Cara Cek Identitas Lewat Nomor Rekening Bank

15 Apr 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Tidak bisa dipungkiri cek identitas lewat nomor rekening bank cukup penting lantaran hampir setiap hari kita melakukan transaksi keuangan secara online. Baik itu menggunakan aplikasi e-wallet hingga transaksi dengan rekening bank. Kemudahan yang kita dapatkan tentu mendatangkan konsekuensi yang tidak kalah besar. 

Nomor rekening merupakan nomor yang digunakan untuk melakukan transaksi di bank, baik itu untuk menarik, menyetorkan uang atau mentransfer dana. Setiap nasabah tentu memiliki nomor unik masing-masing yang dapat membedakan antara nasabah satu dengan yang lainnya.

Pada umumnya, nomor rekening berfungsi sebagai media transaksi perbankan dan sebagai alat pembayaran. Selain itu, nomor rekening juga merupakan salah satu persyaratan yang harus dilampirkan untuk mengajukan kredit, pinjaman atau program perbankan lainnya.

Baca juga: Daftar Pemenang Program Give Back Season

Jangan salah ya, nomor rekening beda loh dengan nomor ATM. Jika nomor rekening terletak di bagian depan buku tabungan, maka nomor ATM ada di kartu fisik ATM. Anda tidak akan menemukan nomor rekening di kartu ATM karena memang tidak dicetak di sana.

Orang yang memiliki nomor rekening pasti memiliki nomor kartu ATM. Apabila nomor rekening bisa digunakan untuk alat pembayaran, maka nomor pada kartu ATM berfungsi sebagai identifikasi bank pembuat dan menyatakan pemilik sah dari kartu tersebut.

Lalu, seberapa penting sih cek identitas lewat nomor rekening bank? Mengecek identitas lewat nomor rekening bank baik itu BCA, BRI, BNI, Mandiri dan bank lainnya merupakan salah satu cara agar Anda terhindar dari penipuan. Dengan mengetahui hal itu, Anda dapat memastikan apakah nomor rekening tersebut palsu atau bukan. 

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui track record si pemilik rekening. Apakah pernah melakukan penipuan atau tidak, sehingga Anda bisa terhindar dari kejahatan perbankan.

Manfaat cek identitas lewat no rekening bank

Mengecek identitas lewat nomor rekening bank memiliki beberapa manfaat. Pertama, tentunya untuk mencegah penipuan. 

Kasus penipuan dengan menggunakan rekening bank sudah sangat sering terjadi. Apabila Anda melakukan cek identitas lewat nomor rekening bank terlebih dahulu sebelum mengirimkan uang, hal ini bisa meminimalkan risiko penipuan yang tentunya dapat merugikan.

Kedua, memastikan dana terkirim pada orang yang tepat. Melakukan pengecekan terlebih dahulu dapat membuat Anda terhindar dari salah mengirimkan uang.

Cara mengecek identitas lewat no rekening bank

Bank syariah dan bank konvensional memiliki jumlah digit nomor rekening yang berbeda. Jika bank syariah berjumlah 10 digit, maka bank konvensional memiliki jumlah digit lebih banyak yaitu 12-16 digit nomor rekening.

Nah untuk mengecek identitas lewat no rekening bank, ada dua cara. Anda bisa mengeceknya secara online dengan menggunakan situs cekrekening.id atau datang langsung ke bank. 

Cekrekening.id adalah platform yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo). Fungsinya sebagai database nomor rekening yang dicurigai terkait dengan tindak pidana penipuan.

Berikut cara cek nomor rekening lewat situs cekrekening.id:

  1. Buka situs cekrekening.id dan pilihlah menu Periksa Rekening
  2. Sesuaikan dengan jenis banknya. Misal BCA, BNI, BRI, Mandiri atau bank lainnya. Kemudian masukkan nomor rekening bank atau nomor e-wallet yang akan diperiksa
  3. Lakukan validasi dengan memasukkan kode CAPTCHA
  4. Pilih opsi Cek Sekarang dan tunggulah selama beberapa saat
  5. Apabila nomor rekening yang bersangkutan sudah pernah dilaporkan, hasilnya pun akan muncul
  6. Anda bisa mengklik Tambah Laporan jika mengendus adanya indikasi penipuan. Isilah form dengan lengkap dan lampirkan screenshot
  7. Setelah itu, pelapor tinggal duduk manis menunggu hasil tindak lanjut dari laporannya

