8 Biaya Pernikahan yang Perlu Anda Siapkan

11 Oct 2021 by Laruan

Apakah Anda saat ini sedang mempersiapkan biaya pernikahan untuk bersanding dengan orang yang Anda cintai? Apakah Anda orang tua yang ingin mempersiapkan pernikahan anak tercinta? Pernikahan adalah momen sakral yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Inilah momen dimana kehidupan seseorang berubah. Disinilah makna sesungguhnya dari “selamat menempuh hidup baru,” yang disampaikan kepada setiap pengantin. Akan tetapi di tengah kebahagiaan menyiapkan pernikahan jangan lupakan satu bagian yang sangat krusial. Yaitu mempersiapkan biaya pernikahan. Faktanya, menikah itu membutuhkan modal uang. 

Ilustrasi pernikahan. Gambar: Pixnio

Dengan modal tersebut Anda bisa menyajikan yang terbaik di hari bersejarah Anda. Inilah beberapa biaya yang perlu Anda siapkan saat pernikahan:

1. Biaya untuk Seserahan

Sebetulnya memberikan seserahan tidak ada di dalam komponen wajib pernikahan. Namun seperti yang Anda ketahui, Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya. Seserahan adalah salah satu perwujudan budaya tersebut. 

Jika Anda adalah mempelai pria maka ketika seserahan Anda akan memberikan berbagai barang kepada pihak wanita. Mulai dari tas, make up, baju, makanan, buah-buahan bahkan ada yang memberikan kendaraan. 

Karena variasi seserahan sangat banyak pilihannya maka sebaiknya Anda bicarakan berdua bersama calon pendamping Anda nanti. Dengan begitu Anda dapat mengetahui berapa kira-kira besaran biaya untuk seserahan ini. 

2. Biaya Pernikahan di KUA


Selama pandemi ada pola yang menarik yaitu pernikahan sering diadakan di KUA. Walaupun terlihat “baru,” namun sesungguhnya cara seperti itu adalah wajar. Namun Anda juga bisa melakukan pernikahan di luar KUA dengan biaya tambahan. 

Dana perkawinan apabila dilakukan pada jam dan hari kerja di KUA sendiri adalah gratis. Ya betul, NOL rupiah. Apabila diadakan pada hari libur dan tidak berada di KUA maka biayanya berkisar di angka Rp 600,000. 

Perlu dicatat, KUA bertugas untuk mereka yang beragama Islam. Apabila Anda beragama di luar Islam maka Anda bisa melegalkan pernikahan Anda di kantor Catatan Sipil. 

3. Biaya Penyewaan Gedung

Jika Anda ingin melakukan pernikahan di luar rumah maka Anda harus memikirkan biaya sewa tempat atau gedung. Harga sewa ini bervariasi tergantung daerah atau lokasi pernikahan Anda. 

Sewa gedung memiliki kisaran biaya antara 5 sampai dengan 50 juta untuk dua jam resepsi. Namun ada pula yang bisa disewa sehari penuh. Perhatikan waktu-waktu kapan saja biaya sewa lebih murah. 

Karena ada kalanya di waktu seperti pasca lebaran atau akhir tahun biaya sewa lebih tinggi. 

4. Biaya untuk Catering

Bisa jadi catering adalah komponen dana perkawinan yang paling sering membuat deg-degan. Sebab banyak yang harus dipikirkan. Baik mengenai rasa makanan, porsi, sampai jasa catering mana yang akan Anda pilih.

Catering adalah komponen utama di dalam pesta pernikahan. Oleh sebab itu wajar jika biaya catering menduduki peringkat pertama pengeluaran. Gambaran umum biaya makanan dan minuman saat resepsi adalah sekitar Rp 10 juta sampai 70 juta ke atas. 

Dengan kata lain tidak ada batas atas dari biaya catering. Pastikan Anda hitung berapa jumlah tamu yang akan menghadiri pesta pernikahan Anda. Sehingga Anda bisa memperkirakan berapa total biaya untuk catering. 

5. Biaya MUA

Make up serta busana pengantin juga perlu Anda hitung biayanya. Sebab tidak mungkin juga bukan Anda menjadi “raja dan ratu” sehari namun busana Anda tidak istimewa? 

