Cara Meniup Balon Huruf untuk Acara Spesial

11 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Balon huruf biasa digunakan untuk beragam acara spesial, seperti perayaan ulang tahun, pernikahan, 17 Agustusan, serta masih banyak lagi. Sehingga, tak heran jika balon huruf ini bisa Anda jumpai di berbagai toko daerah Indonesia. Namun, bagaimana cara meniup balon huruf yang akan digunakan tersebut?

IMG_256

Baca juga: Hadiah Pernikahan yang Direkomendasikan

Seperti kita tahu bahwa bentuk balon huruf berbeda dari balon biasanya. Bahkan, bahan yang digunakan untuk balon huruf kebanyakan berbeda membuat tingkat kesulitan meniupnya pun tidak sama. Anda membutuhkan teknik tersendiri untuk bisa meniup balon foil atau huruf tersebut.

Nah, biar balon yang ditiup tidak terkesan asal-asalan, Anda bisa mengikuti beberapa cara meniup balon huruf menggunakan teknik mudah yang akan dijelaskan di bawah ini. Sebelum itu, pastikan Anda tahu sejarah singkat adanya balon terlebih dahulu, ya.

Mengenal Sejarah Balon Secara Singkat

IMG_256

Sumber: diadona.id

Awalnya, balon dibuat menggunakan bahan yang mirip dengan membran dan berasal dari hewan maupun animal bladder. Seiring berkembangnya waktu, bahan balon pun berubah menjadi terbuat dari semacam karet, nilon, lateks, hingga chloroprene.

Balon yang sudah terbuat dari bahan-bahan modern itu pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday. Ia menemukan balon modern sekitar tahun 1800-an. Saat itu, produksi balon secara besar-besaran masih belum terjadi sampai akhir tahun 1930-an.

Balon sendiri umumnya digunakan untuk dekorasi atau tujuan hiasan lainnya. Salah satu jenis balon populer sekarang ini adalah balon huruf. Adanya balon huruf ini akan didekorasi dalam bentuk gabungan huruf, sehingga menghadirkan kata tertentu.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba menghias dekorasi saat acara menggunakan balon huruf, maka dapat melakukannya dengan mudah. Namun, pastikan Anda bisa meniupnya dengan mengikuti cara meniup balon huruf di bawah ini.

Beberapa Cara Meniup Balon Huruf atau Foil Dengan Teknik Sederhana

IMG_256

Sumber: bobogrid.id

Jika acara spesial Anda ingin memiliki dekorasi balon huruf, maka bisa segera melakukannya sekarang. Sebab, kini Anda tidak perlu bingung untuk meniup balon tersebut. Berikut ini merupakan beberapa cara meniup balon huruf yang dilakukan menggunakan teknik sederhana, yaitu:

  1. Meniup Balon Huruf dengan Sedotan

Anda bisa meniup balon huruf alias foil ini hanya dengan menggunakan sedotan saja. Langkah ini dapat Anda jadikan pilihan jika tidak memiliki pompa untuk mengisi balon huruf tersebut. Adapun teknik untuk meniup balon huruf menggunakan sedotan ini adalah sebagai berikut.

  • Pastikan sedotan yang Anda gunakan cukup kuat dan memiliki ukuran yang pas atau cukup kecil dari balon.
  • Jika sudah sesuai, Anda bisa memasukkan sebagian sedotan dalam mulut balon huruf tersebut.
  • Selanjutnya, dorong balon dan tiup sedikit demi sedikit. Pastikan anginnya masuk, sehingga Anda bisa lanjut untuk meniup balon tersebut.
  • Apabila anginnya sudah cukup membuat balon menjadi keras dan besar, Anda dapat melepaskan sedotannya, lalu biarkan saja karena lubangnya akan tertutup otomatis.
  • Selesai. Kini Anda sudah berhasil meniup satu balon foil atau huruf sesuai ukuran yang diinginkan.

Sebelum melakukan cara meniup balon huruf di atas, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal ini terlebih dahulu.

  • Anda harus memastikan bahwa suhu tinggi berasal dari paparan sinar matahari langsung. Sebab, gesekan maupun tekanan pada balon akan menyebabkannya menjadi mudah mengempis atau meletus.
  • Anda harus berhati-hati terhadap pengembangan maupun penyusutan pada suhu dalam kondisi cuaca berbeda-beda. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kaget jika sewaktu-waktu balon meletus.
  • Untuk anak-anak yang mencoba meniup balon ini, pastikan untuk selalu didampingi oleh para orang tuanya masing-masing.
  • Perlu diingat bahwa balon huruf terbuat dari bahan aluminium foil yang membuatnya tidak bisa melar atau melambung melebihi kapasitas angin yang ada. Jadi, pastikan Anda tidak meniup balon dengan keras agar tidak meletus tiba-tiba.
  • Apabila balon diisi menggunakan udara biasa, maka Anda bisa merekatkan selotip pada bagian permukaan atau digantung menggunakan benang.
  • Ingat bahwa balon huruf berukuran kecil tidak bisa mengapung saat menggunakan helium. Sebab, balon jenis ini memiliki berat yang cukup tinggi dibandingkan helium yang mengisinya.
  • Apabila udara tidak masuk melalui mulut balon, maka Anda bisa mengeluarkan sedotan, lalu memasukannya kembali sampai penyebab angin tidak masuk menjadi hilang.

Baca juga: Tips Memilih dan Cara Buat Kue Ulang Tahun

  1. Tiup Menggunakan Pompa Balon

Jika Anda memiliki pompa khusus untuk balon huruf, maka tidak perlu menggunakan sedotan untuk meniupnya. Sebab, cara meniup balon huruf menggunakan pompa terbilang lebih cepat dan praktis.

Tak hanya cepat dan praktis, meniup balon menggunakan pompa merupakan cara umum yang sering banyak digunakan. Anda juga tidak perlu capek atau mengalami sakit pernapasan akibat terus-terusan meniup balon, lho.

Meskipun begitu, Anda harus memperhatikan dengan baik aturan penting dalam meniup balon huruf menggunakan pompa tersebut. Sebelum mulai meniup balon, pastikan untuk mengatur maupun mengukur angin yang akan masuk ke dalam balon. Hal ini dilakukan agar balon tidak meletus karena kebanyakan diisi oleh angin.

Adapun cara meniup balon huruf menggunakan pompa khusus ini adalah sebagai berikut.

  • Siapkan balon foil atau huruf yang Anda miliki beserta pompa balon yang akan digunakan.
  • Masukkan bagian keluarnya angin pada pompa ke dalam mulut balon. 
  • Isi balon dengan angin hingga balon menjadi besar, kemudian lepaskan pompanya dari balon dan ulangi sampai balon huruf yang Anda miliki habis.

Cara Mengempiskan Balon Huruf yang Sudah Digunakan

Apabila balon huruf yang Anda miliki sudah selesai digunakan, maka Anda bisa menyimpannya kembali ke tempat yang aman. Pastikan tempat itu jauh dari bahan-bahan tajam agar balon tidak mudah meletus nantinya. 

Agar bisa menyimpan balon huruf dengan aman, maka Anda harus mengempiskannya terlebih dahulu, yaitu melalui cara berikut.

  • Silakan masukkan sedotan yang memiliki ukuran sedang ke dalam mulut balon huruf.
  • Dorong secara perlahan sedotannya hingga Anda merasakan ada udara yang keluar dari balon. Dalam hal ini, Anda harus mendorong hingga kedalaman 15 cm.
  • Tekan balonnya agar bisa rata dan selesai, kini balon yang Anda tiup sudah kempes dan bisa disimpan dalam tempat aman.

Cara meniup balon huruf nyatanya tidak sesulit yang Anda perkirakan, bukan? Bahkan, dengan menggunakan sedotan atau pompa balon, proses peniupan pun bisa diselesaikan dengan cepat. Sehingga, acara Anda pun berhasil memiliki dekorasi balon yang keren dan menarik.

Baca juga: 8 Biaya Pernikahan yang Perlu Anda Persiapkan

Itulah informasi mengenai cara meniup balon huruf yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download