Tips Dapatkan Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan

06 Feb 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Liburan adalah kegiatan yang terkadang penting untuk membantu Sobat Pintar untuk merefreshkan pikiran. Kalau Sobat Pintar sudah merencanakan liburan ke tempat yang lebih jauh, tentu saja Ada membutuhkan tiket pesawat. Tapi, ketika ingin berlibur, mencari tiket yang lebih murah adalah kewajiban. Karena Sobat Pintar menetapkan budget agar bisa menikmati liburan dengan tenang. 

Mendapatkan harga tiket untuk pesawat yang lebih murah, ada beberapa tips yang bisa Sobat Pintar lakukan. Dimana tentu saja ini akan membantu Sobat Pintar untuk bisa berlibur dengan budget yang tidak berlebihan.. 

Baca juga: Daftar Harga Sewa Bus Pariwisata Jakarta Terbaru 2022 | Kredit Pintar

Tiket untuk pesawat memang dikenal mahal, tapi nyatanya Sobat Pintar bisa mendapatkan harga yang murah bila tahu apa saja tips yang diperlukan. Dengan mengikuti tips di bawah ini akan sangat membantu Sobat Pintar untuk memperoleh harga tiket yang lebih miring ketika ingin berlibur. Berikut adalah tipsnya: 

1. Pilih pesawat dengan tarif rendah 

Pada transportasi, terdapat beberapa kategori. Dimana biasanya dibagi berdasarkan kenyamanan dan fasilitas yang diberikan. Hal ini juga berlaku untuk penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan pesawat. Ada beberapa kategori yang bisa dipilih, contohnya adalah full service dan low cost. 

Untuk full service jelas Sobat Pintar akan mendapatkan fasilitas yang terbilang cukup bahkan mewah. Kenyamanan yang tentu saja bisa membuat Sobat Pintar menikmati perjalanan dengan lebih menyenangkan. Tapi, jelas tiket yang harus Sobat Pintar bayar akan lebih mahal. Kalau ingin menghemat budget tentu saja membeli tiket full service tidaklah cocok. 

Kategori ini tentu saja berbeda dengan yang full service, dimana ada banyak keterbatasan, seperti pembatasan barang bawaan dan ukuran tempat duduk. Tapi, kalau Sobat Pintar ingin berlibur yang lebih hemat dan juga tidak begitu jauh jaraknya, memilih low cost service akan sangat disarankan. 

2. Jangan berlibur di saat high season 

Apa itu high season? Istilah ini sendiri adalah hari-hari dimana semua orang akan menyempatkan diri untuk liburan. Contohnya saja adalah saat libur lebaran atau natal dan tahun baru. 

Momen tersebut biasanya akan dimanfaatkan maskapai penerbangan untuk menaikan tarif. Kenapa? Karena permintaan pasar yang sangat tinggi. Sehingga jelas tiket mereka akan terjual lebih banyak. Kalau Sobat Pintar ingin menghemat budget liburan, tentu saja waktu high season ini tidak cocok untuk Sobat Pintar. 

Carilah waktu berlibur di luar high season. Bagi Sobat Pintar yang bekerja, lebih baik mencari cuti yang tidak bertepatan dengan liburan. Selain tidak begitu ramai, Sobat Pintar bisa menikmati liburan dengan lebih nyaman karena tidak banyak masyarakat yang akan menghabiskan waktu untuk berlibur. Jadi, sebisa mungkin menjauhi high season. 

3. Cari promo 

Salah satu tips yang paling banyak disarankan tentu saja dengan cek promo yang diberikan maskapai penerbangan. Biasanya pada saat-saat tertentu maskapai akan memasang promo harga tiket yang murah. Tentu saja ini akan menjadi waktu yang tepat bagi Sobat Pintar untuk membeli tiket dengan harga yang lebih murah. 

Sobat Pintar bisa mencari promo di berbagai platform yang menjual tiket pesawat. Bisa juga Sobat Pintar memanfaatkan tanggal-tanggal kembar seperti 1.1, 2.2 dan seterusnya untuk memperoleh promo. Karena biasanya pada tanggal spesial, maskapai penerbangan akan memberikan promo yang cukup menggiurkan. 

