Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

31 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 25 Apr 2022

Jika Anda memiliki smartphone dengan ruang penyimpanan terbatas, tentu Anda harus pintar-pintar dalam mengelola penyimpanan file di smartphone Anda dan harus mengetahui cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi penting di smartphone Anda.  Saat ruang penyimpanan di smartphone Anda memiliki kapasitas yang cukup ini akan membuat smartphone Anda tidak lemot dan memiliki performa yang lebih baik.

Jadi untuk mengetahui bagaimana cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi, pastikan Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini:

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

1. Pindahkan beberapa file ke memori eksternal

Jika smartphone Anda masih memungkinkan menggunakan Micro SD atau terdapat slot SD card, Anda bisa memindahkan semua file di smartphone ke memori eksternal. Hal ini bisa sangat berguna terutama jika Anda biasa menyimpan file dengan ukuran besar.

Beberapa file yang bisa dipindahkan antara lain adalah file media yang Anda download atau foto, video, dokumen yang Anda simpan. Pastikan juga Anda menggunakan Micro SD dengan kualitas terbaik agar Anda mendapatkan performa terbaik.

Berikut adalah beberapa tahap untuk memindahkan file dari penyimpanan internal ke SD card dengan cara mudah dan direkomendasikan oleh Google:

  • Pertama, Anda bisa mendownload aplikasi Files by Google di Playstore, lalu buka aplikasi tersebut.
  • Plih Browse, lalu pada bagian Kategori, pilih kategori yang filenya ingin Anda pindahkan
  • Pilih file yang ingin Anda pindahkan. Anda juga bisa memindahkan beberapa file sekaligus dengan mencentang banyak file yang ingin dipindahkan.
  • Jika sudah sesuai, pada menu titik tiga di kanan atas pilih Pindahkan ke atau Salin ke.
  • Pilih Kartu SD.

Baca juga: 8 Aplikasi Kredit Hp Terbaik, Mudah dan Cepat

2. Hapus foto, video, dan file yang sudah tidak digunakan

Mungkin Anda adalah seseorang yang sering mengambil foto atau video melalui smartphone untuk kenang-kenangan atau sekedar memenuhi hobi fotografi dan videografi Anda. Namun jika Anda menyimpan semua file tersebut di dalam smartphone, tentu ini akan memenuhi ruang penyimpanan di smartphone Anda.

Solusi terbaik adalah setelah Anda melakukan pengambilan foto, video, atau membuat dokumen, pilih yang terbaik dan pindahkan ke penyimpanan lainnya seperti penyimpanan eksternal, laptop, PC, atau cloud. Jika sudah Anda pindahkan, Anda bisa menghapus semua file yang ada di smartphone Anda agar ruang penyimpanan di smartphone Anda tetap dalam kondisi yang optimal.

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

3. Simpan foto dan video secara cloud

Pada poin kedua, kami sudah sedikit menyinggung sedikit tentang penyimpanan cloud untuk proses penyimpanan file Anda. Ini adalah cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan.

Teknologi cloud sudah sangat maju dan sangat mudah digunakan sehingga Anda pun bisa dengan mudah menggunakannya untuk ruang penyimpanan alternatif. Ada beberapa aplikasi penyimpanan yang bisa Anda gunakan dengan mudah seperti Google Drive, Google Photos, atau Dropbox.

Google Photos adalah aplikasi cloud terbaik jika Anda berencana menyimpan foto atau gambar. Dengan menggunakan Google Photos, semua foto Anda akan otomatis di cadangkan di sistem cloud dengan ukuran yang telah dioptimasi tanpa mengurangi kualitas gambar.

Alternatif lain jika Anda memiliki banyak file dengan berbagai format, Anda bisa menggunakan Google Drive, Dropbox, atau Icloud. Tersedia versi gratis untuk jumlah penyimpanan tertentu, jika melebihi batas Anda bisa berlangganan dengan harga yang sangat terjangkau

Baca juga:Cara Agar Baterai Hp Awet Agar Tahan Lama

4. Hapus file media di aplikasi whatsapp atau file yang Anda download di internet

Apakah Anda bergabung di banyak grup Whatsapp? Atau Anda suka mendownload file di internet? Sadar atau tidak ini membuat ruang penyimpanan di smartphone Anda penuh dan Anda harus mencari cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang benar.

