Cara Privasi Status WA Biar Aman dan Tidak Dikepoin

29 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 04 Jul 2022

Cara privasi status WA dari kontak yang tidak Anda izinkan cukup mudah. Metode ini sering orang lakukan untuk menjaga privasi diri sendiri. Pasalnya tidak semua orang ingin aktivitasnya terlihat banyak orang.

Selain sebagai bentuk batasan untuk diri sendiri, fitur privasi status pada WA juga kerap digunakan karena alasan tertentu. Misalnya untuk mencari perhatian orang spesial, menyembunyikan hubungan, dan banyak lagi lainnya.

Apapun alasannya, pastikan bahwa penggunaan fitur privasi status WA ini tidak membuat rugi diri sendiri atau orang lain.

Baca juga: Mudah! Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih

Mengenal Fitur Status di WhatsApp

WhatsApp sendiri merupakan salah satu aplikasi chatting instan yang cukup terkenal untuk menggantikan layanan SMS. Di Indonesia WhatsApp digunakan sebagai aplikasi mayoritas pengguna smartphone untuk bertukar informasi.

Selain memberikan tampilan yang user friendly, berbagai fitur di dalamnya juga cukup lengkap dan membantu. Salah satu fiturnya yang cukup menarik adalah Status/Story WhatsApp.

Mirip dengan tampilan pada fitur status di aplikasi Instagram. Fitur milik WhatsApp juga dapat menampilkan cerita pengguna lewat foto maupun video. Yang mana ada berbagai stiker, beberapa pen tools, dan berbagai aksesoris untuk membuat tampilan semakin menarik.

Fitur status WA sering digunakan oleh banyak orang untuk menunjukkan aktivitas yang sedang mereka jalani. Bahkan merambah juga untuk keperluan marketing bisnis.

Menariknya lagi, pengguna dapat memilih siapa saja yang boleh melihat dan tidak boleh melihat statusnya. Cara ini cukup membantu, karena pengguna dapat membuat batasan atau privasi untuk dirinya dengan orang lain.

Lantas bagaimana cara privasi status WA dari kontak yang tidak Anda izinkan? Lebih lengkapnya simak terus pembahasan di bawah ini.

Cara Privasi Status WA dari Kontak Tertentu

Langkah mudah untuk menyembunyikan status WA dari kontak tertentu cukup mudah. Pengguna hanya cukup mengatur bagian privasi saja untuk mengecualikan atau membagikan kepada kontak tertentu.

1. Buka Aplikasi dan Pilih Menu ‘Pengaturan’ WhatsApp

Hal pertama yang perlu pengguna lakukan adalah dengan memastikan bahwa aplikasi WA sudah login ke nomornya masing-masing.

Jika sudah, maka tinggal pilih tanda titik tiga pada bagian pojok kanan atas tampilan WhatsApp. Kemudian pilih menu ‘Pengaturan’ atau ‘Setelan’ dan tunggu tampilan selanjutnya muncul.

2. Lakukan Pengaturan Privasi Status WA

Setelah muncul tampilan, maka klik pilihan menu ‘Akun’, dan selanjutnya pilih ‘Status;. Kemudian ada 3 buah opsi yang muncul dan bisa pengguna pakai untuk menyembunyikan status WA.

  1. Kontak Saya, merupakan opsi yang berfungsi untuk membuat semua kontak tersimpan dalam perangkat Anda bisa melihat status WA;
  2. Kontak Saya Kecuali, dapat berguna untuk memilih beberapa kontak yang tidak diperbolehkan untuk melihat status Anda. Caranya dengan menandai beberapa nomor yang tidak mendapatkan izin;
  3. Hanya Bagikan Dengan, opsi pilihan untuk memilih beberapa kontak yang boleh melihat status WA pengguna.

Cara privasi status WA yang sering orang pilih untuk menyembunyikan dari orang yang tidak diinginkan adalah opsi kedua. Yaitu ‘Kontak Saya Kecuali’, hal ini karena lebih mudah dalam melakukan pengecualian kontak mana saja yang tidak mendapat izin.

3. Pilih Siapa Saja yang Mendapatkan Izin Melihat Status

Jika sudah memilih opsi tentang menyembunyikan status WA, Anda bisa mulai mencentang nomor kontak pilihan. Tapi tentunya sesuaikan dengan opsi yang sudah dipilih sesuai fungsinya.

Misalnya memilih ‘Kontak Saya Kecuali’, jadi pencentangan untuk nomor kontak adalah bagian yang tidak mendapatkan izin melihat status WA. Jika sudah selesai pilih ikon ‘Selesai’ di bagian bawah dan selesai.

