Ini Solusi Cara Mengobati Mata Bengkak

01 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 15 Mar 2022

Mata bengkak biasanya hilang dengan sendirinya, hampir semua orang mengalami hal ini dan biasanya mudah diobati. Ketika kelopak mata yang menonjol tidak sembuh-sembuh atau semakin parah bentukannya, pastikan untuk menghubungi dokter Anda untuk meminta nasihat. Tetapi bagaimana cara mengobati mata bengkak? Kenali selengkapnya dalam artikel ini. 

Baca juga: Obati Mata Bintitan Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Berikut beberapa hal penyebab mata bengkak, serta cara mengobatinya dengan alami ataupun ke dokter. 

Penyebab dan Obat Mata Bengkak:

Bengkak Ringan

  1. Bengkak setelah menangis

Daripada kebahagiaan, tangisan akibat perpisahan, penolakan, hingga kekecewaan bisa berbentuk ratapan yang menyakiti diri sendiri. Menangis adalah hal yang wajar, tetapi jangan di teruskan berlarut-larut, karena bisa menyakitkan mata menjadi bengkak dan kekeringan.

Cara mengobati mata bengkak: Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan. Gunakan handuk bersih dan basahi dengan air es. Rebahan tempat yang nyaman. Oleskan handuk basah ke kulit di bawah dan di sekitar mata Anda selama beberapa menit, dengan tekanan lembut. 

Anda juga dapat menggunakan irisan mentimun dingin untuk setiap mata atau sendok bersih yang dingin.

  1. Alergi mata

Alergi mata terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap zat seperti debu atau serbuk sari. Mata anda kemudian melepaskan histamin serta bahan kimia lainnya untuk mencoba dan melindungi mata. Pembuluh darah di dalam mata jadi bengkak, dan mata menjadi gatal, kemerahan, dan berair.

Cara mengobati mata bengkak: Obat resep dari dokter seringkali sangat efektif untuk meredakan gejala alergi mata. Antihistamin juga bisa digunakan untuk mengurangi pembengkakan kelopak mata yang disebabkan oleh alergi/

  1. Bintitan dan Kalazion

Bintitan bisa disebabkan oleh peradangan dan infeksi. Itu terjadi ketika sebuah bakteri masuk ke kelenjar penghasil minyak bagian kelopak mata. Bintitan seringkali terasa gatal dan perih. Mereka biasanya terlihat seperti benjolan kemerahan di kelopak mata. 

Sementara itu ketika salah satu kelenjar ini tersumbat disebut Kalazion. Kelenjar berubah menjadi benjolan keras, berakibat kemerahan dan pembengkakan kelopak mata

Cara mengobati mata bengkak: Jika Anda memiliki bintitan, kompres hangat dan basah selama lima hingga 10 menit beberapa kali sehari. Ini sering membuat mata terasa lebih baik, dan juga dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat. Bintitan kemudian dapat mengalir keluar dan mulai sembuh.

Baca juga: Mata Mudah Lelah? Kenali Penyebabnya di Sini

Bengkak yang perlu diobati ke dokter

  1. Conjunctivitis 

Konjungtivitis adalah peradangan pada konjungtiva. Konjungtiva atau selaput lapisan bagian dalam kelopak mata dan bentuknya bening dan  menutupi bagian putih mata. Konjungtivitis biasanya disebabkan oleh infeksi alergi, bakteri, atau virus

Orang dengan konjungtivitis seringkali bangun pagi dan menemukan satu atau kedua mata menempel bersama dengan lendir menetes. Kelopak mata mungkin bengkak, dan mata mungkin merah, gatal, dan teriritasi.

  1. Selulitis

Selulitis merupakan pembengkakan kelopak mata yang perlu diwaspadai. Ini adalah infeksi oleh bakteri pada lapisan bawah kulit mata. Dokter mata akan mengecek dua hal, ketika seseorang datang dengan pembengkakan kelopak mata, yaitu selulitis preseptal dan selulitis orbital

Selulitis preseptal merupakan infeksi kelopak mata dan/atau kulit di sekitarnya. Penderita sering mengalami mata yang memerah, disertai rasa sakit karena bengkak. Seringkali selulitis preseptal hanya akan mempengaruhi salah satu mata.

