Cara Menolak Tawaran Kerja yang Halus dan Sopan

01 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Tak pernah mudah untuk menolak sebuah tawaran pekerjaan. Namun terkadang hal tersebut harus dilakukan. Menerima dan menolak pilihan yang ditawarkan adalah salah satu bagian dari perjalanan panjang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok juga sesuai dengan yang Anda inginkan sekaligus harapkan. Ini dia cara menolak tawaran kerja

Lalu bagaimana cara menolak tawaran kerja dari suatu perusahaan yang sudah terlanjur datang disaat Anda sudah mantap untuk memilih perusahaan lain? Artikel ini akan membahas contoh ucapan penolakan tawaran pekerjaan yang baik dan sopan serta dapat diterima oleh perusahaan yang menawarkannya kepada Anda. Penasaran? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Sukses Perkenalan Diri Saat Interview dengan 5 Tips Berikut Ini!

Sopankah Menolak Sebuah Tawaran Kerja?

Pernah merasa ragu untuk menolak tawaran kerja dari sebuah perusahaan karena Anda beranggapan itu tidaklah etis? Atau merasa tidak enak hanya karena perusahaan tersebut telah mewawancarai Anda berkali-kali? Atau bahkan Anda merasa sungkan karena saudara atau kenalan Anda-lah yang telah mengakomodasi interview pekerjaan tersebut dengan pihak HR perusahaan?

Well, meski seperti itu, menolak tawaran kerja itu adalah hak Anda selama memang Anda merasa bahwa tawaran kerja tersebut ternyata tidak sesuai dengan Anda. Hal ini sama saja dengan perusahaan yang juga berhak menolak lamaran kerja dari sebagian besar kandidat yang datang melamar. 

Ingat, Anda akan menghabiskan waktu selama setidaknya 8 jam dari hari Anda di tempat kerja setiap harinya. Gak kebayang khan bagaimana rasanya bila Anda bekerja bertahun-tahun dengan ketentuan 8 jam kerja per-harinya hanya untuk melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Pastinya memaksakan diri untuk bekerja di lingkungan yang tidak cocok bagi Anda itu akan membuat hidup Anda sulit dan tertekan nantinya. 

Oleh karena itu, jangan merasa tidak enak ketika memberikan penolakan terhadap tim HR yang mewawancarai Anda. Jangan lupakan bahwa itu sudah tugas mereka untuk mewawancarai Anda dan kandidat-kandidat lainnya. Jadi, pastinya mereka pun telah terbiasa dengan berbagai bentuk penolakan dari kandidat-kandidat yang datang melamar.

Namun tentunya dalam hal cara penolakan, Anda  harus melakukannya sehalus dan sesopan mungkin. Lalu bagaimana cara menolak tawaran kerja yang baik, halus, dan sopan kepada perusahaan yang menawarkan pekerjaan kepada Anda?   

Cara Menolak Tawaran Kerja yang Baik, Halus, dan Sopan

Bagaimana sih cara menolak tawaran kerja yang baik, halus, juga sopan itu? Sebenarnya tak ada jawaban yang benar-benar pakem dan baku tentang apa sih bentuk ucapan penolakan yang baik dan sopan seperti yang dimaksud. Namun, Anda bisa menggunakan beberapa tips penting dibawah ini sebagai sebuah panduan yang jitu. 

1. Jangan Tunda-tunda Waktu

Ketika Anda memutuskan untuk menolak sebuah tawaran kerja dari suatu kantor, instansi, atau perusahaan, maka lakukan segera. Jangan tunda-tunda. Begitu Anda memutuskan untuk menolak tawaran tersebut, segera balas penawaran kerja dari perusahaan itu. 

Pertimbangkan bahwa perusahaan juga memiliki kepentingan untuk mencari pengganti Anda secepatnya agar kekosongan tersebut bisa segera terisi. Selain itu, umumnya perusahaan tidak hanya mewawancarai satu orang untuk satu posisi yang terbuka. Jadi bila Anda mendapatkan tawaran, bisa jadi di belakang Anda ada kandidat lain yang dimasukkan sebagai waiting list mereka. 