Apalagi jika Sobat Pintar sudah menjadi member dari maskapai, untuk mendapatkan promo jelas akan lebih mudah. Sobat Pintar juga akan menerima reward yang mungkin bisa dijadikan modal lagi untuk pergi berlibur dengan menggunakan transportasi udara. Jadi, Sobat Pintar pun tidak akan kebingungan dalam penghematan budget. 

Baca juga: Info Daftar Biaya Tol Terbaru Trans Jawa Tahun 2021 | Kredit Pintar

4. Pesan tiket jauh-jauh hari 

Tips yang satu ini juga paling ampuh supaya Sobat Pintar dapat memperoleh tiket yang lebih murah. Memesan tiket jauh sebelum hari keberangkatan tentu saja akan lebih murah. Hal ini sendiri karena jumlah pemesanan tiket masih tidak terlalu banyak. Makanya, dari pihak maskapai pun akan memberikan harga yang jauh lebih murah. 

Sobat Pintar bisa melakukan riset sendiri, yaitu dengan memasukan tanggal keberangkatan h-1 dengan pemesanan di h-30. Sudah pasti ada perbedaan harga yang sangat signifikan. Jadi, sebelum Sobat Pintar pergi berlibur memang lebih baik memesan tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. 

5. Pesan di malam hari 

Tips yang satu ini sendiri tidak banyak yang tahu, tapi kenyataannya harga tiket untuk pesawat akan lebih murah ketika di atas jam 10 malam. Kenapa demikian? Karena rata-rata orang yang memesan tiket akan dilakukan pada pagi hingga malam sebelum jam 22.00. Sedangkan yang mencari tiket di atas waktu tersebut sudah pasti tidak akan banyak. 

Sobat Pintar bisa mencobanya langsung sekarang, dimana bisa dijamin Sobat Pintar akan menemukan beberapa tiket penerbangan yang lebih murah dan bisa membantu Sobat Pintar untuk membatasi dana perjalanan. Tapi, tetap jangan mencari tiket apabila keesokan harinya akan berangkat atau sedang high season. Karena pasti tetap akan lebih mahal. 

6. Melakukan perbandingan direct flight dengan connecting flight

Dalam dunia penerbangan, ada yang namanya direct flight dan connecting flight. Untuk direct flight ini adalah penerbangan yang langsung menuju bandara tujuan. Misalnya Sobat Pintar ingin berlibur ke Korea Selatan, akan ada pilihan tiket dari Jakarta langsung ke Korea Selatan tanpa harus transit. Harganya? Jelas lebih mahal. 

Kenapa? Karena untuk tipe direct flight penerbangan akan memakan waktu yang lebih cepat dan juga tidak ada transit. Sedangkan untuk connecting flight akan lebih murah karena Sobat Pintar akan melakukan transit dan biasanya akan menggunakan dua maskapai yang berbeda. Hanya saja, ketidaknyamanan adalah dari proses transit. 

Dimana dalam proses tersebut biasanya bisa memakan waktu perjalanan yang lebih lama. Apabila Sobat Pintar mempunyai waktu liburan yang panjang, tidak masalah menggunakan connecting flight. Tapi, kalau hanya mempunyai waktu yang terbilang pendek, pilihan dengan connecting flight tidak bisa Sobat Pintar terapkan. 

7. Mencari tiket dadakan 

Mungkin sebagian dari Sobat Pintar akan merasa tips yang ini tidak mungkin bisa membantu dalam mendapatkan harga tiket penerbangan yang murah. Tapi, nyatanya memesan tiket secara dadakan tepat sebelum keberangkatan bisa jadi keuntungan untuk Sobat Pintar. Terkadang ada penumpang yang telah membatalkan jadwal keberangkatan mereka secara mendadak. 

Apabila ini terjadi, kebanyakan maskapai akan menjual kembali tiket dengan harga murah. Karena mereka tetap mengedepankan jumlah penumpang yang lebih banyak dibandingkan ada yang kosong. Jadi tidak ada salahnya mencoba keberuntungan. 

Itulah beberapa tips untuk memperoleh tiket pesawat yang lebih murah ketika ingin berlibur. Hal terpenting ketika Sobat Pintar ingin mendapatkan tiket yang lebih murah adalah dengan selalu melakukan pengecekan secara berkala. 

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Sumatera Terpopuler Yang Wajib Kamu Kunjungi | Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download