Mudah! Cara Menghilangkan Noda Di Baju Putih

14 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 20 Jun 2022

Banyak orang enggan menggunakan baju putih karena katanya mudah kotor apalagi jika terkena berbagai noda atau kotoran. Padahal cara menghilangkan noda di baju putih bukanlah perkara sulit, Anda bisa tetap stay di artikel ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya. 

4 Bahan Ini Bisa Hilangkan Noda di Baju Putih dengan Cepat, Yuk Sediakan di  Rumah! - Portal Jember

Perawatan baju warna putih memang penuh tantangan, warna ini cenderung mudah kotor baik terkena noda oli, minyak, tinta, tanah hingga noda kuning pada area kerah atau ketiak. Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? 

Sepertinya banyak orang yang pernah mengalami baju putihnya kotor akibat noda. Lalu bagaimana cara menghilangkan noda oli di baju atau noda-noda lainnya?

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Pertolongan Pertama Menghilangkan Noda di Baju Putih

Jangan langsung panik ketika baju putih Anda terkena noda seperti minyak goreng, tinta, atau yang lainnya. Berikan pertolongan pertama terlebih dahulu agar cara menghilangkan noda minyak di baju jadi lebih mudah. 

Jangan dilap secara menyamping

Ketika baju terkena noda, banyak orang yang justru panik dan spontan mengelap nodanya secara menyamping. Padahal sebetulnya hal itu tidak dianjurkan karena bisa membuat noda semakin menyebar ke area lain pada baju. 

Sebaiknya mengelap dengan cara seperti dicolek agar tidak menyebar, dengan begitu tumpahan noda tetap pada tempatnya. 

Basuh dengan air mengalir

Selanjutnya basuh dengan air mengalir agar noda di baju sedikit lebih bersih sebelum benar-benar Anda cuci. 

Basuh pada bagian yang terkena noda saja dengan hati-hati agar tidak menyebar. Apalagi menguceknya, tidak dianjurkan untuk mengucek bagian yang terkena noda karena bisa menyebar ke bagian lain yang masih kering. 

Rendam dalam air dan gosok

Nah jika nodanya sudah berkurang, Anda bisa merendam baju tersebut dalam air dengan menggunakan deterjen pilihan Anda. Cukup merendamnya sebentar, sekitar 1-3 menit kemudian gosok atau disikat dengan sikat cuci yang lembut. 

Pastikan nodanya menghilang, keringkan dan jemur  baju yang sudah dicuci itu, bisa di bawah sinar matahari langsung atau di tempat lainnya. 

Cara Menghilangkan Noda Di Baju Putih

Cara Menghilangkan Noda Shampo Sunsilk Di Baju

Setelah memperhatikan ulasan pertolongan pertama dari cara menghilangkan noda tinta di baju atau noda yang lainnya, Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini. Cara menghilangkan noda di baju putih yang membandel bisa menggunakan bahan-bahan alami. 

Dengan Perasan Lemon

Lemon tidak hanya mengandung banyak vitamin yang bagus untuk kesehatan, lemon bisa juga digunakan untuk memutihkan baju. 

Cairan lemon merupakan salah satu jenis pembersih yang serbaguna, termasuk untuk pakaian yang Anda miliki. Untuk menemukan lemon juga sangat mudah, Anda tinggal membelinya di Pasar atau Supermarket terdekat. 

Campurkan perasan lemon dengan air hangat, aduk hingga merata dan rendam pakaian Anda kurang lebih satu jam. Setelah itu bilas pakaian tersebut 2-3 kali dan gantung di bawah sinar matahari. 

Dengan Asam Cuka Dapur

Cara menghilangkan noda di baju putih yang kedua yakni menggunakan asam cuka dapur. Cuka dapur dipercaya bisa memutihkan pakaian dengan baik, terlebih lagi bisa menghilangkan noda-noda yang membandel. 

Sifat asam cuka itulah yang bisa menetralisir kotoran yang menempel pada baju putih. Siapkan air untuk merendam baju, masukkan setengah cangkir cuka, aduk hingga merata. Kemudian masukkan juga baju yang terkena nodanya itu, rendam selama satu jam.