Karena itulah, jangan menunda-nunda waktu penolakan Anda, agar perusahaan bisa sesegera mungkin menghubungi kandidat lain untuk posisi yang dimaksud. Selain itu, sikap ini juga akan menunjukkan kepada Tim HR perusahaan bahwa Anda memang memiliki itikad baik dengan menghargai waktu mereka. 

2. Sampaikan dengan Jujur dan Tegas

Salah satu cara menolak tawaran kerja yang wajib dilakukan adalah melakukannya dengan jujur dan juga tegas. Sangat penting untuk berterus terang. Pilih kalimat terbaik Anda yang langsung to the point ke inti pembicaraan. Hindari kalimat yang bertele-tele.

3. Jangan Panjang-panjang! Kalimatnya Singkat, Padat, dan Jelas Saja

Cara menolak tawaran kerja yang sopan lainnya adalah dengan tidak terlalu banyak memujji, tidak memakai kalimat yang terlalu panjang apalagi menggunakan kalimat dan bahasa yang tidak perlu sama sekali. 

Intinya, lakukan dengan penuh hormat dan profesional serta hindari kalimat yang emosional. Contoh kalimat yang tepat seperti yang dimaksud adalah:

  • Saya sangat menyesal bahwa saya tidak dapat menerima tawaran Anda
  • Sayangnya saya harus menolak tawaran kerja Anda 
  • Dengan sangat menyesal, saya tidak bisa menerima tawaran kerja dari Anda

Baca juga: 10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Buat Kamu Yang Susah Nabung

4. Berikan Alasan yang Tidak Terlalu Detail atau Spesifik

Jangan berikan alasan penolakan yang terlalu detail atau spesifik dari hulu ke hilir. Nyatakan saja kalau Anda sudah diterima di perusahaan lain atau bisa jadi menggunakan alasan lain seperti penawaran di perusahaan tersebut kurang sesuai dengan ekspektasi Anda. 

Intinya, berikan jawaban yang sediplomatis dan sesingkat mungkin sekaligus yang tidak sulit dipahami oleh lawan bicara Anda. Contoh kalimatnya antara lain:

  • Sayangnya saya sudah diterima bekerja di perusahaan lain
  • Pekerjaan yang Bapak/Ibu tawarkan sepertinya tidak cocok bagi saya
  • Maaf, saya tidak bisa bergabung untuk saat ini
  • Setelah memikirkan beberapa pertimbangan, saya memutuskan untuk menerima tawaran dari perusahan lain
  • Saya telah memutuskan untuk mengejar karir di bidang yang sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan saya
  • Setelah dipikirkan secara mendalam, saya rasa pilihan terbaik yang akan saya ambil adalah tetap bekerja pada perusahaan saya yang sekarang 

Namun seberapa banyak detail alasan tersebut bisa disesuaikan juga dengan beberapa faktor lain misalnya saja dengan seberapa baik impresi yang diberikan tim HR perusahaan saat mewawancarai Anda. Atau sudah berapa banyak tahap yang Anda lalui saat mengikuti interview. 

Ingat, semakin banyak tahapannya, maka semakin banyak pula usaha yang telah dikeluarkan oleh tim HR untuk mereview Anda. Jadi, ada baiknya untuk menunjukkan rasa hormat serta menjelaskan alasan yang bagus mengapa Anda menolak pekerjaan tersebut. 

Bahkan misalnya Anda ternyata mendapat impresi yang sangat baik dari pewawancara sebelumnya dan mereka bahkan menghubungi Anda untuk itu, tak ada salahnya untuk memberikan penolakan Anda juga melalui telepon. 

Dan sebaliknya, jika tim HR tidak terlalu memberikan impresi yang baik kepada Anda bahkan tahapan wawancaranya sangat sedikit, well, Anda bisa memberikan alasan yang tidak terlalu mendalam mengenai penolakan Anda. 

5. Pilih Media yang Tepat untuk Menyampaikan Penolakan

Hal penting yang wajib diperhatikan ketika Anda mendapat tawaran kerja lalu Anda bermaksud menolaknya, maka harap menggunakan media yang sama saat menyampaikan penolakan. Artinya, bila Anda diberikan tawaran kerja lewat email maka balaslah melalui email juga. Jika beritanya datang lewat pesan singkat atau SMS maka harap gunakan SMS atau pesan singkat juga untuk menolak tawaran tersebut.

