Cara Cek Tiket Pesawat dengan Mudah dan Praktis

20 Jun 2023 by kreditpintar, Last edit: 20 Jun 2023

Apakah Anda punya wish list liburan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri? Transportasi dengan pesawat adalah salah satu pilihan paling efektif, apalagi kalau tujuannya jauh. Mencari info tentang harga tiket pesawat mungkin sudah menjadi sesuatu hal yang biasa bagi Anda. Pada zaman dengan perkembangan teknologi yang pesat, pemesanan dan pengecekan tiket pesawat lebih mudah dengan hanya menggunakan smartphone. Berbeda dengan zaman dulu yang harus datang langsung ke kantor maskapai penerbangan atau tempat agen jasa pembelian tiket. Untuk pemesanan tiket pesawat, usahakan dilakukan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Lalu bagaimana cara cek tiket pesawat? Simak pembahasan kali ini sampai selesai, ya.

Cek tiket pesawat

Baca juga: Tips Dapatkan Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan

Cara Cek Tiket Pesawat Terbang, Harga, dan Jadwalnya

Ada dua jenis cara cek tiket pesawat untuk Anda yang ingin pergi dengan transportasi pesawat. Anda bisa pilih melalui website atau aplikasi resmi maskapai penerbangan dan melalui agen penjual tiket.

1. Cara Cek Harga Tiket Pesawat Melalui Website atau Aplikasi

Ketika ingin mengetahui harga tiket pesawat terbang, Anda bisa lakukan dengan mengecek di website resmi masing-masing maskapai penerbangan berikut:

a. Garuda Indonesia (www.garuda-indonesia.com)

b. Sriwijaya Air (www.sriwijayaair.co.id)

c. Lion Air (www.lionair.co.id)

d. Citilink (www.citilink.co.id)

e. Batik Air (www.batikair.com)

f. Air Asia (www airasia.com)

Beberapa maskapai penerbangan menyediakan situs atau aplikasi khusus untuk mengecek harga tiket sekaligus pemesanannya. Dari setiap website atau situs penerbangan, Anda bisa mengecek harga tiket yang harus dibayarkan dan mengecek jadwal pesawat yang tersedia. 

Untuk melakukannya, Anda cukup masukkan tujuan perjalanan, tanggal pemberangkatan, dan jumlah tiket yang akan dibeli. Selanjutnya, website akan menampilkan berbagai pilihan harga tiket yang tersedia. Terkadang, Anda  juga bisa memperoleh penawaran promo dan potongan harga menarik dari maskapai penerbangan.

Tidak hanya lewat website saja, Anda juga bisa melakukan pengecekan harga di aplikasi yang menyediakan tiket pesawat. Tentu saja Anda harus download aplikasinya terlebih dahulu di AppStore atau Play Store. Aplikasi penyedia pesan tiket pesawat berikut ini dapat memudahkan calon penumpang yang ingin melakukan booking tiket:

1. Tiket.com

2. Tokopedia

3. Traveloka

4. Pegi-pegi

5. Nusatrip.com

6. Expedia

7. Agoda

8. Booking.com

9. KAYAK

10. Skyscanner

Ketika hendak berpergian jauh menggunakan pesawat, tentukan dulu tiket pesawat mana yang akan dibeli yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya sesuai budget Anda. Teknologi yang sudah maju seperti sekarang sangat memudahkan Anda dalam mengakses semua informasi, tak terkecuali informasi harga tiket dari suatu maskapai penerbangan. 

Cek tiket pesawat

 Baca juga: Traveloka, Aplikasi Traveling Super Lengkap

2. Cara Cek Tiket Pesawat Melalui Agen Penjual Tiket

Bagaimana jika Anda mengalami kesulitan dan kendala ketika mencari informasi harga tiket pesawat secara online? Maka cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan datang langsung ke agen penjual tiket pesawat terdekat dengan rumah Anda. Saat sampai di lokasi, Anda bisa bertanya ke petugas terkait harga tiket pesawat yang sesuai kebutuhan.

Harga Tiket Pesawat Murah di Hari Apa?

Tiket pesawat yang murah tentunya menjadi suatu kebahagiaan tersendiri karena bisa menghemat dana yang harus Anda keluarkan. Apalagi bagi Anda yang suka traveling. Dengan cek tiket pesawat, maka Anda bisa tahu harga tiket pesawat paling murah pada hari apa. Oleh karena itu, sebelum membeli tiket cobalah melakukan pencarian tiket termurah dari setiap maskapai penerbangan. Berburu tiket pesawat yang murah ternyata bisa Anda lakukan dengan cara mudah salah satunya dengan menentukan hari apa ketika membeli tiket. 