Kucek dan bilas menggunakan air bersih, agar hasilnya maksimal bisa dipadukan dengan deterjen.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Bekas Stiker Membandel

Dengan Belimbing Wuluh 

Bahan alami yang satu ini juga cocok digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada baju, semisal noda kuning pada bagian ketiak. Cara menghilangkan noda kuning di baju putih dengan menggunakan belimbing wuluh sangatlah mudah. 

Siapkan 1-2 buah belimbing wuluh, potong belimbing tersebut menjadi dua bagian. Gosokkan bagian dagingnya ke area baju yang terkena noda hingga nodanya terangkat. Anda bisa menggunakan sari belimbing wuluh atau daging buahnya untuk menghilangkan noda membandel.

Setelah menggosok dengan belimbing, diamkan selama 30 menit kemudian cuci pakaian menggunakan deterjen. Bilas hingga bersih, keringkan menggunakan gantungan pakaian agar cepat kering. 

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi tidak hanya bisa membersihkan gigi atau menghilangkan kerak pada perabotan dapur, pasta gigi bisa menjadi salah satu cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna

Meskipun begitu, penggunaannya harus tepat agar tidak merusak baju kesayangan milik Anda. Kandungan kalsium karbonat, magnesium karbonat, silikat dan aluminium oksida terhidrasi pada pasta gigi sangat ampuh mengangkat noda pada baju. 

Bagaimana cara menggunakannya? Cukup mudah, oleskan pasta gigi pada bagian yang terkena noda kemudian gosok dengan sikat berbulu lembut. Sikat yang lembut bisa menjaga serat baju agar tidak mudah rusak. 

Dengan Menggunakan Baking Soda

Mungkin Anda juga sering mendengar bahwa salah satu cara menghilangkan noda di baju putih adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda banyak digunakan juga untuk membersihkan sayuran dan mengatasi bau pada kulkas. 

Cara menghilangkan noda tinta di baju atau noda lainnya dengan menggunakan baking soda juga sangat mudah. Campurkan baking soda dan air hingga mengental, oleskan ke baju yang terkena noda. Rendam pakaian putih tersebut ke dalam campuran baking soda selama 30 menit. 

Perlu Anda ketahui, fungsi antiseptik ringan dari baking soda mampu membuat bakteri yang menempel juga ikut terangkat. 

Setelah merendamnya selama 30 menit, cuci pakaian menggunakan deterjen, kucek perlahan terutama pada bagian yang terkena noda. Bilas menggunakan air bersih hingga busa yang menempel pada bajunya juga hilang. 

Dengan Menggunakan alkohol

Noda tinta, oli atau noda membandel lainnya bisa diatasi dengan menggunakan alkohol. Cara menghilangkan noda oli di baju dengan menggunakan alkohol bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Alkohol sangat efektif mengatasi noda tinta, noda oli atau noda membandel lainnya yang sulit dibersihkan. Anda bisa mengoleskan alkohol pada bagian baju yang terkena noda hingga memudar. Lalu kucek baju dengan deterjen sebanyak 2-3 kali hingga nodanya benar-benar menghilang dari pakaian Anda. 

Menggunakan Bahan Aseton

5 Cara Menghilangkan Noda Getah yang Nempel di Baju. Jangan Pakai Mesin,  Kucek Sendiri Dulu

Aseton sering digunakan untuk membersihkan sisa kuteks pada kuku, biasanya para wanita sudah mengenal bahan yang satu ini. 

Selain membersihkan sisa kuteks, aseton bisa menjadi salah satu bahan untuk menghilangkan noda di baju. Aseton cocok untuk digunakan sebagai cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna, bagaimana cara penggunaannya?

Tuangkan aseton pada bagian yang terkena noda, diamkan selama 30 menit hingga bahan aseton bereaksi. Setelah itu barulah cuci baju yang terkena noda menggunakan deterjen seperti biasa. 

Sangat disarankan untuk berhati-hati menggunakan bahan-bahan di atas agar tidak merusak pakaian kesayangan Anda. Hindari dulu penggunaan mesin cuci atau jasa laundry karena sangat riskan tercampur dengan baju berwarna lain.

Cuci secara manual agar cara menghilangkan noda di baju putih ini memberikan hasil yang maksimal. Bahan-bahan di atas tentunya sangat mudah didapatkan dengan harga yang juga sangat terjangkau. 

Artikel cara menghilang noda di baju putih ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download