Biaya yang perlu dikeluarkan cenderung lebih mahal apabila Anda menggunakan tata cara adat. Karena akan banyak prosesi yang akan Anda lakukan di hari H. Estimasi biaya MUA termasuk busana pengantin berkisar antara Rp 3 juta sampai dengan 20 juta ke atas. 

6. Biaya Dokumentasi

Dokumentasi adalah satu-satunya yang bisa Anda bawa dari hari pernikahan Anda. Maka pastikan Anda memilih jasa fotografi dan video pernikahan terbaik. Mereka nantinya yang bertugas menyiapkan kenangan bagi Anda dan pasangan. 

Kenangan tersebut juga dapat Anda tunjukkan ke anak cucu nanti. Bahkan jika Anda dan pasangan kelak mengalami masalah, dengan menyaksikan kembali dokumentasi pernikahan seringkali menjadi cara ampuh untuk meredam konflik. 

Itulah seni dari sebuah kenangan. Berapa kisaran biaya untuk mengabadikan momen spesial Anda itu? Anda bisa menyiapkan biaya mulai dari Rp 2 juta sampai dengan Rp 20 juta ke atas. Semakin bagus portofolio yang dimiliki biasanya semakin mahal. 

7. Biaya Dekorasi

Tema apa yang Anda inginkan di pernikahan Anda nanti? Apakah gaya modern, rustic, vintage, adat dari daerah tertentu, atau lainnya? Berbeda tema maka berbeda pula dekorasi yang akan digunakan pada saat resepsi. 

Karena itu biaya yang perlu Anda siapkan juga bervariasi. Tergantung dari komponen apa saja yang digunakan. Contohnya saja biaya penggunaan bunga hidup akan berbeda apabila menggunakan bunga imitasi. 

Sebagai gambaran, Anda bisa menyiapkan biaya dekorasi ini mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 10 juta ke atas. 

8. Biaya Hiburan atau Entertainment

Sebuah pesta pernikahan tidak akan lengkap jika tidak ada hiburan di dalamnya. Hiburan ini bisa memiliki berbagai macam jenis. Mulai dari hiburan berupa pemutaran musik dari pemutar CD sampai dengan memanggil jasa wedding entertainment. 

Kelebihan jika Anda menggunakan jasa wedding entertainment adalah Anda bisa melakukan request lagu favorit Anda untuk dimainkan. Bahkan Anda juga bisa menggunakan musik hidup ini untuk mengiringi Anda di momen kirab pengantin. 

Oleh sebab itu komponen tenaga musisi atau hiburan profesional perlu Anda pertimbangkan dengan matang. 

Kisaran biayanya sendiri dapat dimulai dari Rp 2 juta sampai dengan Rp 10 juta lebih. 

Beberapa Biaya Pernikahan Lain yang Perlu Disiapkan

Ada beberapa hal yang dulu penting namun kini dapat dihemat. Salah satunya adalah undangan. Karena perkembangan teknologi maka undangan tidak lagi bersifat wajib. Karena Anda kini juga bisa memilih menggunakan undangan digital. 

Apabila Anda memiliki skill desain, maka undangan bisa jadi gratis. 

Souvenir juga kini tidak lagi menjadi hal yang wajib. Pertimbangkan apakah Anda akan memberikan souvenir atau tidak. Atau apakah Anda berikan hanya kepada orang tertentu saja. 

Dana Cadangan untuk Biaya Pernikahan

Bisa jadi Anda khawatir dengan keuangan Anda apakah mencukupi atau tidak untuk menutup dana perkawinan yang ada. Untuk itu Anda bisa mengajukan pinjaman KTA ke Kredit Pintar. 

Di Kredit Pintar Anda dapat meminjam dengan plafon sampai dengan Rp 20 juta. Jumlah yang sangat mencukupi sebagai biaya cadangan menyambut hari bahagia Anda. 

Dengan memiliki dana tambahan sebagai persiapan dana perkawinan, hati Anda akan lebih tenang mempersiapkan segala sesuatunya nanti. 

***

Pernikahan adalah momen sakral yang tidak akan terulang kembali. Agar pernikahan berkesan dan tidak terlupakan, persiapkan dana untuk dana perkawinan sebaik mungkin sejak sekarang. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload