Cara Cek Garansi OPPO dengan IMEI Secara Online

21 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Saat membeli ponsel OPPO, kamu akan mendapatkan keuntungan berupa garansi. Garansi merupakan jaminan suatu produk yang diberikan dengan jangka waktu setahun. Oleh karena itu, jangan lupa untuk cek garansi OPPO untuk mengetahui garansi ponselmu masih aktif atau tidak.

Cara Cek Garansi OPPO dengan IMEI Secara Online

Dengan adanya garansi, kamu bisa memperoleh perbaikan ponsel secara gratis saat mengalami kerusakan. Namun, perlu diingat bahwa masa berlaku garansi tersebut hanya satu tahun. Jika ponselmu mengalami kerusakan setelah masa garansinya habis, kamu harus menanggung biaya perbaikannya sendiri.

Baca juga: Murah, Ini Spesifikasi OPPO A5S dan Harganya

Buat kamu yang belum mengetahui cara mengecek garansi OPPO, simak panduannya berikut.

Cek Garansi OPPO Melalui Website

Untuk memeriksa masa garansi OPPO, setidaknya ada dua cara yang dapat kamu lakukan. Cara pertamanya adalah melalui website OPPO. Cara cek garansi OPPO melalui website sangatlah mudah.

Syarat utama untuk melakukan cara yang pertama ini ialah pastikan kamu mengetahui nomor IMEI ponsel milikmu. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Cek Garansi OPPO dengan IMEI Secara Online

Sumber: https://support.oppo.com/id/warranty-check/

  1. Bukalah peramban yang biasa kamu gunakan, baik Google Chrome maupun Mozilla Firefox.
  2. Bukalah situs web resmi OPPO, yakni oppo.com.
  3. Carilah menu Dukungan atau Support yang berada di tab bagian pojok kanan atas.
  4. Pilihlah opsi Layanan Mandiri.
  5. Pilihlah opsi Pemeriksaan Status Keaslian dan Garansi.
  6. Ketikkan nomor IMEI pada kolom yang telah tersedia.
  7. Ketikkan kode verifikasi pada kolom yang telah tersedia.
  8. Tekan tombol Periksa Sekarang.

Dengan menekan tombol Periksa Sekarang, akan muncul informasi terkait status garansi sekaligus tanggal kadaluarsa garansi untuk ponsel OPPO milikmu. Mudah sekali, bukan?

Cek Garansi OPPO Melalui Aplikasi

Selain cek garansi OPPO melalui website OPPO, kamu juga bisa mengecek masa berlaku garansi ponsel kesayanganmu melalui aplikasi. Aplikasi yang dimaksud ialah My OPPO.

Syarat utama untuk melakukan cara yang kedua ini adalah kamu harus memiliki aplikasi My OPPO di ponselmu. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Bukalah aplikasi My OPPO yang telah terpasang di ponselmu.
  2. Pilihlah opsi Dukungan.
  3. Pilihlah opsi Layanan Mandiri.
  4. Pilihlah opsi Status Garansi.
  5. Berbeda dengan cara pertama, nomor IMEI ponsel akan muncul otomatis pada kolom IMEI yang tersedia.
  6. Ketikkan kode captcha yang telah tersedia.
  7. Tekan tombol Periksa Sekarang.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kamu akan memperoleh informasi seputar masa berlakunya garansi ponsel milikmu. Apabila masa garansi sudah berakhir, kamu akan memperoleh pesan peringatan.

Cara Cek Nomor IMEI Ponsel OPPO

Salah satu syarat untuk cek garansi OPPO adalah harus mengetahui nomor IMEI. Nah, buat kamu yang masih belum mengetahui nomor IMEI ponselmu, kamu dapat melakukan langkah-langkah cek nomor IMEI berikut ini.

  1. Bukalah menu panggilan pada ponselmu.
  2. Ketik *#06#.
  3. Setelah itu, kamu tidak perlu menekan tombol Panggil atau Call.
  4. Tunggulah sampai nomor IMEI muncul otomatis pada layar ponsel milikmu.
  5. Apabila ponselmu mempunyai dual slot, terdapat dua nomor IMEI yang akan muncul.
  6. Apabila nomor IMEI sudah muncul, sebaiknya kamu menyimpannya agar tidak sampai lupa.
  7. Kamu dapat menyimpannya dengan melakukan tangkapan layar, mencatatnya di aplikasi note yang ada di ponselmu, atau menulisnya di kertas.

