Cara Cek Jadwal Penerbangan Terbaru dan Terupdate

18 Nov 2021 by Laruan

Moda transportasi sudah sangat berkembang dari zaman dahulu. Pesawat terbang yang dulu hanya bisa dinaiki oleh orang-orang yang memiliki banyak uang dan eksklusif, sekarang sudah bisa dinikmati oleh banyak orang. Sama seperti kebanyakan moda transportasi lainnya, pesawat memiliki jadwal penerbangan. Cara cek jadwal penerbangan pun bisa dilakukan dengan beberapa cara. 

Text, application

Description automatically generated with medium confidence

Tipe-tipe Jadwal Penerbangan 

Sebelum cek jadwal penerbangan, Anda harus mengetahui jenis-jenis jadwal penerbangan terlebih dahulu. Secara garis besar, ada 3 jadwal pengerbangan yang bisa anda temukan. Yang pertama adalah jadwal keberangkatan pesawat (departure). Jenis jadwal penerbangan ini hanya menampilkan nomor penerbangan dan waktu keberangkatannya saja. Biasanya jadwal seperti ini hanya ditampilkan di ruang tunggu bandara.

Yang selanjutnya adalah jadwal kedatangan pesawat (arrival). Sama seperti jadwal keberangkatan pesawat, jadwal ini juga hanya menampilkan nomor penerbangan dan kedatangan pesawat saja. Pada umumnya jadwal ini hanya ditampilkan oleh pihak bandara di area penjemputan atau pintu keluar bandara. 

Dan yang terakhir adalah jadwal yang menggabungkan keberangkatan dan kedatangan pesawat. Jadwal penerbangan dengan tipe seperti ini biasanya sangat lengkap dan detail. Karena memuat informasi yang lengkap, maka biasanya Anda dapat menemukan jadwal penerbangan jenis ini di layar lebar bandara atau di tempat Anda check in dan menyimpan bagasi. 

Jadwal penerbangan yang menyertakan keberangkatan dan kedatangan pesawat sekaligus dapat memudahkan Anda untuk mencari informasi yang Anda butuhkan karena jadwal tersebut sudah lengkap.

Informasi dalam jadwal penerbangan  

Agar tidak keliru dalam cek jadwal penerbangan, ada beberapa hal yang harus Anda pahami dalam membaca jadwal penerbangan. Dalam setiap jadwal penerbangan, Anda akan menemukan informasi berikut:

  • Waktu 

Waktu yang ditampilkan akan sedetail mungkin seperti 25 Oktober 20XX 07.00 WIB. Hal tersebut dilakukan karena tidak sedikit rute penerbangannya jarak jauh dan melintasi perbedaan waktu. Waktu yang ditampilkan juga ada dua macam, yaitu waktu kedatangan dan waktu keberangkatan. 

  • Tujuan 

Tujuan yang dimaksud adalah tujuan bandara/negara/kota yang akan dikunjungi. Untuk menghemat tempat, tidak sedikit pihak bandara hanya mencantumkan inisial bandara/negara/kota tujuan. Seperti contoh negara Hongkong hanya akan ditulis HKG. Kemudian, bandara soekarno hatta disebut CGK. Dan kota bandung akan ditulis BDG. 

  • Maskapai 

Setiap penerbangan memiliki maskapai atau perusahaan penerbangan yang melakukan perjalanan udara. Seperti Garuda Indonesia, Batik Air, atau Lion Air. Sama seperti informasi tujuan, maskapai-maskapai ini juga memiliki inisial. Contohnya adalah GA untuk Garuda Indonesia dan ID Batik Air. 

  • Nomor Penerbangan 

Selain informasi maskapai, informasi nomor penerbangan dapat memudahkan Anda untuk mencari informasi yang diinginkan. Nomor penerbangan biasanya berisi dua huruf inisial maskapai dan empat angka penerbangan. 

  • Terminal/Pintu 

Terminal atau pintu kedatangan/keberangkatan ditujukan agar penumpang atau pendamping penumpang dapat memasuki pesawat yang benar. Tidak seperti transportasi lain, pesawat adalah transportasi yang berbadan besar sehingga diperlukan pintu khusus agar penumpang dapat masuk ke dalam pesawat dengan lancar. 

  • Keterangan 

Keterangan di sini dimaksudkan untuk menginformasikan status penerbangan tersebut. Keterangan dapat berupa ‘scheduled’ ‘delayed’ ‘check in open’ atau ‘canceled’.