Selulitis orbita terkait dengan infeksi sinus. Infeksi menyebar ke area sekitar tulang yang membentuk rongga mata. Orang dengan selulitis orbital mungkin memiliki mata yang menonjol, dan nyeri saat menggerakkan mata ke depan dan ke belakang.

  1. Penyakit Graves 

Penyakit Graves dekat dengan masalah tiroid, yang membuat penderita merasakan pembengkakan kelopak mata. Penyakit Graves dapat menyebabkan mata menjadi menonjol. Meskipun dapat mempengaruhi satu mata lebih dari yang lain, biasanya melibatkan kedua mata.

Terkadang penyakit Graves dapat membatasi gerakan mata atau menyebabkan penglihatan ganda. Semua jenis hipotiroidisme, atau kadar hormon tiroid yang rendah, dapat menyebabkan kedua mata tampak bengkak atau bengkak.

  1. Herpes Infection

Tidak jarang herpes menjadi penyakit mata. Virus herpes dapat menginfeksi kornea, menyebabkan peradangan. Ini adalah kubah bening yang menutupi bagian depan mata Anda.

Herpes mata, juga disebut herpes okular, dapat menyebabkan luka yang menyakitkan pada kelopak mata atau permukaan mata itu sendiri. Kornea terpengaruh serta kelopak mata. Gejala herpes mata seringkali tampak sama dengan gejala konjungtivitis.

Cara Menghindari Mata Bengkak

Ada banyak faktor gaya hidup yang berkontribusi terhadap masalah mata, dan inilah cara memodifikasinya dengan lebih baik.

  1. Jaga Kebersihan penggunaan lensa kontak. 

Memasukkan benda asing ke dalam mata seringkali problematis. Pastikan anda menggunakan lensa kontak dengan mengetahui tata cara penggunaannya serta menjaga kebersihannya. 

  1. Selalu mencuci tangan

Tangan seringkali menyentuh wajah, baik ke pipi hingga ke mata. Baiknya adalah menjaga tangan selalu bersih agar bakteri atau kotoran tidak terusap ke dalam mata yang menyebabkan bintitan. 

  1. Kurangi konsumsi alkohol 

Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit hati, dan kanker tertentu, penyalahgunaan alkohol yang terus-menerus juga dapat mempengaruhi kesehatan mata dalam jangka panjang. Penggunaan alkohol telah terbukti memperburuk mata dimana tidak cukup mengeluarkan air mata atau air mata menguap terlalu cepat, menyebabkan mata mengering dan menjadi merah. ,

  1. Kurangi konsumsi layar digital

Meningkatnya ketergantungan pada perangkat digital telah menyebabkan peningkatan pesat dalam gejala mata terkait komputer, yang dikenal sebagai sindrom penglihatan komputer

  1. Biasakan menggunakan tetes mata

Pelumas tetes mata dapat meredakan iritasi mata yang disebabkan oleh: Menangis. Bengkak akibat peradangan dan alergi. Namun, jangan asal tetes mata saja, tetes mata yang tidak sesuai dengan resep dokter atau dibeli di apotik bisa menyebabkan kebutaan. 

Baca juga: Cobain Tes Buta Warna Online, Yuk! Hasilnya Akurat

  1. Makan makanan bergizi untuk mata

Konsumsi makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan akan selalu berguna untuk kesehatan mata. Jangan lupa juga minum vitamin A untuk mata yang selalu segar. 

  1. Periksa ke dokter berkala

Lakukan medical check-up secara berkala untuk keseluruhan badan anda, dan juga mata anda. Mata seringkali diabaikan, namun begitu mata anda berulah, saat itu biasanya sudah menjadi parah. 

Periksa mata secara berkala juga bisa menghindarkan Anda dari kebutaan di hari tua, kurangnya kemampuan penglihatan secara dini, hingga cacat mata. 

Berbagai macam hal yang menyebabkan mata bengkak, serta berbagai macam cara penyembuhannya. Anda bisa saja membiarkan mata bengkak itu sembuh sendiri, namun alangkah baiknya menyegerakan keluhan anda pada ahli kesehatan, agar tidak menimbulkan masalah lain yang berkepanjangan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download