Selain lewat cekrekening.id, Anda juga bisa melakukan cek identitas lewat no rekening bank melalui lapor.go.id dan www.kredibel.co.id. lapor.go.id merupakan situs milik pemerintah. LAPOR yang merupakan kepanjangan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat merupakan website resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Baca juga: Harga Saham GoTo dan 7 Hal Tentang IPO GoTo

Sedangkan situs www.kredibel.co.id membantu melacak nomor rekening. Dengan mengakses situs ini, Anda dapat mengetahui apakah nomor rekening yang bersangkutan berpotensi melakukan penipuan atau tidak.

Berikut cara cek rekening langsung ke bank:

  1. Kunjungi kantor cabang bank terdekat dan informasikan tujuan kedatangan Anda
  2. Ambil nomor antrean menuju customer service
  3. Ceritakan kronologi penipuan kepada customer service dan sertakan bukti-bukti yang dimiliki
  4. Pihak bank akan memblokir rekening tersebut agar tidak bisa lagi digunakan untuk melakukan tindak kejahatan

Jangan lupa untuk melapor terlebih dahulu ke kantor polisi sebelum Anda membuat laporan ke bank. Nantinya Anda akan diberikan surat pengantar dari kepolisian yang berguna sebagai syarat melapor ke bank.

Tips terhindar dari penipuan rekening bank

Berikut beberapa kiat untuk mencegah Anda terjerat penipuan rekening bank. Apa saja?

  • Gunakan jasa rekber

Rekber atau rekening bersama dapat memberikan keamanan terhadap transaksi online. Sistem rekber adalah dengan menggunakan pihak ketiga dalam transaksi pembayaran. 

Misalnya begini, Anda membeli barang atau jasa di suatu tempat. Nantinya, Anda akan diminta untuk mentransfer dana tersebut ke nomor rekber. 

Dana yang ada di rekber akan ditahan dulu oleh pihak ketiga sampai barang sudah sampai di tangan Anda. Kemudian pihak ketiga akan meneruskan dana tersebut ke si penjual. 

Ada banyak e-commerce yang menggunakan sistem seperti ini. Contohnya saja seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan masih banyak lagi.

  • Belilah di tempat yang terpercaya 

Penting untuk memastikan bahwa Anda melakukan transaksi di tempat yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Untuk mengecek apakah tempat tersebut terpercaya atau tidak, bisa dilihat dari testimoni para pembeli sebelumnya.

Jika tempat tersebut tidak memiliki testimoni atau bukti transaksi, maka sebaiknya perlu berhati-hati. Lebih baik Anda mencari toko lainnya agar terhindar dari penipuan.

  • Jangan mudah tergiur dengan harga murah

Biasanya pelaku kerap mencari celah dengan memasang harga murah untuk menarik perhatian korbannya. Tak sedikit mereka yang terburu-buru melakukan transaksi lantaran tergiur dengan harga miring yang diiklankan.

Pastikan dulu untuk mengecek tempat atau toko tersebut sebelum melakukan transaksi. Selalu berhati-hati dengan harga murah. Karena biasanya tindak penipuan berawal dari iming-iming diskon yang besar.

Beberapa modus penipuan yang perlu diwaspadai

Setidaknya ada beberapa modus penipuan yang perlu Anda waspadai. Di antaranya pembobolan rekening melalui kode OTP (biasanya dikirimkan lewat notifikasi SMS) dan CVV. 

Baca juga: Mudah dan Praktis, Begini Cara Buat Kop Surat di Word

Kemudian ada modus phishing email. Pelaku mengirimkan e-mail kepada korban yang menginformasikan untuk melakukan pembaharuan akun internet banking.

Kemudian ada juga modus skimming ATM yang mana ini merupakan tindak kejahatan dengan menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu. Terakhir, ada modus OneKlik di toko-toko online atau e-commerce.
Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download