Cek Jadwal penerbangan 

Cara cek jadwal penerbangan saat ini sudah sangat mudah. Tidak perlu pergi ke bandara, Anda juga dapat cek jadwal penerbangan di rumah dengan mudah. Dengan internet Anda dapat cek jadwal penerbangan. Jika Anda ingin mengetahui jadwal penerbangan terkini dan terupdate, Anda bisa melihat melalui website bandara.

Namun beberapa bandara tidak menyediakan jadwal penerbangan. Akan tetapi, jika Anda sudah tau nomor penerbangannya, Anda dapat langsung melihat dari website maskapai tersebut. Salah satu contohnya adalah  www.citilink.co.id

Jika Anda ingin memesan tiket pesawat Anda dapat Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek jadwal penerbangan adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi

Salah satu cara untuk cek jadwal penerbangan adalah dengan mengunduh aplikasi yang melayani pemesanan tiket seperti Traveloka, tiket.com, dan Agoda di Playstore. Anda dapat melihat jadwal penerbangan yang tersedia dengan mudah.

Pertama-tama Anda harus mengunduh aplikasi yang Anda inginkan di Playstore. Setelah terunduh dan terinstall, Anda akan menemukan fitur yang dapat mencari rute penerbangan yang Anda inginkan. Caranya adalah mengisi kolom box yang tersedia dengan kota asal, kota tujuan, dan tanggal keberangkatan. 

Setelah Anda mengisi semua kolom box, klik cari atau search. Setelah itu, sistem akan otomatis mencari dan menampilkan rute penerbangan yang Anda inginkan. 

Tidak hanya cek jadwal penerbangan, beberapa aplikasi juga bisa melihat jadwal penerbangan dengan nomor penerbangan yang spesifik. Dengan pencarian jadwal penerbangan yang spesifik, maka Anda dapat mengetahui informasi untuk penjemputan penumpang di bandara dengan lebih leluasa.  

  1. Google 

Jika Anda terlalu malas atau memiliki masalah untuk mengunduh aplikasi, Anda juga dapat cek jadwal penerbangan dengan mencarinya di Google. Google memiliki fitur maps yang juga terintegrasi dengan fitur pencarian transportasi. Google flights adalah salah satu fitur unggulan Google untuk cek jadwal penerbangan. 

Sama seperti di aplikasi, Anda perlu untuk mengisi kolom box dengan kota asal dan kota tujuan Anda. Setelah itu Anda pilih tanggal keberangkatan dan menyesuaikan untuk berapa orang. Setelah semuanya terisi, klik cari dan rute penerbangan yang Anda inginkan dengan beragam maskapai pun akan muncul. 

  1. Website Maskapai

Selain dua opsi di atas, Anda juga dapat cek jadwal penerbangan di website maskapai masing-masing. Walaupun hanya menampilkan satu pilihan maskapai, namun di beberapa website maskapai menyediakan fitur mencari jadwal penerbangan yang paling murah dalam 1 bulan tertentu. 

Jika Anda memiliki jadwal yang fleksibel dan ingin mencari jadwal penerbangan yang paling murah, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mencari tanggal yang sesuai dengan budget Anda. Berbeda dari transportasi lain yang memiliki harga yang serupa di setiap kali keberangkatan, harga tiket pesawat cenderung fluktuatif.  

  1. Website Pencarian Penerbangan 

Pilihan website yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah website yang khusus dibuat untuk mencari jadwal penerbangan. Tidak sama seperti yang lainnya, website ini dibuat untuk mencari jadwal penerbangan dari semua situs layanan pembelian tiket pesawat seperti Traveloka, Agoda, dan Tiket.com. 

Setelah Anda menentukan destinasi yang Anda tuju, maka sistem akan mencari jadwal penerbangan dari ribuan situs tersebut. Anda hanya tinggal memilih jadwal penerbangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda kemudian Anda akan ter-direct ke situs layanan pembelian tersebut.  

Jadi, tidak hanya membandingkan dari semua maskapai, namun juga membandingkan dengan semua situs layanan pembelian tiket pesawat. Contoh dari website seperti ini adalah skyscanner.com. 

Berikut adalah beberapa cara cek jadwal penerbangan. Sekarang tidak hanya mencari jadwal penerbangan, Anda juga dapat track semua penerbangan yang sedang ada secara langsung dengan radar. Hasilnya Anda bisa cek di website seperti flightradar24.com. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi situs-situs di atas untuk cek jadwal penerbangan dengan mudah di rumah. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload