7 Cara Mengobati Anyang-anyangan dan Tips Hindarinya

30 Sep 2021 by Laruan

Dalam dunia medis, anyang-anyangan disebut pula sebagai disuria. Kondisi ini merupakan salah satu gejala dari penyakit infeksi saluran kemih yang menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil. Jika Sobat Pintar mengalami kondisi ini, segeralah cari tahu cara mengobati anyang-anyangan melalui pembahasan di bawah ini. 

Cara mengobati anyang-anyangan secara alami

Pada umumnya, anyang-anyangan atau disuria kerap dirasakan oleh para wanita. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan jika laki-laki pun bisa mengalami nyeri ini ketika buang air kecil. Rasa nyeri ketika buang air kecil biasanya terjadi apabila Sobat Pintar kerap menahan kencing atau kekurangan minum air putih. Kekurangan air putih bisa menyebabkan urine terkonsentrasi dan pada akhirnya mengiritasi saluran kemih. Kondisi ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan terlalu lama. 

Untuk itu, sangat penting untuk para Sobat Pintar untuk mengetahui apa itu anyang-anyangan serta beberapa tips untuk menghindarinya. Pada pembahasan kali ini juga akan dijelaskan mengenai cara meredakan anyang-anyangan secara alami. 

Inilah konsekuensi apabila Sobat Pintar tidak melunasi tagihan pinjaman dana online

Apa Itu Anyang-anyangan? 

Anyang-anyangan pada dasarnya merupakan gejala penyakit infeksi saluran kemih atau uretra yang bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, diabetes, jamur, dan batu ginjal. Tidak hanya itu saja, anyang-anyangan juga dapat disebabkan oleh beberapa jenis penyakit seksual. Untuk itulah, dapat dikatakan bahwa kebiasaan bergonta-ganti pasangan bisa menjadi salah satu pemicu infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan. Pada kondisi yang cukup serius, anyang-anyangan bisa menyebar menuju ginjal dan menimbulkan kerusakan permanen. 

Cara Mengobati Anyang-anyangan 

Mengalami rasa sakit ketika kencing hingga terasa panas seperti terbakar, tentunya akan sangat mengganggu aktivitas Sobat Pintar. Jika Sobat Pintar mengalami kondisi ini, segeralah mencari pengobatan untuk mengatasi gejala anyang-anyangan. Mengobati anyang-anyangan bisa Sobat Pintar lakukan dengan cara alami ataupun dengan bantuan obat seperti antibiotik, obat pereda nyeri dan obat anti jamur. 

1. Banyak Minum Air Putih 

Banyak minum air putih secara rutin minimal sebanyak 8 gelas sehari bisa membantu membuang bakteri ketika buang air kecil. Semakin banyak air putih yang Sobat Pintar minum, maka semakin banyak juga bakteri yang keluar melalui urin. Banyak minum air putih juga sangat bagus untuk kesehatan kulit dan ginjal, loh. 

2. Minum Jus Cranberry 

Menurut beberapa penelitian, jus cranberry sangat efektif untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Cranberry mengandung proanthocyanidins yang mampu mencegah perkembangan bakteri pada dinding saluran kemih. Oleh karena itu, mengonsumsi jus cranberry secara rutin bisa mencegah keluhan anyang-anyangan semakin parah.

3. Kompres Area Perut Bawah 

Gejala anyang-anyangan bisa Sobat Pintar obati dengan cara mengompres bagian perut bawah dengan handuk yang telah direndam air hangat sebanyak 3 hingga 4 kali sehari selama 30 menit. Cara ini bisa Sobat Pintar coba hingga anyang-anyangan membaik. 

4. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi 

Anyang-anyangan seringkali sulit membaik jika Sobat Pintar tidak selektif memilih makanan atau minuman yang boleh dikonsumsi. Beberapa makanan atau minuman bisa mengiritasi saluran kemih, di antaranya ialah kopi dengan kandungan kafeinnya, coklat, teh, alkohol, makanan pedas dan makanan asam. Hindari beberapa makanan ini agar terhindar dari risiko yang lebih serius. 

5. Minum Obat Antibiotik 

Tidak semua obat antibiotik mampu mengobati anyang-anyangan. Penggunaan obat antibiotik yang salah bisa menyebabkan anyang-anyangan tidak kunjung sembuh. Oleh karena itu sebelum mengonsumsi antibiotik, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter terkait obat apa yang cocok untuk mengobati anyang-anyangan. 

6. Obat Anti Jamur 

Selain dengan obat antibiotik, Sobat Pintar juga bisa menggunakan obat anti jamur untuk mengatasi anyang-anyangan. Pertumbuhan jamur pada saluran kemih menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil. Namun sama dengan sebelumnya, Sobat Pintar juga sebaiknya hanya mengkonsumsi obat ini sesuai dengan petunjuk dokter.

7. Berendam dengan Air Hangat 

Mengobati nyeri akibat anyang-anyangan dapat dilakukan pula dengan berendam air hangat. Hal ini bisa Sobat Pintar lakukan secara mandiri ketika mandi di rumah atau dengan mengunjungi tempat pemandian air panas. 

Tips Terhindar Anyang-anyangan 

Risiko terkena anyang-anyangan bisa Sobat Pintar hindari dengan menerapkan pola hidup bersih, terutama pada area sensitif. Hal ini karena anyang-anyangan sejatinya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri dan jamur pada area kewanitaan atau saluran kencing. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur ini, berikut beberapa tips yang perlu Sobat Pintar lakukan.

1. Jangan Menahan Kencing 

Menahan kencing bisa mengakibatkan bakteri pada saluran kemih berkembang biak, sehingga menimbulkan anyang-anyangan. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak menahan kencing, bahkan walaupun tengah menempuh perjalanan, sebaiknya Sobat Pintar menyempatkan untuk kencing terlebih dahulu.

2. Hindari Pemakaian Celana yang Ketat 

Memakai celana ketat seperti legging atau skinny bisa menimbulkan keringat pada area sensitif, yang pada akhirnya dapat memicu pertumbuhan bakteri. Jika Sobat Pintar sedang mengalami anyang-anyangan sebaiknya gunakanlah celana longgar atau rok agar sirkulasi udara di area sensitif bisa tetap terjaga.

3. Bersihkan Area Sensitif dengan Bersih

Selepas buang air kecil, jangan pernah lupa untuk membersihkan area sensitif dengan baik dan benar. Dalam hal ini, biasakan untuk membersihkan area sensitif dari arah depan ke belakang, agar bakteri dari belakang tidak maju ke depan dan tidak mengarah ke saluran kencing.

4. Konsumsi Vitamin C

Sebagai upaya pencegahan selanjutnya, Sobat Pintar bisa mengonsumsi buah-buahan segar yang memiliki kandungan vitamin C, seperti jeruk. Vitamin C memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri pada saluran saluran kemih. Meskipun begitu, konsumsi buah-buahan yang asam ketika mengalami anyang-anyangan itu tidak dianjurkan karena dikhawatirkan dapat mengiritasi saluran kemih.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai beberapa cara meredakan anyang-anyangan. Mengingat bahaya yang mampu ditimbulkannya, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup bersih agar terhindar dan penyakit infeksi saluran kemih. Beberapa tips pencegahan diatas bisa menjadi referensi untuk Sobat Pintar. Sobat Pintar pun bisa memilih cara mengobati anyang-anyangan secara alami atau menggunakan obat dari dokter. 

Sebagai informasi tambahan, jika Sobat Pintar mengalami kendala dana dalam masa pengobatan infeksi saluran kemih atau mengatasi anyang-anyangan yang tidak kunjung sembuh, Sobat Pintar bisa mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman di Kredit Pintar. Kredit Pintar dalam hal ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi keperluan yang mendesak, karena selain proses pencairannya yang terkenal cepat, proses pengajuannya pun tidak sulit dan tidak mensyaratkan adanya agunan dan jaminan. 

Tidak perlu ragu terhadap kebocoran data dan informasi pribadi, karena aplikasi Kredit Pintar ini telah terdaftar dan diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK), sehingga keamanannya pasti terjaga. Jadi, tunggu apalagi? Segera ajukan pinjaman di Kredit Pintar, lalu konsultasikan alternatif cara mengobati anyang-anyangan yang lebih aman dan ampuh bersama tenaga ahli profesional. 

Jenis dana bantuan pemerintah untuk bansos, cek di sini!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
30 Sep 2021
mobile-closeKredit PintarDownload