Tipsnya adalah sebagai berikut: 

  1. Pilih hari Jumat untuk berangkat

Ketika memilih hari Jumat, Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga yang jauh lebih murah dan juga bisa menikmati liburan dengan waktu yang lebih lama.

  1. Pilih hari Senin atau Minggu

Baik hari Senin atau Minggu menjadi waktu yang paling tepat jika Anda ingin membeli tiket pesawat dengan harga yang jauh lebih murah. Mungkin Anda bisa dapat potongan sekitar dua hingga empat persen ketika memesan di kedua hari tersebut.

Apakah Bisa Check In Tiket Pesawat secara Online?

Ketika akan naik pesawat, setiap penumpang diharuskan untuk melakukan check in terlebih dahulu. Biasanya check in pesawat dilakukan di bandara dengan cara mengantri bersama calon penumpang yang lain. Saat ini, dengan kemajuan teknologi yang ada, check-in dapat dilakukan secara online atau bisa dilakukan dimana saja melalui website atau aplikasi resmi maskapai penerbangan. Apakah Anda sudah terbiasa check in secara online? 

Jangan khawatir bila belum terbiasa check in secara online dan merasa kebingungan karena masing-masing maskapai berbeda caranya. Cara check in berikut ini bisa membantu Anda. Adapun cara check-in online yang diulas berikut ini hanya maskapai Garuda Indonesia saja. Untuk maskapai penerbangan yang lainnya, Anda bisa melihat langkahnya di website masing-masing, ya.

Check-in online Garuda Indonesia

Berikut adalah langkah-langkahnya;

  • Bukalah situs website Garuda Indonesia
  • Pilih menu “Check-In”
  • Bacalah syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Klik centang kolom verifikasi dan pilih “Lanjutkan”
  • Ketik nama belakang atau “Last name” di kolom yang disediakan
  • Masukkan “Booking Referensi Number” atau “e-ticket Number”
  • Pilih “Continue” atau “Lanjutkan”
  • Selanjutnya, akan muncul tampilan Frequent Flyer dan kolom untuk mengubah tempat duduk”
  • Bila sudah selesai pilih “Konfirmasi Check In”.
Cek tiket pesawat

Baca juga: Jenis Bahan Bakar Pesawat yang Harus Kamu Tahu

Kapan Bisa Check In Tiket Pesawat Online?

Masing-masing maskapai penerbangan sudah memiliki cara check-in online sendiri untuk mempermudah penumpangnya. Proses check in online umumnya bisa dimulai dari 24 jam sebelum penerbangan dan dilakukan di aplikasi atau website resmi maskapai. Misalnya saja, maskapai Garuda Indonesia menyediakan layanan check in online mulai dari 48 jam hingga 2 jam sebelum waktu keberangkatan dengan tujuan penerbangan domestik. Sedangkan untuk penerbangan internasional bisa mulai 48 jam hingga 4 jam sebelum jam keberangkatan pesawat. 

Maskapai Citilink, penumpang bisa check-in di website resminya dan aplikasi mulai 365 hari hingga 30 menit sebelum keberangkatan. Namun, aturan Citilink ini hanya berlaku bagi penerbangan domestik saja. 

Cara Cek Tiket Pesawat yang Sudah Dipesan

Pada tiket pesawat yang sudah Anda pesan sebelumnya terdapat PNR (Passenger Name Record) yang mana dapat dicek di website resmi masing-masing maskapai penerbangan. Di dalam PNR, Anda dapat mengetahui informasi kode yang berisi jadwal penerbangan yang telah dipilih dan data penumpang. Cara untuk mengecek tiket pesawat yang sudah dipesan bisa melalui sistem online di website maskapai di mana Anda beli tiket pesawat sebelumnya. Sebagai contoh, cara mengecek tiket pesawat yang sudah dipesan di Traveloka sebagai berikut. 

  1. Buka situs atau aplikasi traveloka.com lalu klik menu bagian kanan atas cek pemesanan
  2. Selanjutnya masukkan nomor pemesanan dan nomor telepon 
  3. Akan tetapi, jika lupa nomor pesanannya, Anda bisa klik lupa nomor pesanan lalu isi data dari kota asal dan kota tujuan  
  4. Kemudian lihat status pemesanan dan lakukan pembayaran 
  5. E-tiket sebagai bukti pembayaran akan dikirimkan paling lambat 60 menit setelah pembayaran selesai di verifikasi.

Itulah penjelasan tentang cara cek tiket pesawat untuk Anda yang akan pergi ke luar kota atau ke luar negeri. Pastikan untuk memenuhi setiap prosedur agar perjalanan Anda lancar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi oleh OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download