat Pintar tertarik untuk membuat proposal usaha? Atau justru sedang mencari modal untuk usahamu sendiri?

Kredit Pintar adalah perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download