Baca juga: Spesifikasi Vivo V15 dan Harga Terbaru 2022

Sebagai informasi tambahan, nomor IMEI terdiri atas 15 digit. Nomor IMEI juga tidak hanya dapat digunakan untuk cek garansi OPPO, tetapi juga untuk mencari informasi seputar ponsel milikmu. Selain itu, nomor IMEI juga sebagai bukti legalitas ponsel tersebut alias bukan produk black market.

Cek IMEI OPPO Melalui Setelan

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui nomor IMEI OPPO adalah melalui menu setelan. Caranya cek nomor IMEI sangatlah mudah, yakni sebagai berikut.

Cara Cek Garansi OPPO dengan IMEI Secara Online

Sumber: https://support.oppo.com/id/answer/?aid=neu7909

  1. Bukalah menu Setelan yang ada di ponselmu.
  2. Gulirkan ke bawah sampai kamu menemukan menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  3. Pilih opsi Status atau Status Ponsel.
  4. Gulirkan ke bawah sampai kamu menemukan nomor IMEI.

Kebijakan Garansi OPPO

Setelah mengetahui cara cek garansi OPPO, kamu juga perlu memahami kebijakan garansi OPPO. Hal ini penting untuk kamu ketahui agar tidak mengalami masalah saat hendak menggunakan garansi. Nah, berikut disajikan enam kebijakan yang wajib kamu ketahui.

  1. Jika Ponsel Dibeli di Luar Negeri, Tidak Dapat Kartu Garansi Resmi

Ponsel yang dibeli di luar negeri tidak mendapatkan garansi resmi dari OPPO. Namun, kamu masih bisa melakukan perbaikan di Service Center OPPO saat mengalami kerusakan dengan biaya sendiri. Kamu dapat melakukan pinjaman online di Kredit Pintar untuk membayar biaya perbaikan ponsel kesayanganmu.

  1. Wajib Punya Kartu Garansi dan Kwitansi Pembelian

Ketika kamu hendak mengklaim garansi, kamu wajib memenuhi dua persyaratan yang diberlakukan. Kedua syarat yang dimaksud ialah kartu garansi resmi dan kuitansi pembelian ponsel milikmu yang valid.

Baca juga: Spesifikasi Realme dan Harga Terbaru 2022

  1. Garansi Berlaku Selama Setahun

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, garansi resmi OPPO hanya berlaku selama setahun. Jika melebihi 12 bulan, garansi sudah tidak dapat diklaim. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengecek masa garansi sebelum mengaktifkannya.

  1. Garansi Tidak Berlaku Jika Kerusakan Akibat Bencana Alam

Garansi OPPO tidak akan berlaku apabila ponsel mengalami kerusakan akibat bencana alam. Nah, hal ini penting sekali untuk diketahui bahwa garansi yang diberikan tidak dapat diklaim dengan sembarangan.

  1. Garansi Tidak Berlaku Jika Kerusakan Akibat Human Error

Selain bencana alam, garansi OPPO juga tidak berlaku apabila ponsel mengalami kerusakan akibat human error. Apa saja? Human error yang dimaksud, antara lain: ponsel rusak karena terjatuh, tertekan, terkena cairan, dan lain-lain.

  1. Garansi Tidak Berlaku Jika Kerusakan Akibat Aksesoris Bajakan

Ponsel OPPO yang mengalami kerusakan karena aksesoris bajakan tidak dapat diperbaiki dengan garansi yang diberikan. Oleh karena itu, kamu wajib berhati-hati apabila menggunakan aksesoris bajakan. Alangkah baiknya kamu menggunakan aksesoris resmi dan menghindari produk bajakan.

Adanya garansi dapat meningkatkan kepercayaan pembeli sebelum membeli suatu ponsel. Hal itu karena garansi merupakan komitmen sebuah vendor untuk memastikan produk yang dijual tidak terdapat kecacatan atau kerusakan. Jika ada, pihak vendor siap memberikan garansi secara gratis selama 12 bulan berdasarkan kebijakan garansi OPPO yang berlaku. Oleh karena itu, kamu sebagai pengguna wajib mengetahui cara cek garansi OPPO. Dengan demikian, kamu dapat memanfaatkan garansi tersebut sebaik-baiknya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download