Walaupun ukuran file yang dikirim melalui whatsapp berukuran kecil, ini bisa menjadi masalah pada ruang penyimpanan smartphone jika Anda tidak rajin melakukan pembersihan pada file-file yang tidak penting. Terlebih jika Anda tergabung di banyak grup whatsapp dan mengaktifkan download gambar otomatis di whatsapp Anda.

Untuk menonaktifkan download otomatis pada Whatsapp, Anda bisa memilihnya melalui Setting – Penyimpanan dan data – Media auto download. Anda bisa mengubah izin auto download pada menu ini. 

Perhatikan juga file yang Anda download di Internet dengan ukuran besar. File yang menurut Anda tidak bisa Anda hapus dengan cara membuka aplikasi ‘Download’ lalu pilih file yang akan Anda hapus.

Anda bisa memilih beberapa file, atau sekaligus. Setelah itu, tekan ikon tempat sampah pada bagian atas. Cara ini akan membantu Anda menghapus file unduhan dengan lebih mudah.

5. Menghapus Cache 

Banyak aplikasi Android menggunakan data yang disimpan atau di-cache untuk memberi Anda pengalaman pengguna yang lebih baik. Data cache dapat menghemat sedikit waktu (dan data seluler), tetapi file yang disimpan dalam cache aplikasi adalah untuk kenyamanan dan tidak semua cache diperlukan.

Jika Anda mencari cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi dengan cepat di smartphone Anda, menghapus cache adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Cara ini adalah hal yang sering dilakukan oleh banyak orang yang memiliki smartphone dengan ruang penyimpanan terbatas.

Untuk menghapus data cache dari satu aplikasi, buka Pengaturan > Aplikasi > Manajer Aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya. Di menu Info aplikasi aplikasi, ketuk Penyimpanan lalu ketuk Hapus Cache untuk menghapus cache aplikasi.

Untuk menghapus data cache dari semua aplikasi, buka Pengaturan > Penyimpanan dan ketuk Data cache untuk menghapus cache semua aplikasi di ponsel Anda.

6. Tonton video dan dengarkan musik di layanan streaming

Jika Anda Anda sudah memiliki banyak aplikasi yang membuat ruang penyimpanan pada smartphone Anda penuh, namun Anda membutuhkan hiburan seperti video atau musik, Anda bisa menggunakan layanan streaming untuk musik atau video. Anda bisa menginstall aplikasi seperti Netflix, Joox, Spotify, atau sejenisnya. 

Dengan tidak menyimpan file di smartphone, Anda bisa menghemat ruang penyimpanan dan juga mendapatkan kualitas video dan musik terbaru dengan kualitas terbaik.

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Membeli HP Flagship Terbaru 2022

7. Nonaktifkan Bloatware

Pada kebanyakan smartphone, terutama Android, memiliki beberapa aplikasi bawaan atau bloatware. Sebagian aplikasi ini mungkin tidak Anda gunakan dan dalam keadaan idle aplikasi ini menghasilkan cache atau sampah di sistem penyimpanan smartphone Anda.

Sebenarnya semua aplikasi bawaan ini bisa Anda hapus jika smartphone Android Anda sudah dalam keadaan root, namun jika Anda tidak mengetahui apa itu root atau cara kerjanya Anda bisa menonaktifkan aplikasi bawaan ini tanpa harus menghapusnya.

Untuk menonaktifkan aplikasi bawaan, ikuti langkah berikut ini

  • Tekan lama pada ikon aplikasi bawaan yang ingin Anda nonaktifkan/.
  • Seret ikon tersebut ke bagian atas kanan  lalu pilih ‘info aplikasi’. (Sebagian merek smartphone mungkin akan berbeda)
  • Cara ini akan membuka halaman pengaturan untuk aplikasi tertentu tempat Anda dapat menonaktifkan aplikasi (terkadang Anda mungkin perlu menghapus pembaruan sebelum tombol nonaktifkan dapat muncul)

Jadi itulah beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang bisa Anda gunakan jika Anda memiliki ruang penyimpanan terbatas pada smartphone Anda. Semua cara ini terbukti aman dan bisa diterapkan tanpa risiko kerusakan smartphone Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download