4. Cek Hasilnya

Terakhir, untuk memastikan Anda tidak keliru dalam melakukan privasi status WA yakni dengan melakukan pengecekan. Caranya bisa membuat status WhatsApp kemudian cek memakai smartphone lain untuk melihatnya.

Pastikan bahwa status Anda hanya muncul di kontak orang yang mendapatkan izin saja. Atau bisa cek ulang di bagian nomor yang sudah Anda centang sebelumnya.

Baca juga: Mau Tahu Cara Menonaktifkan WA? Simak Ulasannya!

Bisakah Melihat Status Orang Lain Tanpa Kelihatan?

Selain metode tentang cara privasi status WA, pengguna juga bisa memanfaatkan berbagai layanan yang tersedia dalam aplikasi WhatsApp. Yakni melihat status orang lain tanpa diketahui.

Cara agar tidak ketahuan saat melihat status WA bisa melalui dua cara. Yakni mematikan tanda centang biru dan menggunakan WhatsApp Web. Lebih jelasnya berikut cara yang bisa dilakukan.

1. Mematikan Tanda Centang Biru 

Selain menyembunyikan status, Anda juga bisa melihat story WA milik orang lain tanpa ketahuan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pengaturan privasi, yakni mematikan tanda centang biru.

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan pada halaman utama silahkan pilih tanda titik tiga di sebelah pojok kanan atas dan klik opsi ‘Setelan’;
  2. Klik opsi ‘Akun’ dan pilih ‘Privasi’;
  3. Setelah muncul tampilan halaman baru, maka pilih untuk menonaktifkan ‘Laporan Dibaca’ atau ‘Read Receipt’;
  4. Proses selesai dan saatnya mencoba melihat status orang lain tanpa mereka tahu.

Pengguna juga perlu memperhatikan hal lain tentang fitur ini. Yang mana pengaturan ini bukan hanya untuk mereka yang tidak ingin terdeteksi oleh orang lain saat melihat story.

Namun juga berlaku untuk orang lain yang tidak bisa terdeteksi saat melihat status WA milik Anda. Nah, kalau memakai fitur tersebut, pengguna dan kontak lain juga tidak dapat melihat tanda centang biru saat melakukan pesan teks secara pribadi.

2. Lewat WhatsApp Web

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat akun WA tidak terdeteksi saat melihat status orang lain adalah memakai WhatsApp Web, berikut caranya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada situs browser;
  2. Selanjutnya buka bagian layar status jika ingin melihat daftar kontak Anda yang membagikan cerita dan ingin dilihat;
  3. Silahkan matikan koneksi internet;
  4. Ketika koneksi sudah mati, maka silahkan melihat status target tujuan Anda dan segera tutup jendela browser beserta hapus seluruh data pencarian;
  5. Setelah selesai, baru Anda bisa menyambungkan kembali internet pada laptop atau PC tersebut.

Metode ini bisa membantu pengguna WhatsApp untuk melihat status orang lain tanpa diketahui. Namun tetap dapat mengetahui mereka yang hendak melihat statusnya. 

Mengenal Fitur Privasi pada Aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp sendiri memiliki banyak fitur layanan yang akan membantu memberikan kemudahan kepada penggunanya. Salah satu fitur yang bermanfaat adalah privasi.

Selain untuk privasi status WA, pengguna juga bisa memakainya untuk menjaga keamanan data diri dari kontak lain. Beberapa layanan privasi yang bisa pengguna pakai untuk kemanan adalah sebagai berikut.

  1. Privasi foto profil WA dapat pengguna atur tentang siapa saja yang boleh melihatnya. Pengguna bisa menyembunyikan foto profil dari orang lain yang tidak diinginkan;
  2. Verifikasi dua langkah, merupakan kode atau nomor yang pihak WhatsApp kirimkan lewat pesan singkat atau melalui panggilan telepon;
  3. Menonaktifkan pesan telah dibaca yakni dengan mematikan tanda centang biru;
  4. Mematikan tanda terakhir online di aplikasi WhatsApp;
  5. Menghilangkan notifikasi pada tampilan layar, sehingga ketika ponsel sedang di pegang orang lain, tidak akan muncul cuplikan isi pesan.

Baca juga: Cara Berhenti Merokok Agar Tubuhmu Lebih Sehat

Itulah cara privasi status WA agar tidak terlihat oleh kontak tertentu. Selain untuk status WA, fitur privasi juga bisa untuk menjaga keamanan pada hal-hal lainnya. Misalnya menyembunyikan foto profil, menghilangkan notifikasi, dan sebagainya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download