Cara Monetize Youtube dan Menghasilkan, Terbaru 2021

26 Feb 2021 by Andro
Cara Monetize Youtube

Bagaimana cara monetize youtube dan menghasilkan uang dari YouTube monetization? Ini adalah topik yang sangat umum di kalangan pengguna Internet saat ini, terutama mereka yang baru mengenal YouTube.

Beberapa orang menganggapnya rumit, tetapi banyak orang menghasilkan banyak uang dari media sosial dengan membagikan konten video ini.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas secara singkat beberapa metode yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang dengan cara monetize youtube.

Apa Itu YouTube?

Jika Anda sering menggunakan Internet, Anda pasti tidak asing dengan situs web YouTube.com. YouTube monetization adalah media sosial berbasis video dimana kita bisa mengupload video kita ke Internet dan menghasilkan.

Pengguna YouTube sering menghabiskan banyak waktunya di depan layar monitor, menonton video-video unik dan menarik yang diunggah oleh pengguna YouTube di seluruh dunia.

YouTube.com saat ini adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di dunia dan salah satu penghasil uang paling populer.

Cara Monetize YouTube dan Hasilkan uang dari YouTube

Sebagai permulaan, mungkin Anda bingung bagaimana kreator konten ini mendapatkan uang dalam jumlah besar dari YouTube monetization?

Sama seperti prinsip bisnis yang kita kenal selama ini, dimana banyak orang pasti banyak uang atau potensi keuntungan.

Berikut beberapa cara monetize YouTube melalui Program Mitra YouTube:

  • Pendapatan iklan: Keuntungan dari iklan yang ditampilkan dalam video (apakah itu iklan bergambar, iklan hamparan atau iklan video).
  • Langganan saluran: Hasilkan uang dari pelanggan, yang membayar secara teratur setiap bulan untuk menonton video Anda.
  • Koleksi komoditas: Penggemar Anda dapat mencari dan membeli barang bermerek resmi yang ditampilkan di halaman tontonan Anda.
  • Obrolan super dan stiker super: Fitur YouTube monetization yang mengharuskan penggemar membayar untuk mengklarifikasi pesan mereka di aliran obrolan.
  • YouTube Premium: Saat pelanggan menonton konten Anda, mereka bisa mendapatkan sebagian dari biaya langganan YouTube Premium.

Setahu kami, sebagian besar YouTuber Indonesia menghasilkan uang di YouTube melalui pendapatan iklan yang ditampilkan di video.

Mungkin juga ada YouTuber Indonesia yang mendapatkan income dari YouTube premium, galeri merchandise, super chats dan super sticker, serta channel subscription. Namun, kami tidak memiliki data yang valid tentang metode ini.

Oleh karena itu, untuk alasan ini, kami hanya akan membahas cara monetize YouTube dengan menggunakan metode “pendapatan iklan”.

Cara Monetize YouTube dari Pendapatan Iklan

Saat ini, banyak orang mendapat untung dari video yang diunggah ke YouTube. Beberapa orang bahkan mendapatkan ratusan juta setiap bulan dari video yang diunggah ke YouTube.

Berbagai jenis video bisa kita temukan di YouTube, antara lain video tutorial, video musik, video berita, video humor, video tentang sains dan teknologi, video liburan seseorang, video trailer film, dan banyak jenis video lainnya.

Jika kita membuka situs YouTube, kita mungkin melihat iklan di bagian video atau sidebar. Iklan ini biasanya muncul di video dengan jumlah penayangan yang banyak.

Oleh karena itu, pendapatan pemilik video berasal dari mengklik iklan atau melihat iklan yang muncul di video.

Banyak YouTuber mendapatkan penghasilan hanya dengan tinggal di video dan mendapatkan banyak opini dan komentar.

Ingin tahu bagaimana mereka melakukannya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempelajari cara monetize YouTube.

1. Buat Saluran YouTube

Anda harus memiliki akun YouTube untuk membuat saluran YouTube. Tidaklah sulit untuk membuat akun YouTube. Jika Anda pernah membuat akun di salah satu produk Google (seperti Gmail.com), maka akun tersebut dapat kita gunakan untuk membuat akun di YouTube.

Langkah pertama adalah masuk ke akun Google Anda (misalnya Gmail) dan kemudian buka situs web YouTube.com. Anda akan segera melihat tampilan situs web YouTube.

2. Unggah Video ke YouTube

Untuk menghasilkan uang dari YouTube, kita harus mengupload konten video asli ke saluran di YouTube. Dari materi video (klip video, gambar, logo) hingga suara latar, konten video tersebut harus video Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain.

3. Bangun Pemirsa Saluran YouTube Anda

Langkah ini sangat penting karena audiens yang besar akan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Ada banyak cara untuk meningkatkan visibilitas saluran YouTube Anda.

4. Monetisasi Saluran YouTube

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan YouTube dengan berbagai cara. Namun, kebanyakan orang lebih memilih iklan Google Adsense untuk mendapatkan keuntungan dari konten videonya.

Dengan memonetisasi YouTube, Anda dapat menempatkan iklan di video. Ketika orang-orang menonton video Anda sambil menonton iklan Anda, Anda akan mendapatkan uang. Ini adalah langkah paling penting dalam cara menghasilkan uang di YouTube.

5. Periksa Fungsi Analisis

Buka menu “Saluran Anda”.

Buka opsi Google Analytics dan tonton kinerja iklan yang ditampilkan dalam video. Di sini, Anda akan melihat pendapatan total, demografi, penayangan video, dan informasi lainnya.

Dengan mengacu pada informasi dari Analytics, Anda dapat mengubah konten untuk meningkatkan pelanggan dan pendapatan.

6. Promosikan Video

Beberapa orang beranggapan bahwa mengupload video di YouTube saja tidak cukup. Jika perlu, Anda juga dapat membuat blog dan membuat akun media sosial lain untuk mempromosikan video Anda.

Misalnya, Anda dapat menyematkan video di postingan blog untuk menarik lebih banyak perhatian orang. Anda juga dapat berbagi video di Facebook, Instagram, dan juga Twitter.

7. Menjadi Mitra YouTube

Jika saluran YouTube Anda memiliki total 15.000 jam waktu menonton dalam 90 hari terakhir, maka Anda memiliki kesempatan untuk menjadi mitra YouTube.

Menjadi mitra YouTube memiliki banyak keuntungan, misalnya, dengan menggunakan alat pembuatan konten dalam jumlah besar, mendapatkan dukungan, kita mendapatkan kesuksesan dari komunitas mitra YouTube lainnya.

Pinjaman Uang Online untuk Usaha, Bisa di Kredit Pintar

kredit pintar

Anda juga bisa mendapatkan pinjaman uang online tanpa jaminan dan persyaratan berikut melalui aplikasi Kredit Pintar. Kredit Pintar adalah platform pinjaman uang online di bawah PT. Kredit Pintar Indonesia telah memperoleh izin OJK.

Di Kredit Pintar, terdapat pinjaman uang satu kali dan pembayaran cicilan dengan batas sesuai kebutuhan Anda dan jangka waktu pembayaran maksimum 6 bulan. Suku bunga pinjaman uang Kredit Pintar berkisar antara 0,3% hingga 0,8% per hari, tergantung dari nilai kredit masing-masing peminjam.