6. Akhiri dengan Ucapan Terimakasih

Salah satu poin penting untuk menerapkan cara menolak tawaran kerja yang baik adalah mengakhiri ucapan penolakan Anda dengan kalimat terimakasih. Harap hargai waktu yang diluangkan oleh perusahaan tersebut untuk mereview serta memilih Anda diantara banyak calon lainnya. 

Meski sudah tugas mereka untuk mewawancarai Anda, namun tim review di perusahaan seperti tim HR sudah menghabiskan waktu mereka berjam-jam untuk menyaring dan mewawancarai setiap kandidat termasuk Anda. Apalagi bila dimulai dari mencari media sosial Anda, menjadwalkan wawancaranya dengan user hingga berdiskusi untuk menentukan kandidat mana yang tepat dengan user. 

Beberapa contoh kalimat ucapan terimakasih yang cocok adalah sebagai berikut.

  • Saya sangat menghargai waktu dan energi yang sudah dihabiskan untuk mewawancari serta mengirimkan tawaran pekerjaan kepada saya
  • Saya mengucapkan terimakasih karena Bapak/Ibu telah meluangkan waktu untuk mewawancarai serta menawarkan saya pekerjaan tersebut
  • Terimakasih atas wawancara juga penawarannya. Saya sangat menghargainya
  • Saya sangat berterimakasih karena Bapak/Ibu sudah mempertimbangkan saya untuk menjadi bagian dari perusahaan Anda
  • Saya sangat tersanjung dengan penawaran dari Bapak/Ibu

Baca juga: Informasi Lengkap Tentang Surat Keterangan Kerja dan Cara Membuatnya

7. Jalin Relasi!

Hal paling penting yang harus Anda pertimbangkan walaupun pada akhirnya menolak tawaran kerja tersebut adalah usahakan untuk tetap stay in touch dengan mereka. Atau dengan kata lain, upayakan agar Anda tetap bisa menjalin dengan relasi dengan tim HR yang melakukan wawancara. Sangat mungkin terjadi bahwa kedepannya Anda akan bertemu mereka lagi. 

Apalagi bila industri yang Anda pilih sebagai tempat bekerja sama dengan mereka, maka orang-orang yang bekerja didalamnya pun berputar-putar di situ-situ saja. Sangat besar kemungkinannya bahwa suatu hari nanti mereka akan mewawancarai Anda lagi entah itu pada perusahaan yang sama ataupun berbeda.

Jika belum sempat bertukar kontak, Anda bisa memintanya lewat email. Alasannya karena beberapa orang merasa tidak suka bila memberikan kontak mereka yang sangat personal seperti nomor HP atau WhatsApp kepada orang lain. Nah, jika terjadi situasi seperti itu, Anda bisa meminta profil LinkedIn mereka. 

Sebagai informasi, LinkedIn adalah suatu media sosial yang bersifat formal dan khusus diperuntukkan bagi kebutuhan professional, termasuk didalamnya adalah pekerjaan. Salah satu contoh kalimat yang bisa Anda gunakan adalah: “Sebenarnya secara pribadi saya sangat menikmati perbincangan dengan Anda. Bolehkah sekiranya jikalau tidak keberatan untuk bisa membagikan kontak LinkedIn Anda kepada saya?”

Demikian penjelasan mengenai cara menolak tawaran kerja yang baik, sopan, dan halus kepada perusahaan yang menawarkan pekerjaan. Umumnya, tim HR perusahaan sudah terbiasa untuk menghadapi kandidat atau pelamar yang menolak tawaran kerja. Asalkan bila Anda sebagai kandidat tidak menunda-nunda mengirimkan email atau memberitahukan penolakan serta menggunakan kalimat yang halus dan sopan, biasanya mereka akan mengerti. Jika Anda sedang atau harus menolak sebuah tawaran kerja, pastikan mengikuti tips-tips jitu dari Kredit Pintar!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download